Top Menu

Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).

Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang, (http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data_Oracle).

Melakukan penginstalan Oracle ini sama prosedurnya dengan menginstal software manajemen basis data pada umumnya, terutama di sistem operasi Windows. Oracle dapat beroperasi di windows XP, Vista dan 7 serta dapat pula beroperasi di sistem operasi selain Windows, seperti Linux bahkan pada beberapa distro Linux. Oracle dibanding dengan aplikasi manajemen database lainnya seperti MySQL dan SQL Lite lebih memakan banyak memory penyimpanan. Di Windows 7 yang Saya instal Oracle ini, sekitar 1,1 Giga byte terpakai untuk memorinya.

Setelah Kita melakukan penginstalan, Kita dapat menggunakan Oracle Database 10g Express Edition atau lebih dikenal dengan nama Oracle XE untuk berbagai aktivitas manajemen basis data.

Nah kali ini Saya akan sedikit memberikan guide untuk hal-hal yang paling dasar yang berupa Mini Tutorial

Topik yang akan diangkat di mini tutorial adalah tentang :

  1. Logging in as the Database Administrator

  2. Unlocking the Sample User Account

  3. Logging in as the Sample User Account

  4. Creating a Simple Application

  5. Running Your New Application

Tutorialnya dapat didownload di Mini Tutorial Oracle Database 10g Express Edition

Software Oracle XE nya juga dapat didownload di http://www.oracle.com/technetwork/indexes/downloads/index.html

Semoga bisa sedikit bermanfaat bagi semua.

Terima kasih

By Penulis.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close