Top Menu

Google Apps for Work diluncurkan beberapa tahun silam sebagai sistem informasi terintegrasi yang mempermudah individu maupun perusahaan dalam memproses bisnis kerjanya. Di dalam google apps for work terdapat produk produk utama Google, seperti Gmail, Drive, Google Groups, Google Calender, dan apps lainnya. Google apps for work selama beberapa tahun terakhir juga mengalami perkembangan pesat, termasuk perubahan nama menjadi Google Suite atau lebih dikenal dengan G-Suite. Menggunakan G-Suite sebagai pilihan tools bisnis Kita akan sangat besar dampaknya. Misalnya saja sebagai alat bantu melakukan proses kerja, sebagai branding karena nama email sudah berdomain sendiri, dan tentunya dukungan penuh dari Google dalam proses penggunaan maupun pengembangannya.

Tapi tidak sedikit dari Kita, bahkan orang yang bekerja di dunia IT kurang familiar dengan G-Suite. Pertama kali tentunya Kita harus mendaftar sebagai member dari G-Suite (Langkah pendaftaran G-Suite dapat Anda baca di link berikut: Cara Mendaftar G-Suite). Setelah mendaftar dengan menentukan paket yang digunakan, selanjutnya adalah melakukan proses verifikasi. Proses ini terbilang cukup mudah namun perlu cermat agar berjalan dengan semestinya. Berikut adalah langkah-langkah verifikasi domain di G-Suite.

Kita harus mempersiapkan 2 hal, yaitu akun G-Suite yang sudah didaftarkan dan akun CPanel nama domain website yang nantinya akan digunakan sebagai nama domain email Kita.

1. Login admin G-Suite melalui http://admin.google.com

2. Klik Start Setup


3. Klik Verify Domain

4. Pada layar selanjutnya, alihkan pilihan ke “Other” dan klik Begin Verification

5. Pilih TXT atau CNAME records untuk metode verifikasi:

6. Buka Tab/browser baru, lalu login ke cpanel, namadomain/cpanel atau cpanel.namadomain

7. Masuk ke menu Advanced zone editor

8. Masukkan cname/txt records seperti yang diinformasikan google, lalu klik Add Records

Pastekan seperti gambar di bawah ini:

9. Setelah itu, sesuaikan MX records ke google dan berikut langkah-langkahnya:

a. Login ke cpanel, lalu klik menu “Zone Editor”

b.  Kita akan mendapatkan daftar subdomain dan domain utama beserta MX recordnya.

Cari nama domain atau sub domain yang ingin dilakukan perubahan MX recordsnya pada kolom pencarian yang tersedia, atau klik pada menu “Manage” yang tertera pada setiap list domain atau sub domain Kita.

c.  Pada halaman selanjutnya, Kita akan memperopleh informasi terkait dengan domain atau sub-domain anda. Untuk melihat konfigurasi MX Record, klik pada menu “MX” yang ada di bawah kolom pencarian.

d. Tambahkan record yang diperoleh dari Google di bawah ini

Priority Mail Server
1 ASPMX.L.GOOGLE.COM.
5 ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
5 ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
10 ALT3.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
10 ALT4.ASPMX.L.GOOGLE.COM

Menjadi seperti berikut di Zone Record

e. Pastikan tidak ada records mx selain google, karena akan mengganggu email, hapus daftar MX yang tidak digunakan selain daftar diatas. Apabila ada, delete record tersebut.

10. Masuk kembali ke halaman verifikasi G-Suite lalu klik “verify”

11.  Setting Selesai.

 

Dengan menggunakan G-Suite, bisnis Kita akan semakin berkembang karena Kita dapat memanfaatkan secara penuh produk-produk yang luar biasa dari Google seperti mengirim ribuan email marketing dengan Google Groups, Membuat  penyimpanan file secara online atau cloud menggunakan Google Drive dan tentunya email domain nama perusahaan atau sesuai dengan website sendiri yang semakin menunjukan eksistensi produk Kita.

Selamat Mencoba..Salam Sukses

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close