Top Menu

Teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat saat ini. Menembus batas jarak, ruang dan waktu yang ada di muka Bumi. Sekarang orang tidak perlu bingung untuk mengirim pesan, layanan internet seperti email bisa digunakan untuk mengirim pesan dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya puluhan, ratusan bahkan ribuan kilometer hanya dengan jentikan jari. Tidak terbatas berupa text, gambar atau suara, video bahkan real time pun sekarang bisa digunakan sebagai materi pesan. Istilah video conference saat ini misalnya, Kita tidak perlu bertatap muka langsung dengan orang lain, hanya melalui media atau perangkat elektronik Kita dapat bertatap muka bahkan tidak terbatas jarak. Salah satu aplikasi yang cukup powerfull saat ini adalah Google Meet. Google Meet merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan Google Suite dan digunakan untuk video call / video conference. Dibanding dengan aplikasi sejenis seperti Skype, Google Meet mempunyai keunggulan diantaranya:

  1. Dapat diintegrasikan dengan fasilitas google lain seperti google calendar, google drive dan gmail (google mail).
  2. Dapat digunakan di semua device seperti PC (Dengan kamera dan mic), Laptop, HP dan Tablet.
  3. Gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali karena sudah menjadi satu layanan dengan Google Suite.

Dan berikut tutorial menggunakan Google Meet:

1. Masuk akun email Google Suite Kita, kali ini Saya menggunakan salah satu akun G-Suite milik Saya, karena untuk menggunakan/membuat rapat dengan Google Meet WAJIB menggunakan akun g-suite, tidak bisa menggunakan akun google/gmail biasa. Pada gambar di bawah ini, pilih icon di kanan atas lalu pilih icon google meet.

2. Masuk dalam tampilan awal google meet, klik “Mulai Rapat Baru” seperti gambar di bawah ini:

3. Jika berhasil maka Kita akan diarahkan pada tampilan di bawah ini, klik “Mulai Rapat” untuk melanjutkannya.

4. Selanjutkan Kita akan diarahkan seperti gambar di bawah ini, Kita juga akan otomatis mendapatkan link berbagi untuk mengundang rekan rapat. Silahkan copy dan bagikan link tersebut ke rekan rapat yang akan Kita undang.

5. Apabila sudah dibagikan ke rekan rapat, maka akan muncul tampilan undangan rapat di layar rekan rapat seperti gambar di bawah ini. Klik “Ask To Join Meeting” untuk bergabung ke dalam rapat/video conference yang sudah dibuat.

6. Kembali ke sisi layar yang membuat rapat, klik “Terima” untuk memulai rapat. Otomatis rekan rapat tadi sudah terhubung dengan rapat/video conference lewat google meet Kita.

Tidak ada batasan waktu dalam menggunakan google meet, dan user yang dapat ikut dalam rapatpun bisa sampai belasan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close