Top Menu

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimation merupakan suatu teknik yang digunakan agar website / blog yang Kita buat dapat dengan mudah dicari di mesin pencarian seperti Google, Bing atau Yahoo. SEO sendiri mempunyai banyak jenis dan kategorinya. Seperti SEO On Page, SEO Off Page, Black Hat dan White Hat. Nah terkhusus pengguna WordPress, untuk SEO On Page, biasanya sudah terdapat plugin yang mendukung teknik SEO agar website/blog Kita lebih optimal di cari mesin pencarian. Dari banyak plugin SEO yang dapat Kita gunakan, salah satu yang banyak digunakan adalah plugin Yoast SEO. Bagaimana cara menginstal dan mengguanakan di dalam WordPress, berikut tutorialnya:

1. Buka halaman Dashboard WordPress Kita

2. Pilih menu Plugins => Add New, kemudian klik.

3. Ketikan SEO di kolom pencarian plugin, setelah beberapa saat akan muncul pilihan macam-macam plugin SEO yang dapat di pakai di WordPress.

4. Pilih Yoast SEO, klik Install Now. Setelah di install, klik active agar plugin tersebut aktif di dalam WordPress.

5. Di side bar sebelah kiri apabila sudah terinstal dengan sukses akan muncul menu Yoast SEO, untuk masuk ke pengaturan Yoast SEO klik menu Dashboardnya. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini:

6. Untuk menggunakan Yoast SEO, sebenarnya ada beberapa cara. Antara lain yang efektif dengan memasang kata kunci di postingan dan halaman. Pada gambar di bawah ini contohnya, pada bagian bawah postingan akan tampil pengaturan Yoast SEO. Ada Readability dan Keyword. Untuk Readability hanya menampilkan Analysis, apakah nantinya postingan ini mempunyai kemampuan SEO yang baik di pencarian internet. Sedangkan Keyword, terdiri dari Snippet preview, Focus Keyword dan Analysis.

a. Snippet preview: Di sini Kita dapat mengatur Slug (alamat dari postingan yang dibuat) sehingga memudahkan dalam pencarian. Usahakan menggunakan kata-kata yang sering dipakai (Umum) tapi masih jarang ada di internet. Terdapat juga Meta description yang dapat Kita atur. Sedangkan pada bagian atas sendiri terdapat indikator SEO title, apakah slug dan meta yang sudah Kita masukan punya nilai yang bagus atau belum.

b. Focus Keyword: Di bagian ini adalah bagian utama dalam memasukan kata kunci. Sebisa mungkin cari kata kunci yang kemungkinan besar dicari di mesin pencari, tetapi masih jarang digunakan. Untuk melihat apakah keyword yang dimasukan sudah baik, dapat Kita lihat di bagian Analysis.

c. Analysis: Bagian analysis akan menampilkan poin-poin indikator terkait keyword yang dimasukan. Semakin banyak indikator dengan notifikasi warna hijau, berarti keyword yang dimasukan sudah baik.

Kenapa harus Yoast SEO? Dibanding plugin SEO yang ada di wordpress lainnya, plugin yang satu ini tergolong mudah digunakan. Dengan penempatan teknik optimalisasi yang mudah dipahami, dan cukup mengganti kata kunci yang diperlukan, plugin ini dapat bekerja dengan sendirinya. Plugin yang ini juga masih diupdate sampai versi terakhir yang tentunya menyesuaikan algoritma mesin pencarian terkini. Untuk teknik-teknik SEO lainnya akan Saya bahas di lain postingan. Selamat mencoba.

Semoga Bermanfaat

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close