Top Menu

     Website merupakan alat pengenal dan promosi yang digunakan banyak pihak di internet. Baik dari instansi pemerintah, instansi swasta, badan usaha, komunitas, lembaga pendidikan bahkan perorangan memakai website sebagai sarana untk memperkenalkan diri. Seiring berkembangan teknologi informasi dan bahasa pemrograman, muncul banyak varian website yang bukan hanya menarik namun juga unik. Tapi tahukan Kamu, website milik universitas-universitas terbaik di dunia tampilannya seperti apa? Berikut AgusDar.com merangkum 7 website milik 7 universitas terbaik di dunia saat ini:

1. MASSACHUSETTS INSTITUTE OF TECHNOLOGY (MIT)

Institut Teknologi Massachusetts

website-mit

Institut Teknologi Massachusetts (Massachusetts Institute of Technology atau MIT), adalah institusi riset dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. MIT memiliki 5 sekolah dan satu kolese, mencakup 32 departemen yang mengkhususkan diri pada sains dan penelitian teknologi.

Didirikan tahun 1861 sebagai respon atas kemajuan teknologi dan industri di Amerika pada saat itu, universitas ini mengadopsi universitas riset ala Eropa. MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 are yang dibuka 1916. Dalam kurun waktu 60 tahun belakangan ini, MIT telah mengembangkan cabang lain seperti manajemen, ekonomi, ilmu politik, dan biologi. (Wikipedia)

Untuk Tampilan websitenya, kesan pertama yang Saya lihat adalah, simpel. Begitu sederhana untuk universitas yang disebut-sebut terbaik di dunia saat ini. Begitu terkenal di seluruh dunia sebagai universitas ilmu teknologi, tetapi untuk website yang mereka buat benar-benar sederhana. Dengan tampilan warna backgorund abu-abu kecoklatan, website menampilakan menu dan submenu yang informatif. Menu diletakan dipinggir kiri secara menurun, sedikit anti mainstream untuk website universitas pada umumnya.

website: web.mit.edu
2. STANFORD UNIVERSITY

Universitas Standford

Leland Stanford Junior University, yang lazim dikenal sebagai Universitas Stanford (atau Stanford saja), adalah sebuah universitas yang terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose di wilayah Kabupaten Santa Clara yang belum diresmikan sebagai kota. Stanford terletak dekat kota Palo Alto, California, Amerika Serikat tepat di jantung Lembah Silikon baik secara geografis maupun historis.

Universitas Stanford terletak di kampus universitas kedua terbesar di dunia, dan terdiri atas Sekolah Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, Bisnis, Ilmu bumi, dan Humaniora serta Sains. Universitas ini mempunyai sejumlah program dan sebuah rumah sakit pendidikan selain berbagai kegiatan menjangkau ke masyarakat dan inisiatif relawan. (Wikipedia)

Universitas salah satu terbaik dunia ini memiliki website yang dinamis. Tampilan antar muka yang enak dilihat, dengan background website putih membuat nyaman dipandang. Ditambah dengan gambar berjalan di halaman mukanya, membuat website lebih hidup. Menu utama diletakan di halaman atas sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari menu yang dituju.

website-stanford1

website-stanford2

website: www.stanford.edu
3. HARVARD UNIVERSITY

Universitas Harvard

Universitas Harvard (bahasa Inggris: Harvard University) adalah universitas yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia. (Wiki)

Untuk urusan tampilan website, Harvard benar-benar melakukannya dengan baik. Tampilan yang bergitu dinamis dan hidup terlihat bahkan ketika Kita mengakses halaman muka. Dengan warna background putih dan gambar yang ditampilan di halaman muka website, membuat nyaman dipandang. Menu website terletak di bagian atas dan terdiri dari beberapa layer. Untuk layer kedua (Di bawah header), menu yang ada menggunakan dropdown untuk menampilkan submenu tambahan. Masih di halaman muka, juga terdapat video yang bisa diputar oleh pengunjung. Yang pasti menurut Saya, website dari Harvard memang salah satu website dengan tampilan terbaik.

website-harvard

website: www.harvard.edu
4. UNIVERSITY OF CAMBRIDGE

Universitas Cambridge

Universitas Cambridge (bahasa Inggris: Cambridge University; bahasa Latin: Universitas Cantabrigiensis) adalah universitas kedua-tertua dalam dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya, dan salah satu yang paling ketat di dunia.

