Top Menu

Pada hakekatnya penyelenggaraan pendidikan tinggi bertujuan untuk menyiapkan generasi penerus bangsa agar mempunyai kualitas akademik dan intelektualitas yang baik, sehingga dapat menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu berperan aktif dalam persaingan global. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai sub sistem pendidikan tinggi, pada saat ini keberadaannya semakin diakui perannya dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, dimana dalam konstelasi pembangunan bangsa secara komprehensip PTS telah mampu menunjukan tanggungjawabnya dalam meletakan pondasi daya saing bangsa, dengan menghasilkan output yang berkualitas, produktif, kreatif dan profesional.

Peran perguruan tinggi swasta sebagai lembaga pendidikan tinggi dalam membantu tugas pemerintah mencerdaskan kehudupan bangsa dan menyiapkan tenaga profesional dalam berbagai bidang di Provinsi Jawa Tengah tidak diragukan lagi komitmen dan motivasinya. Rapat Koordinasi Pimpinan PTS dan Pimpinan Badan Penyelenggara PTS di Jawa Tengah diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah VI sebagai salah satu upaya untuk merealisasikan dan menginmplementasikan kebijakan pengembangan pendidikan tinggi khsusunya untuk kalangan perguruan tinggi swasta serta untuk menyamakan persepsi didalam pengelolaan dan management perguruan tinggi, selain itu juga dimaksudkan sebagai realisasi dari tugas pokok Kopertis Wilayah VI untuk melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah.

Dalam kaitan ini Rapat Koordinasi Pimpinan PTS dan Pimpinan Badan Penyelenggara PTS di lingkungan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Tahun 2017 mengambil tema “Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta Melalui Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi“. Rapat koordinasi Kopertis Wilayah VI pada tahun 2017 ini dibagi menjadi 3 waktu penyelenggaraan. Untuk rayon III sendiri yaitu PTS yang berada di wilayah Jawa Bagian Tengah dan Barat diselenggarakan tanggal 29 Juli 2017 bertempat di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Adapun 3 narasumber yang mengisi acara adalah:

  1. Dr.Ir.Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. (Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dn Pendidikan Tinggi)
  2. Sugiyono, Ph.D (Anggota Dewan Eksekutif Badan Akreditas Nasional Pendidikan Tinggi)
  3. Prof.Dr. DYP Sugiharto, M.Pd.Kons. (Koordinator Kopertis Wilayah VI)

Adapun hasil yang diharapkan dalam rapat koordinasi kali ini antara lain

  1. Informasi Kebijakan dan Kondisi Kopertis Wilayah VI
  2. Kebijakan Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi Swasta untuk Meraih Akreditasi Program Studi dan Akreditasi Perguruan Tinggi
  3. Strategi Untuk Meraih Akreditasi Program Studi dan Akreditasi Perguruan Tinggi

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close