Top Menu

Sekitar 8 bulan yang lalu Saya berangkat ke Jogja untuk melaksanakan tes. Bukan sekedar tes biasa tentunya. Tes yang Saya ikuti adalah tes Paps UGM. Apa itu tes PAPs? PAPs merupakan kependekan dari Tes Potensi Akademik Pascasarjana. Dari namanya saja Kita bisa menyimpulkan, kalau tes PAPs ini diperuntukan untuk orang-orang yang akan melanjutkan studi S2 ataupun S3. Dan khusus PAPs yang tempo hari Saya ikuti, ni merupakan prasayarat masuk ke Pascasarjana Ilmu Komputer UGM.

Cara daftarnya cukup mudah, seperti halnya mendaftar tes-tes lain.  Pertama Kita membayar biaya tes, kalau pas Saya kemarin sekitar 125.000 lewat BNI secara host to host. Maksudnya host to host yaitu Kita membayar langsung ke teller yang ada di BNI terdekat, dan menyebutkan tujuan pembayarannya. Bilang saja ke tellernya, “mau daftar tes PAPs UGM”. Otomatis tellernya juga akan mengerti dan melakukan prosedur pembayarannya. Biasanya ada kode khusus yang disediakan oleh pihak BNI, yang nantinya dijadikan username waktu Kita akan mendaftar lewat situs paps.ugm.ac.id. Pembayaran tes juga tidak terpaku untuk tanggal tes tertentu. Misal Saya bayar tes bulan Januari, daftar untuk tes bulan-bulan berikutnya juga tidak masalah.

Nah setelah Kita selesai melakukan proses pembayaran, langkah selanjutnya adalah mendaftar di paps.ugm.ac.id. Tapi di langkah ini bisa dibilang gampang-gampang-susah. Kenapa Saya sebut begitu? Asal teman-teman tahu, tes PAPs UGM HANYA dilakukan 2 kali dalam sebulan. Yaitu setiap hari Selasa atau kamis (seringnya si 2 hari itu) dan antara tes satu dengan tes keduanya, berselang waktu 2 minggu. Jadi 2 minggu sekali tes PAPs dilakukan. Lebih hebatnya lagi, pendaftaran tes lewat paps.ugm.ac.id hanya disediakan waktu 3 hari, tapi pas jam pertama buka, biasanya kuota sudah langsung habis dalam hitungan jam. Oh ya, buat info tambahan juga, tes PAPs UGM juga ada kuotanya lho yaitu sekitar 200 peserta tiap kali tes. Kebetulan pas pendaftaran tes nya dibuka, posisi Saya sedang bekerja, tapi untung sebelumnya Saya minta tolong teman Saya yang bernama Nur Ichsan untuk mendaftarkan Saya ke tes PAPs tersebut.  Dan alkhamdulilah, Saya masih dapat kuota waktu itu tes tanggal 12 maret 2015 (Daftar tanggal 2 Maret 2015).

bukti pendaftaran PAPS

Lokasi tes PAPs UGM dilaksanakan di Fakultas Psikologi UGM yang letaknya di area UGM pusat. Gedungnya dekat dengan masjid UGM. Pas hari H Saya diantar teman ke lokasi tes nya. Kira-kira 30 menit sebelum tes dimulai Saya sudah sampai di lokasi. Yang menunggu juga sudah cukup banyak. Karena memang peserta diwajibkan datang ke lokasi tes 30 menit sebelum tes dimulai. Pas jam mendekati waktu tes, Saya bergegas ke ruangan. Tapi ternyata nama Saya tidak ada di kertas yang ditempel di papan pengumuman peserta. Saya sempat panik, Saya pikir Saya tidak terdaftar di tes waktu itu. Tapi coba Saya tanyakan ke salah satu pengawas, ternyata masih ada satu ruangan lagi yang digunakan untuk tes yaitu di lantai kedua. Jadi Saya langsung bergegas saja ke ruangan yang dimaksud. Dan ternyata benar, nama Saya tercatat di papan pengumuman yang ditempel di ruang tes 2 lantai 2 Fakultas Psikologi UGM.

