Top Menu

Mencari plugin SMTP aman yang membantu Kita menerima pemberitahuan email dari formulir kontak WordPress. Dengan WP Mail SMTP, Kita dapat memperbaiki masalah pengiriman dengan mengautentikasi email melalui akun Gmail atau G Suite – semua sekaligus menjaga kredensial masuk tetap aman.

Di postingan ini, Saya akan menunjukkan cara menyiapkan WP Mail SMTP untuk mengirim email WordPress dengan alamat email Gmail atau G Suite.

Mengapa Tidak Menerima Pemberitahuan?
Secara default, WordPress menggunakan fungsi mail PHP untuk mengirim email yang dihasilkan oleh WordPress atau plugin kontak seperti WPForms. Alasan paling umum mengapa tidak mendapatkan email adalah server hosting WordPress Kita tidak dikonfigurasi untuk menggunakan fungsi mail PHP.

Selain itu, upaya anti-spam oleh penyedia email juga dapat mempengaruhi email Kita. Sebagai bagian dari proses penyaringan mereka, banyak penyedia email akan memeriksa apakah email Kita berasal dari domain yang sama yang tercatat di From Email. Misalnya, jika email Kita mengklaim dikirim dari alamat Gmail Kita namun sebenarnya dikirim dari server situs web Anda (bukan server Gmail), email Kita mungkin dikirim ke spam atau tidak dikirim sama sekali.

Kita bisa memperbaikinya dengan menggunakan SMTP, bukan fungsi mail PHP. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah standar industri untuk mengirim email dengan handal.

Mengapa menggunakan WP Mail SMTP Plugin?
Manfaat utama menggunakan plugin WP Mail SMTP adalah memungkinkan Kita mengirim email WordPress dengan aman menggunakan akun Gmail atau G Suite tanpa memerlukan aplikasi yang kurang aman di akun sendiri.

Selain itu, tidak seperti banyak pilihan SMTP lainnya, Kita tidak perlu memasukkan nama pengguna dan kata kunci Gmail Kita di dasbor WordPress Kita di tempat pengguna situs lain dapat melihatnya. Dengan menggunakan metode ini, Kita akan membantu menjaga situs WordPress tetap aman.

Berikut adalah 3 langkah utama cara mengkonfigurasi plugin WP Mail SMTP.

Langkah 1: Instal Plugin WP Mail SMTP
Hal pertama yang perlu Kita lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin WP Mail SMTP. Setelah menginstal dan mengaktifkan WP Mail SMTP, masuk ke Settings »WP Mail SMTP untuk membuka halaman pengaturan plugin. Di bagian atas halaman ini, Kita bisa mengatur From Email dan From Name. Secara default, ini akan diisi dengan email admin dan nama situs Kita.

Untuk From Email, pastikan ini disetel ke alamat email Gmail atau G Suite Kita sebelum melanjutkan. Setelah pengaturan dasar ini siap, Kita masuk ke bidang Mailer dan memilih opsi Gmail. Saya merekomendasikan untuk memeriksa opsi Return Path untuk Mengatur jalur kembali agar sesuai dengan Email masuk. Dengan begitu, Kita akan diberi tahu tentang email terpental, sama seperti bila menggunakan email Kita secara normal.

Selanjutnya, Kita akan melihat bagian Gmail baru muncul. Di sini, Kita akan melihat field untuk Client Secret dan Client ID.

Langkah 2: Buat Aplikasi Web di Google Developer
Untuk membuat aplikasi, pertama-tama Kita harus masuk dan mengakses pendaftaran aplikasi Google Developer di alamat https://console.developers.google.com/apis/dashboard. Setelah Kita mengeklik tautan itu dan masuk ke akun Gmail, Kita akan melihat formulir yang bernama “Register our application for Gmail API in Google API Console”.

Di menu cek point, pilih pada poin Yes untuk semua pilihan yang ada, tinggalkan opsi default untuk membuat proyek. Kemudian, silakan klik tombol Agree and Continue

Selanjutnya, Kita akan melihat layar yang bertuliskan “The API is enabled”. Untuk melanjutkan ke halaman setup, klik tombol Go to credentials.

