Top Menu

     Menjadi jutawan atau bahkan miliarder adalah mimpi bagi setiap manusia apalagi bisa terjadi di usia muda. Namun banyak yang salah menurut Saya, karena menjadi miliarder itu bukan mimpi tapi hadiah setelah Kita melakukan hal secara maksimal dan berhasil tentunya. Tapi saat ini dunia menawarkan hal-hal baru yang bisa Kita kembangkan potensinya untuk menjadikan Kita sukses. Di luar menjadi artis atau public figur, Startup saat ini adalah salah satu jalannya. Dengan mendirikan startup dan menjadikannya sukses bukan mustahil Kita akan menjadi miliarder seperti startup dan orang dibaliknya yang akan Saya bahas di bawah ini:

Airbnb (www.airbnb.co.id)

airbnb agusdar

Didirikan pada Agustus 2008 dan berbasis di San Francisco, California, Airbnb adalah komunitas pemasaran yang tepercaya bagi orang-orang yang ingin mengiklankan, menemukan, juga memesan berbagai akomodasi unik di seluruh dunia – secara online, lewat ponsel atau tablet.

Baik apartemen untuk semalam, ataupun puri selama seminggu, atau vila selama sebulan, Airbnb menghubungkan orang-orang ke berbagai pengalaman wisata yang unik, dengan harga berapa pun, di lebih dari 34,000 kota dan 191 negara. Dan dengan layanan pelanggan kelas dunia serta komunitas pengguna yang senantiasa berkembang, Airbnb merupakan cara termudah bagi orang-orang untuk memperoleh penghasilan dari ruang ekstra mereka atau menampilkannya ke hadapan jutaan orang. Saat ini sudah lebih dari 191 negara yang terdaftar di airbnb dengan lebih dari 60 juta tamu dari seluruh dunia.

Berikut adalah nama-nama anak muda yang menjadi miliarder karena Airbnb:

Joe Gebbia

Joe Gebbia

     adalah salah seorang pendiri dan CPO Airbnb. Ia bertindak sebagai staf Dewan Direksi dan Eksekutif. Ia bertindak sebagai staf Dewan Direksi dan Eksekutif. Merupakan seorang wiraswasta sejak di usia muda, layanan terobosan Airbnb dimulai dari apartemennya di San Francisco, yang kemudian menyebar menjadi 2.000.000 tempat di lebih dari 191 negara, menghadirkan ekonomi baru bagi ribuan orang di seluruh dunia. Ia terlibat dalam pembentukan budaya perusahaan, mengatur estetika rancangan, dan menciptakan peluang masa depan yang berkembang. Joe sudah berbicara ke seluruh dunia mengenai kewirausahaan dan desain, dan telah menerima sejumlah penghargaan seperti 30 under 30 dari majalah Inc dan 40 under 40 dari majalah Fortune. Kecintaannya yang teramat besar pada seni dan desain membawanya ke Rhode Island School of Design (RISD), di sini ia mendapatkan gelar ganda di bidang Desain Grafis dan Desain Industri. Gebbia kini berperan dalam Dewan Komisaris institusi ini. Menurut data dari WealthX, kekayaan Joe Gebbia mencapai $3 Milyar. Wow

Brian Chesky

Brian Chesky

     adalah pendiri dan CEO Airbnb. Dia menggerakkan visi, strategi dan pertumbuhan perusahaan sehingga orang-orang bisa berwisata dengan cara yang menarik juga unik, serta memberikan perubahan hidup terhadap komunitas Airbnb.Di bawah kepemimpinan Brian, Airbnb berada di posisi terdepan dalam bisnis berlatar ekonomi berbagi ini, dan telah berkembang hingga lebih dari 2.000.000 tempat sewa di 191 negara. Brian bertemu dengan pendiri lainnya, Joe Gebbia, di Rhode Island School of Design (RISD), tempat ia meraih gelar Bachelor of Fine Arts di bidang Desain Industri. Menurut data dari WealthX, kekayaan Brian Chesky juga mencapai $3 Milyar. Wow juga

Nathan Blecharczyk

Nathan Blecharczyk

     adalah pendiri dan CTO Airbnb. Dia mengawasi strategi teknis perusahaan, dan berdedikasi membangun suatu tim teknisi kelas dunia yang memastikan Airbnb tetap berada di garis depan industri ini. Nathan menjadi seorang pengusaha di usia dini dengan menjalankan bisnis sejak bangku SMA. Bisnisnya memiliki klien di lebih dari 20 negara. Dia meraih gelar di bidang Ilmu Komputer dari Universitas Harvard dan menjabat beberapa posisi teknik di Microsoft, OPNET Technologies dan Batiq sebelum menjadi salah satu pendiri Airbnb. Menurut data dari WealthX, kekayaan Nathan Blecharczyk juga sama dengan dua temannya yaitu mencapai $3 Milyar. Wow wow wow

Spotify (www.spotify.com/id)

spotify agusdar

Spotify adalah streaming musik komersial, podcast, dan layanan video Swedia yang memberikan hak digital konten yang dilindungi dari label rekaman dan perusahaan media. Spotify tersedia di sebagian besar Amerika, Eropa Barat, dan Oceania. Musik dapat diakses atau dicari menurut kategori artis, album, genre, playlist, atau label rekaman.

