Top Menu

     Marvel dan DC Comics akhir-akhir ini terus bersaing dalam segala hal. Untuk film, kedua perusahaan komik yang berbasis di Amerika itu sama-sama akan mengeluarkan film di tahun 2016 ini. Marvel berencana akan merilis 5 film, sedangkan DC berencana akan merilis 2 judul film (Baca di postingan Film Superhero yang Tayang 2016). Selain film, kedua perusahaan tersebut juga terus bersaing di pasar serial televisi. Banyak judul yang sudah dikeluarkan sejak tahun 2014 kemarin.

     Di Marvel, dengan menggandeng FOX Chanel, ada judul serial seperti Marvel Agent of S.H.I.E.L.D dan Marvel Agent Carter. Ada juga Daredevil dan Jessica Jones yang tayang di Netflix. Sedangkan DC Comic sedikit lebih banyak dalam hal jumlah serial tv yang sedang/sudah ditayangkan. Ada judul Constantine, Izombie dan Gotham yang tayang di WB TV. Ada juga 3 judul serial yang judulnya merupakan tokoh superhero tersebut, yaitu Arrow, The Flash dan Supergirl yang tayang di The CW dan WB TV. Satu lagi serial yang diangkat dari komik DC yang sekarang sedang hits, yaitu Legend of Tomorrow yang baru masuk episode ke-3 di minggu ini.

     Saya pribadi menyukai sebagian besar (Tidak Semua si) judul-judul serial yang tadi disebutkan. Bahkan bagi Saya, serial tv tersebut sudah menjadi tontonan wajib tiap malam yang tiap minggu pasti Saya tunggu episode terbarunya. Nah bagi yang sama seperti Saya (Suka nonton serial tv superhero juga maksudnya), pasti tidak asing dengan beberapa hal yang Saya akan sedikit ulas nanti. Apa saja hal-hal menarik yang ada di serial tv superhero, ini dia:

1. Meta Human vs Inhuman

metahuman  VS Inhuman

Metahuman: Adalah istilah mutan yang biasanya disebutkan di serial tv dari DC Comics. Istilah ini muncul pertama kali di serial The Flash dan digagas oleh Cisco dan dr.Wells. Metahuman muncul sebagai akibat dari radiasi yang disebabkan meledaknya Partikel Akselelator yang berada di STAR Labs, laboratorium milik dr.Wells. Hampir setiap episode di The Flash memunculkan metahuman baru, baik sebagai musuh maupun sebagai teman. Di serial Arrow juga muncul beberapa metahuman walaupun jumlahnya tidak sebanyak di serial The Flash. Dari segi kekuatan metahuman pun beragam, ada yang dapat memanipulasi udara, cuaca, api, ataupun berubah bentuk menjadi makhluk atau elemen tertentu.

Inhuman: Lain DC lain pula Marvel, Inhuman adalah istilah mutan yang disebutkan di dalam serial tv Marvel, terutama di serial Marvel Agent of S.H.I.E.L.D. Istilah ini mulai sering muncul di musim kedua Marvel Agent of S.H.I.E.L.D. Saya sendiri kurang begitu paham asal muasal dari munculnya inhuman, tapi diceritakan inhuman memang sudah ada sejak waktu yang lampau. Diceritakan di musim kedua Marvel Agent of S.H.I.E.L.D, Ibu nya Daisy (Salah satu agen S.H.I.E.L.D) ingin membuat semua manusia menjadi inhuman, namun berkat usaha para agen terbaik S.H.I.E.L.D, usaha itupun gagal. Tapi karena serum yang dibuat untuk merubah manusia menjadi inhuman jatuh ke laut, sehingga menyebar dan berdampak pada sebagian manusia yang teradiasi serum tersebut secara langsung maupun tidak langsung. Untuk inhuman, kekuatan merekapun beragam, mirip seperti metahuman di DC, ada yang dapat memanipulasi elemen, telekinesis, sampai berubah bentuk menjadi bentuk tertentu.

Kira-kira siapa yang lebih unggul ya? Meta Human atau Inhuman?

2. S.H.I.E.L.D vs D.E.O

shield marvel

     S.H.I.E.L.D merupakan singkatan dari Strategic Homeland Intervention, Enforcement and Logistics Division. Organisasi ini merupakan agen intelijen, anti terorisme, dan militer yang berada di Amerika Serikat namun berada di luar tanggung jawab pemerintah. S.H.I.E.L.D. dibentuk setelah Perang Dunia Kedua berakhir tepatnya setelah Captain America hilang dalam kecelakaan pesawat saat ingin menghancurkan Tesseract. Awalnya organisasi ini bernama SSR (Strategic Scientific Reserve), sebuah lembaga penelitian yang bekerja untuk memerangi NAZI yang saat itu didukung oleh HYDRA selama perang berlangsung. Di serial Marvel sendiri, S.H.I.E.L.D diceritakan dalam serial Marvel Agent of S.H.I.E.L.D yang saat ini sudah masuk musim ketiganya. Lawan dari S.H.I.E.L.D ini bisa muncul dari dalam S.H.I.E.L.D sendiri yang biasanya merupakan mata-mata HYDRA, maupun inhuman yang mengancam keamanan nasional.