Masuk ke dalam ruangan, peserta hampir memenuhi bangku yang ada. Artinya Saya salah satu yang sedikit telat. Saya duduk di bangku ke dua atau ketiga dari depan Saya lupa, persis di baris paling tengah ruangan. Saya duduk dan sempat berbincang dengan teman semeja Saya. Beliau sudah terdaftar sebagai mahasiswa pascasarja Teknik Elektro UGM dan katanya sudah masuk semester 4 waktu itu. Tapi kagetnya, kata beliau ini merupakan tes PAPs ke empatnya. Artinya, beliau belum pernah mencapai skor tes PAPs yang dikehendaki oleh pihak fakultas, waktu itu skor minimal PAPs beliau harus 450. Wah Saya sempat panik lagi mendengar hal itu, Saya berfikir kira-kira bisa ngga ya, jujur soalnya Saya tanpa persiapan untuk tes PAPs waktu itu. But, nothing to lose lah. Bismilah saja.

Untuk Materi tes nya:

Tes kemampuan verbal
Tes kemampuan kuantitatif
Tes kemampuan penalaran

Total jumlah soal Saya lupa berapa, dikerjakan dalam waktu 2 jam. Tes nya juga cukup tepat waktu, jadi waktu itu dimulai jam 8 pagi, jam 10 juga sudah selesai. Mungkin karena panitia memang sudah terbiasa dengan pelaksanaan tes nya.  Menurut Saya pribadi tes PAPs ini salah satu tes psikologi tersulit yang pernah Saya lakukan, walaupun masih kalah memusingkan dibanding tes OJK yang Saya ikuti 2013 lalu.

Nah untuk Hasilnya bisa Kita ketahui sekitar 10 hari kerja, terhitung dari pelaksanaan tes . Dan alkhamdulilah di tes PAPs UGM ini Saya dapat skor yang cukup sebagai syarat masuk ke pascasarjana UGM. Tapi jujur Saya penasaran dengan bapak teman semeja Saya, apakah beliau juga mendapat nilai yang cukup. Karena setelah tes berakhir Saya tidak sempat berbincang lagi dengan beliau. Saya doakan yang terbaik untuk beliau.

Sertifikat PAPs

Hasilnya alkhamdulilah cukup memuaskan, walaupun masih banyak yang lebih tinggi, tapi bisa mencapai minimal batas yang dipersyaratkan juga sudah bagus. Apalagi ini tes pertama Saya untuk PAPs UGM.

Semoga bermanfaat buat teman-teman di luar sana yang juga berniat mengikuti tes PAPs.

Catatan Tambahan:
Login daftar : menggunakan tanggal lahir dengan format ddmmyyyy
Password daftar : dapat dilihat di slip pembayaran BNI
Peserta harus mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang diperolehnya pada saat pendaftaran online dan tidak bisa berganti sesi atau jadwal.
Peserta wajib membawa pensil 2B dan karet penghapus
Peserta wajib membawa Kartu Tes (Kartu Peserta & Album Panitia yang sudah ditempeli foto berwarna 3×4)
Peserta wajib membawa Kartu Identitas (KTP/SIM/Paspor) yang digunakan waktu mendaftar untuk keperluan identifikasi pada saat tes
Peserta yang tidak membawa Kartu Tes maupun Kartu Identitas tidak diperbolehkan mengikuti tes dan pembayaran dinyatakan hangus
Peserta yang terlambat dan soal tes sudah dibagikan, maka peserta tidak diperbolehkan mengikuti tes dan pembayaran dinyatakan hangus
Sertifikat hasil tes PAPs dapat diambil di UPAP (Fak. Psikologi UGM Gedung C lt.1) dengan membawa Kartu Peserta Tes paling lama 3 (tiga) bulan terhitung dari pelaksanaan tes
Sertifikat hasil tes PAPs yang tidak diambil lebih dari 3 bulan akan dihancurkan

Jadwal Tes Paps UGM 2017 dapa dilihat di link berikut: Jadwal Tes Paps UGM

About The Author

30 Comments

  1. Mas, itu tes nya kapan y? trs syarat lulusnya harus brp?

    • bulan maret kemarin mas. Klo susah engga nya, sebenernya tergantung fakultas yang dituju itu minimal harus berapa sebagai syarat pendaftaran mahasiswa baru di fakultas tersebut. Misal, di fakultas yang saya tuju, minimal skor paps 500, karena saya dapat 526 jadi Saya bisa dikatakan lulus. Begitu

  2. sep, super sekali.
    soalnya susah-susah gak mas? hehe

  3. oh gitu, website daftarnya kemana y mas?

