Top Menu

Website atau blog sejatinya merupakan media sumber informasi maupun alat pemasaran secara digital. Di dalam website juga terdapat berbagai macam menu dan fungsi untuk berbagai keperluan, Seperti menu link download, pemutar video, upload dokumen dan pendaftaran lewat formulir online. Untuk formulir online sendiri, dalam sebuah website yang dibangun menggunakan wordpress dapat dibuat menggunakan plugin khusus. Plugin yang biasa digunakan adalah CForms. Langkah untuk menginstal dan mengkonfigurasinya cukup mudah namun harus cermat. Bagaimana caranya, berikut tutorial membuat form pada wordpress:

1. Masuk ke dashboard halaman wp-admin wordpress, pilih menu Plugins.

2. Klik add new.

3. Ketikan CForms di kolom search.

4. Lalu pilih install now.

 

5. Install cforms success, Klik activate plugin.

6. Setelah plugin aktif, akan muncul menu baru dalam dashboard halaman wordpress.

Selanjutnya baru membuat form lewat menu cforms yang sudah terinstal.

7. Masuk ke dashboard, menu cforms, pilih Form Settings.

  1. Pada kolom Form Name, buat form baru seperti pada gambar dibawah.
  2. Pada sample form, sudah terdapat field-field default seperti pada gambar dibawah. Kita bisa menambahkan sendiri field dengan mengklik tombol add dibawah deskripsi field-field, kemudian mengatur sendiri tipe – tipe field yang diinginkan. Untuk me-remove field, klik pada tombol remove.
  3. Untuk mengedit field, klik tombol edit.
  4. Untuk validasi field, atur pada bagian samping kanan field. Misal, apabila field email, maka beri centang pada setting-an validasi email.
  5. Update settings (tombol bagian kanan).

Langkah Ketiga adalah menyeting email. Untuk tutorial lebih lengkapnya dapat di lihat di postingan berikut => Setting SMTP Gmail di WordPress

Langkah terakhir adalah meletakan form yang sudah dibuat ke dalam postingan

8.  Masuk ke dalam menu tambah baru di Postingan, pada kolom menu di bagian atas text box terdapat menu cforms, klik letakan pada bagian kosong postingan.

9. Hasilnya akan tampil ketika Kita membuka postingan. Apabila form tersebut diisi, maka akan terdirect langsung ke dalam email konfigurasi dari cforms yang tadi dibuat.

Praktis bukan? Kita tidak perlu bolak balik membuka akun website untuk tahu berapa yang sudah mengisi form yang Kita sediakan di website.

Semoga bemanfaat

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close