lambang deo

     D.E.O merupakan singkatan dari Department of Extra – Normal Operations. Organisasi ini merupakan agen intelijen, anti terorisme, dan militer yang berada di Amerika Serikat namun berada di luar tanggung jawab pemerintah versi serial tv DC. Berbeda dengan  S.H.I.E.L.D yang sudah dibentuk sejak lama, D.E.O diceritakan baru dibentuk setelah serangan alien (makhluk krypton) menyerang bumi dan harus dihentikan oleh Superman di film Man of Steel. Tugas utama D.E.O adalah mengawasi alien yang sudah terdeteksi terutama alien yang berasal dari Fort Rozz, yaitu penjara yang mengurung alien-alien yang dianggap jahat oleh bangsa krypton di serial Supergirl. Di serial Supergirl, D.E.O selalu dibantu dalam upayanya menaklukan alien-alien yang mengancam manusia di National City.

3. Direktur Coulson vs Direktur Henshaw

Direktur Coulson

     Direktur Coulson: S.H.I.E.L.D dipimpin oleh seorang direktur yang bernama Coulsen (Nama lengkapnya Phil Coulsen). Coulsen sendiri mulai muncul di film Thor sebagai agen khusus dari S.H.I.E.L.D yang waktu itu masih dipimpin Nick Fury. Selain di Thor, Coulsen juga muncul di film Marvel lain seperti Iron Man dan The Avengers. Di film The Avengers, Coulsen ditusuk oleh Loki menggunakan tongkatnya namun berhasil selamat karena operasi yang dilakukan para dokter S.H.I.E.L.D.

     Masuk ke versi serial tv nya, Coulsen dipercaya oleh Nick Fury sebagai pemimpin agen terbaik S.H.I.E.L.D sebelum akhirnya resmi menggantikan Nick Fury sebagai direktur S.H.I.E.L.D di musim kedua Marvel Agent of S.H.I.E.L.D. Di musim terbaru Marvel Agent of S.H.I.E.L.D, Coulsen mempunyai lengan robotik karena sebelumnya dia harus kehilangan lengannya setelah berhasil menggagalkan upaya ibu dari Daisy untuk menyerang umat manusia. Phil Coulsen sendiri diceritakan sebagai pribadi yang santun, hangat, tegas dan berpendirian serta punya visi yang jelas namum penuh misteri baik di versi layar lebar maupun serial tv nya. Selalu memakai pakaian formal (Kemeja+Dasi+Jas) adalah ciri khasnya.

Direktur Henshaw

     Direktur Henshaw: John Henshaw atau lebih dikenal dengan panggilan direktur Henshaw merupakan direktur dari D.E.O yang merupakan organisasi rahasia yang ada di serial Supergirl. Henshaw muncul pertama kali di episode pertama serial Supergirl. Walau awalnya tidak mempercayai Supergirl, namun sekarang D.E.O bersama Supergirl mengalahkan musuh-musuhnya dengan baik. Dibantu Alex Danvers yang merupakan saudara angkat dari Supergirl, D.E.O melakukan riset, investigasi, bahkan aksi terhadap alien-alien yang dianggap berbahaya. John Henshaw sendiri bukan seorang manusia biasa.

     Diceritakan John Henshaw yang asli telah tewas ketika D.E.O menyergap suatu alien di Peru. Dan sekarang alien tersebutlah yang menyamarkan identitasnya sebagai John Henshaw untuk melindungi Alex Danvers, yang merupakan putri orang yang menolong si aliean tersebut dari pasukan D.E.O dibawah pimpinan John Henshaw yang asli. John Henshaw diceritakan mempunyai penampilan yang santai, tegas, berwibawa dan hati-hati. Berbeda dengan direktur Coulsen di S.H.I.E.L.D, direktur Henshaw berpenampilan lebih santai dengan selalu menggunakan T-Shirt berkerah dalam setiap aksinya.

Menurut kalian siapa yang lebih keren? Direktur Coulson atau Direktur Henshaw?

Next, Pembahasan Berikutnya => Serial Televisi Marvel Vs DC Comics

Selamat membaca dan selamat menonton serial TV nya.

 

About The Author

2 Comments

  1. […] yang ada di dalam serial tv Marvel dengan DC yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya (Serial Televisi Marvel Vs DC Comics), ini dia 3 unsur menarik lainnya tentang serial tv Marvel dan DC […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close