Top Menu

     Pada tahun 2019 yang akan datang, pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknologi Tinggi akan menata perguruan tinggi agar mempunyai nilai akreditasi setara B. Untuk mencapai tujuan tersebut, Kopertis 6 wilayah Jawa Tengah yang merupakan kepanjangan tangan dari Kementerian Riset dan Teknologi Tinggi mengadakan Workshop Strategi Meraih Peningkatan Nilai Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi Dari Peringkat C ke Peringkat B yang diadakan di Hotel LorIn Kota Solo. Workshop diselenggarakan dalam 2 angkatan, dengan masing-masing angkatan terdiri dari 75 peserta yang merupakan perwakilan dosen atau tenaga pendidik perguruan tinggi swasta seluruh Jawa Tengah.

     Acara workshop tersebut diisi oleh pakar-pakar yang merupakan anggota tim assesment BAN-PT. BAN-PT merupakan lembaga resmi dan satu-satunya yang berhak menilai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta apakah layak diberikan akreditasi atau masih belum. Penyaji materi workshop adalah Dr. Taswan, S.E, M.Si, Dr. Intiyas Utami, S.E, M.Si, Ak, CA, CMA, dan Dr. Triyono. Ketiga penyaji adalah dosen sekaligus anggota tim assesment BAN-PT.

Dr. Taswan, S.E, M.Si sebagai penyaji pertama menyampaikan materi Standar 1-3 di dalam pengisian borang akreditasi program studi. Isi standar tersebut antara lain:
Standar 1: Visi, Misi, Tujuan dan Sasasran Serta Strategi Pencapaian
Standar 2: Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu
Standar 3: Mahasiswa dan Lulusan

Dr. Intiyas Utami, S.E, M.Si, Ak, CA, CMA sebagai penyaji kedua memaparkan materi Standar 4 – 6, yaitu:
Standar 4: Sumber Daya Manusia
Standar 5: Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik
Standar 6: Pembiayaan, Sarana dan Prasarana Serta Sistem Informasi

Dr. Triyono sebagai penyaji terakhir menyampikan materi Standar 7 dan Evaluasi Diri.
Standar 7: Penelitian, Pelayanan, Pengabdian Masyarakat dan KerjaSama
Evaluasi Diri

Penyaji menyampaikan materi dengan sangat baik sehingga acara workshop pun berjalan sangat kondusif dan hidup. Dalam acara juga sering terjadi tanya-jawab peserta dengan penyaji. Selain menyampaikan materi, penyaji juga sering berbagi pengalaman selama melakukan asesment ke perguruan tinggi swasta yang dituju. Dalam workshop kali ini penyaji dan Kopertis 6 juga mulai mensosialisasikan SAPTO. SAPTO adalah sistem informasi yang dibangun khusus untuk melakukan pengajuan proses akreditasi yang selama ini masih manual (Harus mengumpulkan hardcopy borang langsung ke Kopertis). Melalui SAPTO diharapkan akan semakin memudahkan PTS di Jawa Tengah terutama untuk mengajukan proses akreditasi.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close