Top Menu

     Indonesia telah menjadi pasar game online yang cukup baik di kawasan Asia Tenggara bahkan Asia. Ini Bisa dilihat dari banyaknya gamer yang aktif dan banyaknya game yang tersedia untuk dimainkan secara online yang jumlahnya makin hari makin bertambah. Hal itulah yang membuat beberapa perusahaan game tertarik untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Perusahaan tersebut ada yang asli milik orang Indonesia, ada pula yang merupakan perusahaan asing tapi mempunyai kantor yang berkedudukan di Indonesia. Berikut adalah profil dari beberapa perusahaan penyedia game online yang termasuk paling besar penggunanya di Indonesia saat ini.

Garena (www.garena.co.id)

garena agusdar

Bermarkas besar di Singapura, Garena berdiri tahun 2009 oleh Forrest Li beberapa temannya karena mereka bercita-cita untuk mengubah semangat mereka untuk berwirausaha menjadi perusahaan besar. memakai nama perusahaan “Garena” – plesetan dari kata “arena global” – mengacu pada cita-citanya yang lebih luas untuk menghubungkan orang melalui Internet. Garena telah berkembang dengan cepat menjadi penyedia platform terkemuka untuk PC online dan mobile konten digital, e Commerce dan pembayaran di Asia, yang melayani jutaan pengguna.

Pada tahun 2010, Garena meluncurkan produk pertamanya, Garena +, sebuah platform online bagi orang untuk bertemu, chatting dan bermain game dengan satu sama lain. Dengan menggabungkan alat komunikasi dengan konten digital yang menarik, Garena kembali menemukan model bisnis untuk hiburan online di Asia Tenggara dan menciptakan sebuah platform dengan efek jaringan yang kuat. Sejak diluncurkan, banyak permainan yang paling sukses di dunia online telah tersedia secara eksklusif di Garena termasuk tiga dari judul yang paling populer di Asia Tenggara.

Game yang tersedia di platform Garena antara lain Point Blank, Fifa Online 3, Heroes of Nerwerth, League of Legend dan Thunder Strike.

Gemscool (www.gemscool.com)

gemscool agusdar

Gemscool, sebuah proyek yang dikembangkan oleh PT Kreon yang berbasis di Sentosa Cove Floor, Jakarta Selatan, Indonesia.
Gemscool adalah penyedia berbagai game online yang sangat populer di Indonesia, seperti Atlantis, Mako, Lost Saga, dan sebagainya. Rata-rata permainan dipromosikan oleh PT Kreon sangat sukses di Indonesia dan hampir semua gamer di Indonesia mengenal jenis permainan, terutama Dragon Nest dan Atlantica.
Gemscool juga memiliki forum yang disebut Forum Online dan alamat di forum.gemscool.com. Forum ini memiliki lebih dari 4 juta pengguna terdaftar, juga salah satu forum terbesar dalam jumlah pengguna terdaftar setelah forum Kaskus.

Lyto (www.lytogame.com)

lyto agusdar

Lyto merupakan publisher game online di Indonesia, didirikan pada tahun 2003. Kantor pusat Lyto berlokasi di Jakarta, Indonesia.

Lyto sebagai publisher game telah menerbitkan banyak berbagai MMO (Massive Multiplayer Online) yang berbeda yang berasal dari Asia. Game-game tersebut antara lain Ragnarok Online (Korea), Getamped (Japan), Seal Online (Korea), RF-Online (Korea), Idol-Street, Perfect World (China) and CrossFire (Korea). Lyto telah mengadakan banyak acara yang berbeda terutama yang diadakan setiap tahun dan meriah disebut Lyto Permainan Festival Lyto Game Festival. Lyto festivals biasanya mengadakan kompetisi game, pertemuan, dan Cosplay / Costume Play, sementara mempromosikan produk game Lyto sendiri.

Lyto memiliki showroom individu yang disebut Game-On Center ditujukan untuk anggota Lyto dan pengguna untuk mengumpulkan dan meminta dukungan pada permainan, seperti forum.  Lyto telah mendirikan banyak Game-On Center di seluruh Jakarta.

Megaxus (www.megaxus.com)

megaxus

PT Megaxus Infotech adalah sebuah perusahaan publisher game online di Indonesia. Setelah didirikan pada tahun 2006, Megaxus dengan cepat diakui sebagai publisher game online terkemuka di Indonesia. Megaxus dikenal oleh komunitas dan penggemar game online di Indonesia sebagai publisher yang menyajikan konsep “lifestyle entertainment” yang juga mencakup produk dan pelayanan yang terbaik dan terinovatif bagi para pencinta game online di Indonesia.

