Top Menu

01

Para fans Real Madrid tak sabar lagi menunggu. Sekitar 80 ribu Madridista memadati stadion. Sebagian dari mereka mulai jenuh menunggu namun tetap memikul rasa penasaran ingin melihat pemain anyar yang satu ini. Siapa lagi jika bukan sang bintang Cristiano Ronaldo, pesepakbola termahal sejagad raya.

6 Juli 2009 jadi hari bersejarah bagi Los Blancos. Ronaldo tercatat dalam lembaran sejarah Madrid datang dan diperkenalkan di Santiago Bernabeu. Acara menyambut sang bintang digelar amat meriah. Sebuah panggung besar berdiri untuk mantan bintang Manchester United itu. Kaum Madridista ingin mendengarkan kata-kata pertama Cristiano Ronaldo sebagai pemain baru Madrid.

Presiden Florentino Perez, legenda Madrid Alfredo Di Stefano, dan ikon sepakbola Portugal Eusebio hadir. Ketiga tokoh penting itu berada di atas panggung dan menunggu sang bintang yang belum keluar dari ruang ganti.

“Kita semua di sini untuk menyambut seorang pemain. Pemain yang akan menjadi ikon dan simbol. Pemain yang akan menjadi pahlawan di era baru Madrid. Mari kita sambut, Cristiano Ronaldo!” kata Perez.

Sontak seisi Stadion Santiago Bernabeu berdiri dan begitu bersemangat. Mereka tak sabar lagi. Sang pemain pun melangkah dengan gagah. Ia berdiri tegak keluar dari lorong pemain.

Senyuman tak pernah lepas dari wajahnya. Ia terus melambai ke arah Madridsta. Ronaldo begitu bahagia karena impiannya memperkuat Madrid akhirnya tercapai.

02

Berkali-kali ia mencium simbol Los Blancos di bajunya. Ia juga unjuk kebolehan dengan bola yang diberikannya. Setelah sempat mengitari stadion, Ronaldo akhirnya naik ke atas panggung.

Hala Madrid!” teriaknya yang langsung disambut gemuruh Madridista.

“Ini adalah hari yang spektakuler bagiku. Aku sangat bahagia. Bagiku ini adalah mimpi yang jadi kenyataan. Dalam beberapa kesempatan aku selalu mengatakan bahwa impianku adalah bermain di Real Madrid. Aku ingin berada di sini dan melakukan apa pun untuk membantu tim ini,” ucapnya.

03

2 Rekor di Hari Pertama

Baru hari pertama di Madrid, Ronaldo langsung bikin 2 rekor baru. Pertama, kehadiran 80 ribu Madridista saat dirinya diperkenalkan mematahkan rekor pendukung Napoli yang menyambut Diego Maradona di San Paolo pada 1984.

Saat itu ada 75 ribu orang yang menyambut kepindahan Maradona dari Barcelona ke Napoli. Ketika Ricardo Kaka diperkenalkan sehari sebelumnya, jumlah Madridista yang hadir cuma 55 ribu.

“Aku tidak memperkirakan stadion akan terisi penuh seperti ini. Benar-benar luar biasa. Aku merasa terhormat. Terima kasih banyak,” kata Ronaldo.

Beberapa jam sebelum diperkenalkan, ia juga membuat rekor sebagai pemain termahal dunia. Ia resmi dibeli Madrid dari Manchester United dengan biaya transfer 80 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,5 triliun. Ronaldo juga menandatangani kontrak selama enam tahun.

04

Penerus Raul Gonzalez

Di musim pertamanya, Ronaldo yang biasa memakai nomor punggung 7 masih memakai nomor 9. Ia tak mau mengusik Raul yang saat itu adalah kapten Los Blancos.

Ronaldo cukup gemilang di musim perdana. Meski tak memberikan Madrid trofi, namun ia sanggup mencetak 33 gol dalam 35 pertandingan.

Di musim kedua, Raul memilih meninggalkan Madrid. Ia merasa eranya sudah berakhir. Ikon Madrid itu pun ingin Ronaldo jadi penerusnya. Ia mewariskan nomor punggung 7 kepada pemain asal Portugal tersebut.

