Top Menu

     Akhir-akhir ini “gara-gara” kasus La Nyala Mataliti, publik dihebohkan dengan “perseturuan” antara pihak Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dengan Mahkamah Agung. Kedua lembaga tersebut yang keduanya merupakan lembaga peradilan di Indonesia berbeda pendapat tentang kasus La Nyala Mataliti. Kejaksaan yang mewakili para jaksa dengan pengadilan (Termasuk Mahkamah Agung) yang mewakili para hakim bersikukuh dengan pendapatnya masing-masing. Memang sudah tugas kedua lembaga tersebut untuk menyelesaikan sebuah kasus yang pastinya merugikan negara tidak sedikit. Namun di postingan ini Saya tidak akan membahas tentang kasus dari La Nyala Mataliti ataupun “perseturuan” dua lembaga tersebut. Karena bukan bidang keilmuwan Saya tentunya, tapi sebagai orang awam hukum Saya ingin berbagi tentang apa itu Mahkamah Agung dan Kejaksaan Agung di Indonesia. Nah ini dia tugas dan fungsi pokok serta profil kedua lembaga peradilan tersebut yang Saya kutip dari berbagai sumber:

Mahkamah Agung : www.mahkamahagung.go.id

Gedung Mahkamah Agung

     Mahkamah Agung Republik Indonesia (disingkat MA RI atau MA) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Konstitusi dan bebas dari pengaruh cabang-cabang kekuasaan lainnya. Mahkamah Agung membawahi badan peradilan dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, lingkungan peradilan tata usaha negara.

website mahkamah agung
Tampilan Website Mahkamah Agung

Mahkamah Agung memiliki wewenang:
Mahkamah Agung memutus permohonan kasasi terhadap putusan pengadilan tingkat banding atau tingkat terakhir dari semua lingkungan peradilan
Mahkamah Agung menguji peraturan secara materiil terhadap peraturan perundang-undangan dibawah Undang-undang
Melakukan pengawasan tertinggi terhadap penyelenggaraan peradilan di semua lingkungan peradilan dalam penyelenggaraan kekuasaan kehakiman

Mahkamah Agung terdiri dari Pimpinan Hakim Anggota, Kepaniteraan Mahkamah Agung, dan Sekretariat Mahkamah Agung. Pimpinan dan hakim anggota Mahkamah Agung adalah hakim agung. jumlah hakim agung paling banyak 60 (enam puluh) orang.

 

Kejaksaan Agung: www.kejaksaanagung.go.id

Gedung Kejaksaan Agung

     Kejaksaan Agung (disingkat Kejakgung atau Kejagung) adalah lembaga kejaksaan yang berkedudukan di ibu kota negara Indonesia dan daerah hukumnya meliputi wilayah kekuasaan negara Indonesia. Kejaksaan Agung, kejaksaan tinggi (berkedudukan di ibu kota provinsi dan daerah hukumnya meliputi wilayah provinsi) dan kejaksaan negeri (berkedudukan di ibu kota kabupaten/kota dan daerah hukumnya meliputi wilayah kabupaten/kota) merupakan kekuasaan negara khususnya di bidang penuntutan, di mana semuanya merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan.

website kejaksaan agung

Tampilan Website Kejaksaan Agung

Unsur pimpinan Kejaksaan Agung terdiri atas Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung, keduanya merupakan satu kesatuan.
Jaksa Agung (Jakgung) merupakan pejabat negara, pimpinan dan penanggung jawab tertinggi kejaksaan yang memimpin, mengendalikan pelaksanaan tugas, dan wewenang Kejaksaan Indonesia. Jaksa Agung diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Jaksa Agung Indonesia saat ini adalah Muhammad Prasetyo, yang menjabat sejak 20 November 2014.
Wakil Jaksa Agung diangkat dan diberhentikan oleh presiden atas usul Jaksa Agung, dan bertanggung jawab kepada Jaksa Agung.
Sedangkan unsur pembantu pimpinan adalah Jaksa Agung Muda dan Wakil Jaksa Agung Muda serta Badan Pendidikan dan Pelatihan. Terdapat 6 Jaksa Agung Muda dan 1 Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan

Tugas dan wewenang Jaksa Agung adalah:
Menetapkan serta mengendalikan kebijakan penegakan hukum dan keadilan dalam ruang lingkup tugas dan wewenang kejaksaan
Mengefektifkan proses penegakan hukum yang diberikan oleh Undang-Undang
Mengesampingkan perkara demi kepentingan umum
Mengajukan kasasi demi kepentingan hukum kepada Mahkamah Agung dalam perkara pidana, perdata, dan tata usaha negara
Dapat mengajukan pertimbangan teknis hukum kepada Mahkamah Agung dalam pemeriksaan kasasi perkara pidana;
Mencegah atau menangkal orang tertentu untuk masuk atau keluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia karena keterlibatannya dalam perkara pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan
Jaksa Agung memberikan izin kepada tersangka atau terdakwa untuk berobat atau menjalani perawatan di rumah sakit dalam negeri, kecuali dalam keadaan tertentu dapat dilakukan perawatan di luar negeri, atas rekomendasi dokter.

Demikian profil dari kedua lembaga peradilan yang ada di Indonesia yaitu Mahkamah Agung dan Kejaksaan Agung. Hendaknya Kita sebagai warga negara yang baik harus berperan serta dalam menegakan keadilan yang ada di Indonesia saat ini, tentunya dengan cara-cara yang Kita mampu. Sekedar informasi, di kedua website lembaga peradilan tersebut juga sudah terdapat sarana bagi Kita untuk melaporkan atau sekedar ikut memberi masukan bagi kedua lembaga. Untuk Mahkamah Agung bisa diakses di alamat link: Sistem Online Layanan Informasi dan Layanan Pengaduan. Sedangkan untuk Kejaksaan Agung dapat diakses di alamat link: Whistle Blowing System Kejaksaan Agung.

Semoga bermanfaat dan mohon koreksi apabila ada salah informasi mengenai postingan ini.

Jaya Terus Indonesiaku.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close