Spotify beroperasi dengan model bisnis freemium, yaitu model bisnis dengan dua tingkatan streaming musik: Spotify Gratis dan Spotify Premium. Manfaat langganan Premium dibanding Gratis yaitu antara lain penghapusan iklan, peningkatan kualitas audio, dan pengguna dapat men-download musik ke perangkat mereka untuk mendengarkan secara offline.

Spotify pertama kali diluncurkan pada September 2008 oleh startup Swedia yang bernama Spotify AB. Pada Juni 2015 Spotify memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif. Jumlah pelanggan Premium mencapai 30 juta per Maret 2016. Spotify Ltd beroperasi sebagai perusahaan induk, yang berkantor pusat di London, sementara Spotify AB menangani penelitian dan pengembangan di Stockholm.

Dengan Spotify, pengguna akan mudah menemukan musik yang tepat untuk setiap momen di ponsel, di komputer, di tablet, dan lainnya. Ada jutaan track tersedia di Spotify. Jadi, baik pengguna sedang berolahraga, berpesta atau bersantai, musik yang tepat selalu siap di jari pengguna. Pengguna juga dapat menelusuri koleksi musik teman, artis dan selebriti, atau memilih stasiun radio dan langsung bersantai menikmatinya.

Ini dia nama dibalik suksesnya Spotify yang menjadikan dirinya sebagai miliarder muda:

Daniel Ek

Daniel Ek

     Spotify dikembangkan pada tahun 2006 oleh sebuah tim di Spotify AB, di Stockholm, Swedia. Perusahaan ini didirikan oleh Daniel Ek, mantan CTO dari Stardoll, dan Martin Lorentzon, co-founder TradeDoubler. Startup inilah yang menjadikan Daniel Ek sebagai salah satu miliarder di umurnya yang belum 35 tahun. Kekayaan Daniel Ek saat ini diyakini mencapai  £1,09 milyar.

 

Theranos (www.theranos.com)

theranos agusdar

Theranos adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi kesehatan dan jasa medis/laboratorium yang merupakan perusahaan Amerika dan berbasis di Palo Alto, California.

Theranos mengembangkan perangkat tes darah bernama Edison. Theranos mengatakan perangkat ini akan menggunakan beberapa tetes darah yang diperoleh melalui jari-stick, bukan kantong darah yang diperoleh melalui fungsi vena tradisional, memanfaatkan teknologi mikrofluida. Pada musim panas 2014, pendirinya telah mendapatkan lebih dari $ 400 juta dari investor, dengan nilai taksir perusahaan mencapai $ 9 milyar.

Pada 2015, kontroversi seputar proses pengujian darah Theranos muncul setelah sebuah laporan di The Wall Street Journal mengangkat kekhawatiran tentang akurasi perangkat Edisonnya. Namun diluar itu Theranos sudah membuat terobosan baru pada teknologi manusia yang menjadikan pendirinya, Elizabeth Holmes sebagai jutawan muda.

Kali ini ada nama cewek yang menjadi kunci sukses dibalik Theranos, dan menjadikan dirinya menjadi miliarder muda dari kaum cewek:

Elizabeth Holmes

Elizabeth Holmes

     Elizabeth Holmes adalah wanita termuda yang berhasil menjadikan dirinya miliarder. Wanita 32 tahun tersebut sukses lewat inovasi yang dia kembangkan. Pada tahun 2003, sebagai mahasiswa Stanford, dia mendirika Theranos. Perusahaan asal Palo Alto tersebut masuk ke bisnis kesehatan, yakni cek darah. Usaha ini menyaingi bisnis yang dijalankan oleh perusahaan raksasa Laboratory Corp of America dan Quest Diagnostic. Holmes sendiri memegang 50 persen saham Theranos. Hal ini Menurut data dari WealthX membuatnya mengantongi kekayaan sebesar USD4,5 miliar.

 Di luar sana masih banyak orang-orang hebat seperti mereka yang pandai melihat peluang dan membuat inovasi yang bermanfaat luas tentunya serta menjadikan orang-orang hebat tersebut menjadi miliader. Karena saat ini siapapun, tidak peduli usia, suku, agama, ras dan gender bisa meraih sukses terutama di bidang bisnis startup. Memang tidak mudah, tapi patut untuk diperjuangkan. Semoga bisa memberi inspirasi bagi para pembaca dan diri Saya sendiri khususnya.

Salam sukses dan maju terus Indonesia.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close