Top Menu

     Perguruan tinggi merupakan satuan pendidikan formal yang mengemban misi mencari, menemukan dan menyebarluaskan kebenaran ilmiah melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian serta pengadian kepada masyarakat. Misi mencari, menemukan dan menyebarluaskan kebenaran ilmiah dapat diwujudkan apabila perguruan ringgi dikelola berdasarkan tata kelola perguruan tinggi yang baik.

     Agar tata kelola perguruan tinggi dapat dijalankan dengan baik, maka organisasi dan mekanisme pengelolaan perguruan tinggi perlu diatu dalam peraturan yang disebut statute perguruan tinggi. Statuta perguruan tinggi adalah peraturan dasar pengelolaan perguruan tinggi yang digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di Perguruan Tinggi sebagaimana diatur dalam Pasal 1 angka 16 No.4 Tahun 2014.

workshop-kopertis-1

Dengan latar belakang di atas, Senin tanggal 21 November 2016 kemarin Kopertis Wilayah VI menyelengarakan Workshop Tata Kelola Perguruan Tinggi Swasta yang bertempat di Aston Semarang Hotel and Convention Center. Workshop yang dilaksanakan dari tanggal 21 sampai tanggal 23 November diikuti perwakilan dari 115 perguruan tinggi swasta yang berada di Jawa Tengah. Tujuan utama dari workshop ini adalah menyatukan persepsi kepada para penyelenggara PTS di Jawa Tengah yang dimuarakan pada peningkatan Tata Kelola, serta mengarahkan pada terbentuknya legalitas Badan Penyelenggara Pendidikan Tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi.

Adapun jalannya acara workshop yang diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan:

workshop-kopertis-2

workshop-kopertis-3

Di hari pertama, pembukaan oleh Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd.Kons. selaku Koordinator Kopertis Wilayah VI

workshop-kopertis-4

Narasumber pertama Prof. Dr. Jamal Wiwoho Inspektur Jenderal Kemeristekdikti
Materi: Kebijakan Kementerian Riset, Dikti dan Pendidikan Tinggi

workshop-kopertis-5

Kedua Dr. Supari, ST.MT Wakil Rektor I Universitas Semarang
Materi 2: Penyusunan Statuta

workshop-kopertis-6

Ketiga Dra. Salhefni Saleh Kabag Organisasi Kemenristekdikti
Materi 3: Lanjutan Penyusunan Statuta

Hari kedua

workshop-kopertis-7

Dr. M. Hadi Subhan, SH, MH, CN Dosen Fakultas Hukum UNAIR
Materi 4: Legalitas Yayasan/ Badan Penyelenggara dalam Penyelengaraan Perguruan Tinggi

Amsar, SH. MM Sekretaris PelaKSANA Kopertis VI Jateng
Materi 5: Perubahan Badan Penyelenggara PTS

Secara keseluruhan workshop berjalan dengan lancer tanpa gangguan berarti. Diharapkan setelah workshop ini, PTS di Jawa Tengah dapat semakin meningkatkan mutu pendidikan dengan cara sinergi bersama yayasan masing-masing tentunya. Dan aka nada lebih banyak PTS dengan akreditasi B atau bahkan A untuk program studi maupun perguruan tingginya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close