  4. super sekali mas, makasih infonya. doain y moga lolos sayanya, hehe

  5. kalau saya lulus dengan score 590 gara2 nemu web pelatihanpaps.com akhirnya minta bantuan ke progresstraining belajar sabtu, minggu jam 15.00-17.00

  6. mas saya juga mau lnjut di ilmu komputer s2. yg sya mau tnykn kira” dari yang ikut pra s2nya itu brp yg ktrima?

  7. Keren mas, info yg sangat membantu

  8. Lagi cari info dan tips trik ikut PaPS nih. Tfs.

  9. Ya susah banget Tesnya. Tapi syukur alhamdulillah bisa lolos. ikut pelatihan di lpk efac

  10. jazakumullah khairan katsira mas.

  11. oh iya mas. sya mau nanya nih. masnya msh punya materi” pra s2 ilkom?

  12. Mas, dulu bayar biaya pendaftaranya di bank BNI cabang mana,? ??Apa harus cabang UGM ?
    Tadi saya coba di bank BNI Jakarta Timur, tapi gak bisa. Katanya nomo tujuannya harusnya ada 10 digit
    tapi kan di websitenya cuma ngasih tau kode pembayarannya 4040. Mohon infonya ya mas,,

    • Klo dlu sy byar jg di luar jogja mba,dulu di bni cabang Unsoed Purwokerto. Dlu sy tinggl bilang ke teller bni nya mau byar paps ugm lngsng tau mba tellernya. Klo saran sy si byar di cbng bni dket kampus negeri.

  13. Senang sekali ya bisa diterima di pascasarjana ugm. Tes paps ini apakah wajib diikuti oleh semua calon pendaftar pascasarjana?

    • Wajib, tpi tiap fakultas berbeda dlm menentukn skor minimal persyaratannya.

    • Kalau PAPs sih sbnrx wajib… tapi gak mesti ngambil PAPs juga, kalau mbak nya pernah Tes TPA dan diatas 500 , mbak bisa lampirkan itu sebagai pengganti PAPs,

      cuma kebanyakan calon mahasiswa ngambil PAPs karena murah dan menurut saya soal soalnya tidak terlalu sulit dibandingkan Tes TPA Bappenas dll.
      Semoga sukses

  14. Mas skor test paps 500 itu untuk jurusan apa ya kalo boleh saya tau ? Soalnya saya baca2 mulai taun 2014 semua skor paps dan acept 450 .. Terimakasih infonya

  15. Mas saya rencana mau mendaftar PPAs
    Saya dari Cilacap dan rencana mau ngelaju
    Untuk mengambil sesi yg jam 8 sepertinya terlalu pagi
    Saya mau tanya mas , untuk sesi kedua dimulainya jam berapa mas?
    Terimakasih 🙂

  16. Kalau dibandingkan dengan TPA Bapennas, PAPs UGM lebih sulit atau lebih mudah ya Mas? Apakah skor PAPs cukup bisa menggambarkan nilai TPA yg lain?
    Saya bermaksud mendaftarkan di sebuah PT yang mensyaratkan score TPA 550, sayangnya testnya diselenggarakan di perguruan tinggi tsb, jadi saya tidak bisa test sendiri dengan beberapa kali coba lalu melampirkan sertifikat TPA saat skor telah terpenuhi.
    Sementara saya belum pernah tes TPA, apakah PAPs cukup bisa menggambarkan test TPA pada umumnya? Karena kalo untuk coba2 dan tahu posisi kita, sejauh mana harus ngejar, PAPs cukup murah (150rb) dibanding Bappenas yang 350… Mohon pencerahan…

    • Kalau Saya sndri juga blm pernah TPA Bapenas, tapi kalau namanya TPA baik Paps ato yg lain untuk komposisi tes kemungkinan tidak jauh berbeda. Mungkin untk jumlah soal ato tingkat kesulitan yg bakal dibedakan, jadi secara keseluruhan Paps juga sdh menggambarkan TPA yg ada skg. Memang nilai tambahan klo ikt yg Bapenas bisa dipakai disemua institusi ataupun keperluan karena sifatny lbh umum. Begitu kira kira menurut Saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close