Top Menu

     Superhero identik dengan aksi kepahlawanan seperti menyelamatkan orang dari kecelakaan, menghajar para penjahat bahkan sampai melindungi bumi dari bahaya kehancuran. Seperti diperlihatkan pada serial televisi Amerika yang diangkat dari 2 komik superhero besar dunia, DC dan Marvel. Tapi disamping menjadi superhero, para tokoh utama ini kebanyakan punya profesi sendiri-sendiri di dalam ceritanya. Profesi para superhero ini dimaksudkan untuk dapat menambah “bumbu” cerita, dan sebagian juga berpengaruh pada plot cerita secara umum. Profesi yang dimiliki superhero juga bermacam-macam. Apa saja profesi para superhero yang ada di serial DC dan Marvel yang tayang beberapa musim terakhir, ini dia ulasannya:

Agent Carter: Agen Rahasia (MARVEL)

agent carter

Bekerja sebagai admin di lembaga rahasia SSR, cikal bakal S.H.I.E.L.D, tidak membuat Peggy Carter berpuas diri. Carter ingin lebih diakui sebagai agen lapangan yang tidak kalah dengan agen lapangan pria lainnya di SSR. Pacar dari Captain America inipun memulai aksinya dengan nickname Agent Carter. Mulai dari menggagalkan serangan teroris dari Uni Soviet yang akan menyerang Amerika sampai menguak misteri “Materi Gelap” di Los Angeles pun dia lakukan dalam aksinya.

DareDevil: Pengacara (MARVEL)

daredevil

Matt Murdock selain sebagai DareDevil yang akan menghukum para penjahat di kotanya tinggal, dia juga seorang lawyer atau pengacara. Matt yang buta matanya, mempunyai 2 sisi “terang” dan “gelap”. Di siang hari Matt menjadi seorang lawyer yang selalu membela kaum yang tertindas, sedangkan di malam hari Matt berubah menjadi DareDevil yang siap menghajar penjahat yang berkeliaran. Dengan dianugerahi “Radar Perasa”, walaupun Matt buta Matt bisa menjadi lawyer yang hebat dan DareDevil yang kuat saat beraksi.

Jessica Jones: Detektif Swasta (MARVEL)

Jessica Jones menjadi seorang superhuman setelah melalui serangkaian eksperimen kimiawi dalam komanya sehingga Jessica mempunyai kemampuan khusus. Kemampuan khusus yang diperoleh Jessica antara lain kekuatan fisiknya yang berlipat, kemampuan terbang serta kemampuan untuk memblok kontrol pikiran. Dengan kemampuan kontrol pikiran inilah Jessica juga berprofesi sebagai detektif swasta. Dalam menjalankan aksinya sebagai detektif, Jessica tidak segan segan menggunakan kemampuan khusus lainnya.

Supergirl: Asisten Pribadi CEO (DC)

"Red Faced" -- Personal and professional stress get the better of Kara (Melissa Benoist, pictured) when she goes too far during a training exercise against Red Tornado, a military cyborg commissioned by Lucy Lane's father, General Sam Lane. Also, Cat's tough exterior is shaken by a visit from her judgmental mother, Katherine, and Alex enlists Winn to look into her father's mysterious death, on SUPERGIRL, Monday, Nov. 30 (8:00-9:00 PM, ET) on the CBS Television Network. Photo: Cliff Lipson/CBS ©2015 CBS Broadcasting, Inc. All Rights Reserved

Kara Zor-El a.k.a Kara Danvers, merupakan sepupu dari Clark Kent alias Superman. Berbeda dengan Clark yang tinggal di Metropolis City, Kara tinggal di National City bersama dengan keluarga Danvers, keluarga yang mengasuhnya sejak pertama kali jatuh ke Bumi. Kara yang juga seorang Supergirl, superhero yang membasmi alien jahat layaknya Superman, Kara juga bekerja sebagai asisten. Kara sehari-hari bekerja sebagai asisten Cat Grant di perusahaan media bernama Catco World Wide. Dalam serial televisinya, Kara mengungkapkan kenapa masih bekerja sebagai asisten padahal Kara juga seorang Supergirl karena beberapa alasan. Diantaranya agar Kara tetap merasa “normal” dan dapat bertemu dengan orang-orang terkasihnya, seperti James Olsen dan Winn.

The Arrow: Walikota (DC)

oliver queen

Oliver Queen, seorang milioner muda yang sangat playboy dulunya kini berubah menjadi vigilante dengan nickname Arrow. Oliver menjadi Arrow setelah 5 tahun terdampar dan bertahan hidup di sebuah pulau terpencil akibat suatu kecelakaan kapal pesiar yang mengakibatkan ayahnya tewas tenggelam. Dari upaya bertahan hidupnya pula, Oliver mempunyai kemampuan untuk menjadi Arrow. Dan kini kembali ke kotanya, Star City bukan hanya menjadi Arrow, tetapi juga menjadi Walikota Star City seperti di season 4 Arrow kemaren. Walau menemui jalan berliku untuk menjadi Walikota, namun akhirnya tekad dan dukungan teman-temannya lah yang menjadikan Oliver mantap maju sebagai Walikota.

The Flash : CSI (DC)

barry allen

Barry Allen menjadi superhero yang bernama The Flash setelah kejadian meledaknya partikel akselelator dari S.T.A.R Lab. The Flash yang memiliki kemampuan untuk bergerak sangat cepat, bersama teman-temannya membasmi Metahuman jahat yang mengganggu keamanan Central City. Namun selain menjadi The Flash, Barry juga berprofesi sebagai CSI atau dalam bahasa Indonesia berarti Asisten Polisi Forensik Investigator. Tugasnya adalah memeriksa TKP (Tempat Kejadian Perkara) terjadinya kejahatan dan membawanya ke laboratorium untuk diteliti secara saintis. Nah dari situlah Barry membantu tugas polisi dalam menangani berbagai kasus.

Enam superhero dengan enam profesi yang berbeda-beda. Menarik tentunya apabila bisa menjadi salah satunya. Kalau menjadi superheronya si hampir tidak mungkin, tapi bagaimana dengan ikut terjun ke dalam profesi yang sama seperti superhero di atas. Bagi Saya sendiri, profesinya Barry Allen yang paling menarik. Bekerja di bidang forensik dan membantu tugas polisi menjadi poin kenapa profesi ini menarik bagi Saya. Pekerjaan ini juga masih tergolong ke dunia sains, karena memerlukan pengetahuan tentang ilmu kimia, fisika dan komputer (Walau komputer sudah ada penggolongan forensik sendiri yaitu digital forensik). Ada yang ingin coba ikuti jejak profesi superhero di atas, atau malah sudah ada yang berprofesi seperti mereka?

Semoga Bermanfaat

Baca Juga Hal-Hal Menarik Lainnya Tentang Serial Tv Marvel dan DC Comic di Postingan Berikut:

Serial TV Marvel Vs DC Comics Bagian 1

Serial TV Marvel Vs DC Comics Bagian 2

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close