CR7 pun membalas kepercayaan Raul dengan tampil lebih gemilang. Di bawah asuhan Jose Mourinho, ia mengantar Los Blancos juara Copa del Rey. Catatan rekor Ronaldo pun lebih baik dengan raihan 53 gol di 54 pertandingan.

Pada dua musim berikutnya, Ronaldo juga menyumbangkan trofi La Liga dan Piala Super Spanyol. Intinya, ia tak henti-hentinya melesakkan banyak gol yang membantu Madrid meraih kemenangan.

Di musim 2013/2014, Ronaldo akhirnya mampu membayar kepercayaan Madrid dengan memberikan La Decima atau gelar juara Liga Champions ke-10. Los Blancos sudah lama menunggu meraih La Decima. Terakhir kali Madrid juara Liga Champions tahun 2002.

Bukan hanya sekadar memberi Los Blancos kejayaan, namun rentetan gol Ronaldo itu juga membuatnya memecahkan banyak rekor. Mulai dari rekor Eropa sampai rekor di klub sendiri.

05

Inilah Catatan Rekor Cristiano Ronaldo:
Rekor di Eropa:

Satu-satunya pemain yang meraih Sepatu Emas Eropa pada dua liga berbeda

Pemain pertama yang mencetak 40 gol dalam dua musim beruntun

Pencetak gol dalam enam laga beruntun di Liga Champions (setara Marouane Chamakh dan Burak Yılmaz)

Menjadi pemain Madrid pertama yang meraih Ballon d’Or dua kali berturut-turut.

Rekor di Liga Inggris:

Pencetak gol terbanyak (31) untuk memenangi Sepatu Emas Liga Inggris dalam 38 pertandingan (setara Alan Shearer)

Memiliki akurasi tembakan tertinggi untuk memenangi Sepatu Emas Liga Inggris (setara Didier Drogba)

Rekor di Liga Spanyol:

Pemain pertama yang mencetak gol ke gawang semua tim di La Liga

Pemain pertama yang mencetak gol dalam enam laga El Clasico beruntun

Pemain pertama yang mencetak 20 gol tandang dalam semusim

Pemain tercepat yang mencetak 150 gol di La Liga

Pencetak gol terbanyak (9) dalam tiga laga beruntun La Liga (setara Laszlo Kubala, Mundo, dan Campanal)

Rekor di Real Madrid:

Pencetak gol terbanyak Madrid dalam semusim di semua kompetisi (60 gol)

Pencetak gol terbanyak Madrid dalam semusim di La Liga (46 gol)

Pencetak gol terbanyak Madrid dalam semusim di Liga Champions (12 gol)

Pencetak hat-trick terbanyak Madrid dalam semusim (7 hat-trick)

Pemain Madrid tercepat yang mencapai 50 gol di La Liga

Pemain Madrid tercepat yang mencapai 100 gol di La Liga

Pemain Madrid tercepat yang mencapai 150 gol di La Liga

Pemain Madrid tercepat yang mencapai 200 gol resmi

Pemain Madrid dengan rasio gol tertinggi (1,08)

Pemain Madrid pertama yang mencetak gol pada empat laga perdananya

Pemain Madrid pertama yang mencetak lebih dari 30 gol dalam 3 musim beruntun

Pencetak gol terbanyak Madrid dalam lima laga beruntun (14 gol)

Mencetak 56 gol untuk Madrid di seluruh kompetisi pada tahun 2014.

Rekor di Timnas Portugal:

Pencetak gol terbanyak Portugal (6) di Piala Eropa (setara Nuno Gomes)

Pemain Portugal yang paling sering tampil di pertandingan Piala Dunia (11 kali setara dengan Simao Sabrosa)

Pemain termuda Portugal yang mencapai 100 caps (27 tahun, 8 bulan, 11 hari)

Postingan ini didedikasikan untuk madridista di seluruh Indonesia

Viva Ronaldo!!!   iHala Madrid!

(*Dari berbagai sumber/Vin)

Dikutip dari: bola.liputan6.com

About The Author

1 Comment

  1. This post provides clear idea in support of the new users
    of blogging, that really how to do blogging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close