Top Menu

Bertempat di Gedung A Kantor LLDikti Wilayah 6 Jawa Tengah, hari kamis tanggal 6 Desember 2018 berlangsung sosialisasi program pembinaan perguruan tinggi swasta untuk tahun anggaran 2019. Acara sosialiasi tersebut dihadiri puluhan perguruan tinggi swasta di wilayah Jawa Tengah mulai dari tingkat universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi. Acara sosialisasi dibagi menjadi 2 kloter yaitu di tanggal 5 dan 6 Desember 2018. Pengisi sosialisasi berasal dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Waktu sosialisasi berlangsung dari pagi sampai tengah hari.

Adapun yang dibahas dalam Program Pembinaan PTS (PP-PTS) 2019 bersifat bantuan dan merupakan salah satu program pada Ditjen Kelembagaan IPTEK dan DIKTI Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Program PP-PTS mencakup semua PTS yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pada PP-PTS Skema A 2019, pengusul proposal adalah Badan Hukum Nirlaba Penyelenggara Perguruan Tinggi. Seleksi dan pelaksanaan kegiatan PP-PTS dilakukan oleh Ditjen Kelembagaan IPTEK dan DIKTI.

Ditjen Kelembagan IPTEK dan DIKTI merupakan pelaksana pengadaan dan penyerahan barang kepada Badan Hukum Nirlaba Penyelenggara Perguruan Tinggi untuk dimanfaatkan oleh PTS yang diusulkan dalam proposalnya. Pembangunan gedung baru akan dilakukan oleh pihak ketiga berdasarkan kontrak antara Ditjen Kelembagaan IPTEK dan DIKTI dengan Badan Hukum Nirlaba Penyelenggara Perguruan Tinggi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pemantauan dan evaluasi akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan melibatkan pihak Inspektorat Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pengalokasian anggaran untuk setiap PTS akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Program ini bertujuan memfasilitasi dan mendorong perguruan tinggi swasta untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Secara khusus PP-PTS Skema A ditujukan untuk peningkatan mutu pembelajaran melalui pemanfaatan sumber daya secara hemat dan bertanggung-jawab. Beberapa peningkatan yang diharapkan adalah peningkatan kualitas proses akademik melalui penyelesaian program akademik yang tepat waktu, masa studi yang sesuai dengan kurikulum, pengurangan jumlah drop-out, atmosfer akademik yang kondusif terutama interaksi dosen dan mahasiswa, optimalisasi pemanfaatan sumberdaya, baik yang menyangkut sumberdaya manusia, rasio dosen mahasiswa, sumberdaya fisik (tingkat utilisasi ruangan dan peralatan), sumberdaya uang (penekanan unit cost), dan sebagainya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close