Di halaman berikutnya, Kita akan diminta untuk menentukan kredensial yang dibutuhkan. Berikut adalah bidang pada halaman ini dan pilihan yang diperlukan untuk memilih:

API mana yang kamu gunakan? Gmail API
Darimana Anda akan memanggil API? Server web (misalnya node.js, Tomcat)
Data apa yang akan Anda akses? Data pengguna
Setelah Kita membuat pilihan ini, klik kredensial apa yang saya butuhkan? tombol untuk menuju ke langkah selanjutnya

Untuk langkah ini, Anda akan membuat ID klien OAuth. OAuth, atau Open Authorization, adalah apa yang akan memberi izin agar situs web Kita menggunakan akun Gmail untuk mengotentikasi email.

Untuk kolom Name, masukkan apapun yang Kita suka atau tinggalkan nama default. Ini hanya untuk referensi di akun Google.

Untuk asal-usul JavaScript yang Diotorisasi, Kita harus memasukkan URL situs Kita.

Terakhir, kita perlu mengisi bidang URI pengalihan yang diotorisasi. Untuk mendapatkan URI untuk situs Kita, Kita harus kembali ke tab atau jendela dengan situs WordPress berada. Masih di laman Setelan »WP Mail SMTP, Kita akan melihat di bawah bagian Gmail untuk bidang berlabel Authorized redirect URI.

Nilai di bidang ini harus menjadi URL situs Kita diikuti beberapa detail tambahan. Kita harus menyalin nilai ini, yang mudah dilakukan dengan mengklik tombol dengan ikon salin.

Setelah menyalin URI, kembali ke halaman Google APIs dan tempelkan ke kolom di bawah Authorized redirect URIs

Buat ID klien Google OAuth

Setelah itu, Kita bisa klik tombol Create client ID.

Untuk langkah terakhir dalam proses pembuatan aplikasi, Kita harus menyiapkan layar persetujuan. Tuliskan email dan produk name dari plugin yang di pakai di kolom yang tersedia. Setelah menyelesaikan bidang ini, klik Continue

Sekarang kita perlu melihat secara lengkap. Pada layar terakhir, klik I’II do this later untuk membuka halaman Kredensial.. Laman terakhir dalam proses penyiapan aplikasi Gmail

Langkah 3: Berikan Izin dan Kirim Email Uji
Di halaman Kredensial, Anda sekarang dapat melihat rincian aplikasi web yang baru Anda buat. Untuk melihat Client ID dan Client Secret, klik ikon edit.

Klik ikon edit di halaman Kredensial

Ini akan membuka semua detail aplikasi Anda. Pada halaman ini, Anda harus menyalin nilai rahasia Client ID dan Client.

Masing-masing perlu disalin ke pengaturan SMTP WP Mail Anda kembali di admin WordPress Anda.

Catatan: Berhati-hatilah agar tidak menyalin teks tambahan atau spasi dengan ID Klien atau Rahasia Klien Anda, karena ini akan mengakibatkan kesalahan pada langkah berikutnya.

Salin ID Klien dan rahasia ke pengaturan SMTP WP Mail

Setelah menyimpan pengaturan ini, halaman akan refresh. Sebelum Google mengizinkan informasi ini digunakan untuk terhubung ke akun Anda, namun Anda harus memberikan izin.

Untuk melakukan ini, gulir ke bagian bawah halaman ini dan klik tombol berlabel Allow plugin untuk mengirim email menggunakan akun Google Anda.

Ini akan membuka layar masuk Google. Silakan masuk ke akun yang sedang Anda setting dengan SMTP ini. Kemudian, Anda akan melihat layar yang meminta izin agar situs ini mengirim email atas nama Anda.

Bila sudah siap, klik tombol Allow untuk melanjutkan

Berikan izin untuk situs untuk mengirim email

Selanjutnya, Anda akan dikembalikan ke pengaturan SMTP WP Mail dan pesan sukses akan ditampilkan. Setelah koneksi selesai, Anda siap untuk mengirim email percobaan di bawah tab Email Test.

Sukses koneksi Gmail dengan WP Mail SMTP

Setelah tab Test Email terbuka, Anda harus memasukkan alamat email yang valid dan klik tombol Send Email. Pastikan untuk menggunakan alamat email yang bisa Anda akses sehingga Anda bisa mengonfirmasi email terkirim.

Kirimkan email uji melalui SMTP WP Mail

Saat pesan uji telah dikirim, Anda akan melihat pesan sukses di bagian atas tab ini.

Email uji email SMTP WP berhasil terkirim

Anda juga harus segera menerima email uji di alamat email yang Anda masukkan

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close