Top Menu

     Perguruan tinggi negeri adalah dambaan bagi tiap siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Bukan sekedar gengsi, tetapi juga dengan kuliah di negeri disebut-sebut memiliki banyak keunggulan dibanding perguruan tinggi swasta. Dari segi biayapun relatif lebih terjangkau dibanding dengan swasta dengan fasilitas yang sama atau bahkan lebih baik. Beasiswa yang adapun beraneka ragam, dari pemerintah maupun swasta bisa menjadi nilai tambah apabila belajar di universitas negeri. Sejalan dengan visi dan misi pemerintah untuk menyamaratakan pendidikan di setiap daerah di Indonesia, sejak tahun 2010 muncul beberapa universitas negeri baru.

     Didorong juga karena perbandingan dengan perguruan tinggi swasta yang jumlahnya semakin menjamur, sangat jauh dibanding dengan jumlah perguruan tinggi negeri. Per januari 2016 kemarin, setidaknya ada tambahan 36 perguruan tinggi negeri baru baik dari proses perguruan tinggi swasta yang dinegerikan maupun membangun dari nol perguruan tinggi negeri baru. Dari sekian banyak perguruan tinggi negeri baru, ada 7 yang masuk kategori universitas yang merupakan perguruan tinggi negeri baru, paling tidak setelah tahun 2010 sampai 2016. Apa saja universitas tersebut, ini dia:

1. Universitas Samudra
Unsam

Universitas Samudra beralamat di Jl. Meurandeh, Langsa Lama, Provinsi Aceh. Didirikan sejak tahun 1969, berada dibawah Yayasan Pendidikan Samudra yang berdiri pada tahun 1971, serta mengalami beberapa kali perubahan nama. Saat ini mmpunyai 5 fakultas yaitu fakultas hukum, ekonomi, pertanian, keguruan dan ilmu pendidikan dan fakultas teknik. Tanggal 13 mei 2013 Universitas Samudra Langsa menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sesuai dengan Peraturam Presiden RI Nomor 37 Tahun 2013 dengan nama Universitas Samudra, dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tanggal 04 Juli 2013, yang disaksikan oleh oleh Anggota Komisi X DPR RI, Gubernur Aceh, Ketua DPRA, berserta unsur lainnya.
Setelah Menjadi PTN, Universitas Samudra (Unsam) telah menjalin kerjasama dengan berbagai Universitas. Unsam memiliki staf pengajar (dosen) yang berkualitas tamatan dari ITB, ITS, UGM, IPB, UI, USU, UNSYIAH dan PTN lainnya di Indonesia. Unsam juga telah merekrut tamatan-tamatan terbaik dari PTN di Aceh untuk dididik menjadi dosen.
Website resmi Universitas Samudra: www.unsam.ac.id

2. Universitas Teuku Umar
utu
Universitas Teuku Umar, disingkat UTU, adalah perguruan tinggi negeri di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, yang berdiri pada 10 November 2006. yang diresmikan sebagai universitas negeri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 1 April 2014.

Universitas Teuku Umar saat ini memiliki enam fakultas yaitu fakultas pertanian, ilmu sosial dan politik, teknik, ekonomi, kesehatan masyarakat dan fakultas perikanan dan ilmu kelautan. Universitas yang memiliki Visi “Menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bisnis di sektor agroindustri diperingkat regional (2025), nasional (2040), dan internasional (2060) melalui riset yang inovatif kreatif dan berdaya saing tinggi” merupakan universitas negeri paling muda di provinsi Aceh.
Website resmi Universitas Teuku Umar: www.utu.ac.id

 

3. Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta
upnvj
Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia, terletak di Jakarta. Didirikan pada 21 Februari 1967, UPN ‘Veteran’ Jakarta pada awalnya merupakan universitas kedinasan milik Dephankam RI, namun pada tahun 1994, statusnya berubah menjadi swasta. Pada 6 Oktober 2014 UPN “Veteran” Jakarta berubah status menjadi PTN yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono saat acara HUT TNI ke-69 di Surabaya.

Pada saat didirikan, UPN ‘Veteran’ Jakarta hanya memiliki tiga akademi (Akademi Bank, Akademi Tekstil, dan Akademi Tata Laksana Pelayaran Niaga), sekarang memiliki 6 Fakultas, 2 Akademi, dan satu Program Pascasarjana, untuk S-2. Kampus Utama Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta berlokasi di Jalan RS. Fatmawati Pondok Labu, Jakarta Selatan. Sedangkan Kampus Kedua berlokasi di daerah Limo, Cinere, Depok, Jawa Barat, dan Kampus Ketiga (khusus untuk Program Pascasarjana) di Jalan Batu, Gambir, Jakarta Pusat. Kegiatan UPN ‘Veteran’ Jakarta dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

UPN ‘Veteran’ Jakarta merupakan satu-satunya UPN Veteran yang memiliki Fakultas Kedokteran
Website resmi Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jakarta: www.upnvj.ac.id

 

4. Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)
unsika
Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) adalah perguruan tinggi negeri sekaligus perguruan tinggi pertama yang didirikan di Kota Karawang, Jawa Barat. UNSIKA didirikan pada tanggal 2 Februari 1982 oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan. Perguruan tinggi ini diberi nama Raden Adipati Singaperbangsa, pendiri Kadipaten Karawang di bawah Sultan Agung dari Mataram, dengan gelar Adipati Kertabumi III. Sejak tanggal 06 Oktober 2014 UNSIKA (PTS) alih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Perpres RI nomor 123 tahun 2014, tentang pendirian Universitas Singaperbangsa Karawang.

