Top Menu

Perkembangan dunia big data analitik yang dikolaborasikan dengan bisnis proses sebuah industri dengan istilah data science sudah berkembang begitu pesat di Indonesia pada semua jenis industri. Tidak terkecuali bidang finance atau keuangan. Banyak bank besar Indonesia yang mulai tertarik untuk mengembangkan data science mereka untuk berbagai keperluan. Yang menarik, dari pihak bank juga banyak mengundang pihak luar, mulai dari mahasiswa, akademisi, praktisi, komunitas, web dan software developer untuk berkolaborasi dalam pengembangan data science di dunia perbankan. Bank Central Asia atau lebih dikenal BCA menjadi salah satu yang paling depan dalam hal pengembangan data science di dunia perbankan.

Dengan didasari hal di atas, tahun 2018 ini PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menyelengarakan Finhacks dengan konsep Hackathon. Untuk tahun ini, pertama kalinya BCA menyelenggarakan Finhacks dengan konsep Data Challenge dengan didukung oleh DailySocial.id, Algoritma, dan Kaskus dalam penyelenggaraan. Kompetisi ini menurut mereka merupakan wujud dukungan terhadap potensi anak bangsa di bidang data science dan juga kontribusi BCA untuk mengembangkan solusi perbankan melalui kolaborasi dengan komunitas data science. Finhacks adalah serangkaian acara kolaborasi BCA dengan industri dan pengembang aplikasi, mulai dari diskusi, workshop hingga hackathon yang melibatkan perbankan, media, komunitas IT, pengembang, para pakar, hingga pemain di bidang e-commerce untuk bersama-sama membangun inovasi sistem pembayaran digital di Indonesia.

Untuk mempromosikan Finhacks2018 #DataChallenge, BCA menggelar roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge di tiga kota yaitu Jakarta (1/9/2018), Yogyakarta (8/9/2018), dan Bandung (15/9/2018). Di setiap roadshow akan diadakan sesi sharing oleh para pakar dan juga workshop data science untuk meningkatkan pemahaman, wawasan, dan kemampuan para peserta di bidang data science.

Dalam rangkaian Finhacks2018#DataChallenge tiap peserta dituntut untuk dapat mengembangkan model matematika (mathematical methods) yang mampu memberikan solusi untuk tiga kategori permasalahan utama yaitu credit scoring, fraud detection, dan ATM Cash Optimization di mana masing-masing kategori akan diplih lima tim terbaik untuk mendapatkan total hadiah senilai Rp480 juta.

Hari sabtu kemarin tepatnya tanggal 8 September 2018, berlokasi di Hotel Tentrem Yogyakarta, roadshow bagian kedua diadakan. Peserta workshop sendiri mencapai 200 orang lebih yang kebanyakan memang berdomisili di Jogja. Di roadshow Jogja kali ini menghadirkan 3 narasumber utama yang semua meupakan pakar di bidang data science, yaitu:

Adhitya Bhaswara Tirtohadiguno, Ph.D (Data Scientist, BCA)
Doan Siscus (Head of Data Analytics, Traveloka)
dan Marsya Juwita Aderizal (Product Marketing Manager Data and AI, Microsoft)

Workshop inipun merupakan salah satu rangkaian acara Finhack #DataChallange yang diselenggarakan BCA. Di harapkan dari rangkaian acara ini BCA akan menemukan peserta finhack yang mampu memecahkan permasalahan seperti Fraud Detection, Credit Scoring dan ATM Cash Optimazion dengan pendekatan Data Science.

Semoga Bermanfaat

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close