Catatan awal sudah tidak tersimpan lagi, namun universitas ini tumbuh dari sebuah perhimpunan sarjana di kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, kemungkinan dibentuk pada tahun 1209 oleh sarjana yang kabur dari Universitas Oxford setelah bertengkar dengan penduduk kota tersebut.

Waw, tua banged ya umur Universitas Cambridge, 800 tahun lebih. Bagaimana dengan websitenya? Universitas Cambridge mempunyai website dengan tampilan yang dinamis dan informatif. Dengan menu utama diletakan di bagian header, dan headline berita menggunakan fungsi slideshow menambah kenyamanan dalam mengakses website. Di bagian footer, website menghubungkan pengunjung dengan universitas Cambridge melalui beberapa sosial media yang dipunyainya.

website-cambridge

website: www.cam.ac.uk
5. CALIFORNIA INSTITUTE OF TECHNOLOGY (CALTECH)

Institut Teknologi California

California Institute of Technology (bahasa Indonesia: Institut Teknologi California), biasanya dikenal dengan Caltech, adalah sebuah universitas yang terbuka untuk laki-laki dan perempuan dan terletak di Pasadena, California, di Amerika Serikat.

Universitas ini merupakan salah satu universitas paling terkemuka dalam riset. Caltech mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik. Caltech memiliki dan mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa “autonomous” yang memimpin di dunia dikenal dengan Jet Propulsion Laboratory. JPS mengamati desain dan operasi dari banyak penjajakan luar angkasa NASA; tidak seperti “National Laboratories” (Laboratorium Nasional AS) dan Pusat Luar Angkasa NASA lainnya, fasilitas JPS hanya dalam kontrak ke pemerintah.

Sejalan dengan visi universitas yang merupakan universitas berbasis riset, websitenya pun dibangun untuk mendukung hal tersebut. Terlihat dari tampilan halaman awal yang menampilkan berbagai info dan berita tentang riset yang dilakukan universitas ini. Menu yang ada di tampilan salah satunya juga menampilkan menu tentang riset dan pendidikan. Di halaman awal juga menggunakan fungsi slideshow sehingga lebih terlihat dinamis walau simple.

website-caltech

website: www.caltech.edu
6. UNIVERSITY OF OXFORD

University Oxford

Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris. Sejarah universitas ini dapat ditelusuri paling tidak mulai akhir abad ke-11, walaupun tanggal tepat pendiriannya tetap tak jelas. Menurut legenda, setelah pecahnya kerusuhan antara mahasiswa dan penduduk kota pada tahun 1209, beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke timur laut, ke kota Cambridge, dan mendirikan Universitas Cambridge. Kedua universitas “kuno” ini sejak itu telah saling bersaing satu sama lain, dan merupakan dua perguruan tinggi paling selektif di Britania Raya, yang sering dirujuk sebagai “Oxbridge”.

Universitas Oxford ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dan beragam departemen akademik yang dibagi menjadi empat Divisi. Oxford telah melahirkan banyak alumni terkemuka, dan 58 penerima Hadiah Nobel pernah belajar atau memiliki afiliasi dengan Universitas Oxford. Universitas ini secara rutin bersaing dengan Universitas Cambridge untuk menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan universitas di Britania Raya, dan menjadi salah satu dari dua universitas dengan program pascasarjana paling bergengsi.

website-oxford

website: www.ox.ac.uk
7. UCL (UNIVERSITY COLLEGE LONDON)

University College London

University College London (UCL) adalah universitas riset publik di London, Inggris dan perguruan tinggi konstituen dari federasi Universitas London. University College London dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar di area London. Universitas ini adalah institusi pascasarjana terbesar di Inggris.

Didirikan pada tahun 1826 sebagai ‘Universitas London’ , UCL adalah lembaga universitas pertama yang didirikan di London dan sekuler pertama di Inggris, menerima mahasiswa terlepas dari agama mereka, dan menerima perempuan atas dasar kesetaraan derajat dengan laki-laki.

website-ucl

website: www.ucl.ac.uk

 

Jadi menurut Kamu website universitas dunia mana yang paling keren?

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close