Universitas Singaperbangsa Karawang saat ini mempunyai delapan fakultas diantaranya fakultas hukum, agama islam, ekonomi dan llmu komputer serta empat fakultas lainnya. Saat ini Universitas Singaperbangsa Karawang juga sudah mempunyai program pasca sarjana yaitu di program studi magister manajemen.
Website resmi Universitas Singaperbangsa Karawang: www.unsika.ac.id

 

5. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, disingkat UPN Veteran Jatim
upnjatim
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, disingkat UPN Veteran Jatim atau UPN VJT berlokasi di Surabaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berdiri sejak 5 Juli 1959. UPN Veteran Jawa Timur didirikan oleh para veteran pejuang perang kemerdekaan sebagai monumen hidup dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Dalam perkembangannya UPN Veteran Jawa Timur telah mengalami beberapa perubahan nama dan status. Pada 6 Oktober 2014 UPN “Veteran” Jawa Timur berubah status menjadi PTN yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono saat acara HUT TNI ke-69 di Surabaya. Pada 27 Desember 2014 UPN “Veteran” Jawa Timur secara resmi mulai bergabung dengan peserta snmptn 2015 dan sbmptn 2015.

Saat ini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur mempunyai enam fakultas yaitu fakultas ekonomi bisnis, teknologi industri, ilmu sosial dan politik, teknik sipil dan perencanaan, pertanian dan hukum. Selain program sarjana, UPN Veteran Jatim juga mempunyai program pasca sarjana yaitu di program studi magister manajemen agribisnis, manajemen dan akuntansi. Secara khusus di UPN Veteran Jawa Timur sedang dirintis Program Studi Bela Negara sebagai suatu wujud nyata menjadi bagian dari Universitas Pertahanan dengan status Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah pembinaan Kemetrian Pertahanan.
Website resmi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur: www.upnjatim.ac.id

6. Universitas Tidar
untidar
Universitas Tidar (merupakan Perguruan Tinggi Pemerintah atau Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 pada tanggal 1 April 2014. Universitas Tidar (UNTIDAR) merupakan perubahan status Universitas Tidar Magelang (UTM) yang didirikan berdasarkan Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V Nomor 032/SK/Kpts/VII/1979. Universitas yang beralamat di Jl. Kapten S. Parman No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Jawa Tengah 56116 ini mempunyai lima fakultas yaitu fakultas ekonomi, sosial dan politik, keguruan dan ilmu pendidikan, pertanian serta fakultas teknik.

Memperhatikan perjalanan sejarah pendidikan tinggi di Kota Magelang tersebut, Pemerintah Kota Magelang berupaya untuk mempertahankan dan melestarikan peninggalan-peninggalan sejarah yang dimaksud dengan tetap berupaya mengembangkan karya-karya anak-anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemakmuran warga Magelang pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Upaya pengembangan Magelang yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Magelang diantaranya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi berstatus negeri (Perguruan Tinggi Negeri). Maka dari itulah universitas Tidar didirikan yang mempunyai visi “Universitas berkeunggulan dalam Tridarma Perguruan Tinggi yang berbasis wirausaha­ dalam kancah nasional dan global”.
Website resmi Universitas Tidar: www.site.untidar.ac.id

7. Universitas Borneo Tarakan
ubt
Universitas Borneo Tarakan adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Kampus utama Universitas Borneo, terletak di Jl. Amal Lama No.1 Tarakan. Universitas Borneo didirikan oleh Yayasan Pinekindi pada tanggal 09 Oktober 1999 dan ditetapkan pada tanggal 30 Maret 2000. Universitas Borneo Tarakan diubah statusnya menjadi negeri oleh Peraturan Presiden RI No. 19 yang dituangkan ke dalam Peraturan Presiden RI No. 65 Tahun 2010 Tentang Pendirian Universitas Bangka Belitung, Universitas Borneo Tarakan, dan Universitas Musamus yang ditetapkan di Jakarta pada tangal 19 November 2010.

Universitas Borneo Tarakan mempunyai tujuh fakultas yaitu fakultas hukum, ekonomi, ilmu keguruan dan pendidikan, teknik, perikanan dan kelautan, pertanian dan ilmu kesehatan. Universitas Borneo Tarakan saat ini juga mempunyai program pasca sarjana yaitu magister ilmu hukum yang didirikan tahun 2014 kemarin.
Website resmi Universitas Borneo Tarakan: www.borneo.ac.id

Itulah tujuh universitas negeri baru yang ada di Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan teman-teman dan bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang akan mendaftar di perguruan tinggi pilihan. Tetapi satu hal yang pasti, dimanapun Kita menuntut ilmu, akan kembali pada diri Kita sendiri tentunya yang terbaik yang akan Kita jalani. Dan sebaik-baiknya ilmu adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

#SelamatBelajar

About The Author

1 Comment

  1. I see your blog needs some fresh articles. Writing manually is time consuming, but there is solution for this hard task.

    Just search for – Miftolo’s tools rewriter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close