PT Megaxus Infotech meluncurkan salah satu produk premiumnya bernama AyoDance di tahun 2007. AyoDance dengan cepat menjadi game online bertema musik dan dance terbaik di Indonesia hingga sekarang. Diikuti dengan Lineage II di tahun 2009, game online terbaik nomor dua di dunia. Lineage II adalah game MMORPG yang telah menerima berbagai macam penghargaan di Indonesia dan internasional.

Di tahun 2009, Megaxus meluncurkan WarRock yang disebut sebagai game simulasi perang bertema FPS terbaik di Indonesia. Grand Chase diluncurkan di tahun 2010 dan menjadi game online paling populer di Indonesia. Grand Chase juga mendapatkan penghargaan sebagai Indonesia’s Most Popular Online Game di Asia Online Game Award tahun 2011. Pada tahun 2011, Megaxus kembali meluncurkan game online FPS yang telah melegenda di seluruh dunia, yaitu Counter-Strike Online. Kemudian SD Gundam Capsule Fighter Online bergenre MMOTPS (Massive Multiplayer Online Third Person Shooting) pada tahun 2012 dan AyoOke “Next  Generation Online Karaoke” pada tahun 2013.

Belum lama ini, Megaxus meluncurkan game bergenre Full Action Hack and Slash yang memberikan permainan yang penuh aksi dan tantangan baru, yaitu Heroes of Atarsia dan akan hadir pula game yang tidak kalah hebatnya yaitu Royal Master. Selain game online, Megaxus juga meluncurkan beberapa produk layanan seperti Megaxus Payment, yaitu pelayanan pembayaran secara online atau offline (voucher) untuk meningkatkan pengalaman bermain gamers dan WarnetKu, yaitu direktori PC Café (warnet) seluruh Indonesia yang memberikan keuntungan bagi pemilik PC Café yang mendaftar.

Mobius (www.mobius.co.id)

mobius agusdar

Mobius Indonesia adalah perusahaan penyedia hiburan digital didirikan pada bulan April 2010.
PT. Mobius Indonesia sebagai nama pembentukan hukum. Kantor utama Mobius terletak di Jl. Terusan Bandengan Utara I No 15, Jakarta 14450, Indonesia. Mobius Indonesia saat ini berfokus pada dua divisi utama. Yang pertama adalah “Penerbitan Game”. Dalam divisi ini, pekerjaan utama adalah Content Management. Ini sudah termasuk: penseleksian konten, manajemen permainan, R & D, pemasaran dan jaringan.

Pada tahun 2010, Mobius sudah memiliki 5 judul game premium yang berbasis web based strategy : (King of Heroes, War 2, Ministry Of War, Star Empires, dan Winning Goal) yang akan menerbitkan tahun ini. Di masa depan, Mobius telah merencanakan untuk menerbitkan lebih banyak game online dengan kategori yang berbeda di Indonesia dan Asia Tenggara. Dan kedua adalah “Game Development”. tim pengembangan Mobius terdiri dari programmer berpengalaman, ilustrator dan desainer seni permainan yang benar-benar berkomitmen dalam menciptakan kualitas permainan yang benar-benar sukses secara lokal dan internasional.

Orangegame (www.orangegame.co.id)

orangegame agusdar

 

Prodigy (www.prodigy.co.id)

prodigy

Prodigy Infinitech didirikan pada bulan April 2009, dengan tujuan untuk menerbitkan game online yang terbaik dengan standar kualitas tinggi. Prodigy mempunyai visi  untuk menyatukan masyarakat Indonesia yang tersebar melalui game online dan menciptakan gaya hidup yang didasarkan pada hiburan interaktif dengan sukacita dan menyenangkan.
Game-game besutan Prodigy yang terkenal antara lain Light of Darkness Indonesia, Touch, Divosaga, Kingdoms Fighter.

Dari sekian banyak game online yang disediakan oleh perusahaan di atas, sayangnya masih banyak yang merupakan game buatan luar terutama Korea, Tiongkok, Jepang maupun USA.  Masih sedikit game online buatan lokal yang “menjual” untuk disediakan permainannya oleh perusahaan game tersebut.

Semoga bermanfaat dan terus berkarya untuk Indonesia.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close