Top Menu

Mengelola sebuah bisnis afiliasi termasuk Lazada itu tidak sesulit yang dipikirkan. Pada postingan ini Saya akan menjelaskan bagaimana mengelola afiliasi lazada tersebut (Yang belum membaca bagaimana cara daftarnya, silahkan baca di Membangun Bisnis Afilisasi Lazada bagian 1). Tentunya terlebih dahulu proses pengajuan pendaftaran Kita sebelumnya sudah disetujui oleh Tim Lazada. Saya pribadi, sekitar 4 hari dari hari daftar baru dikirim email persetujuan bergabung. Nah setelah disetujui terus bagaimana? Apa komisi akan masuk ke kantong Kita begitu saja? Tentu saja tidak. Langkah selanjutnya adalah mengelola akun afiliasi Lazada Kita. Maksud Saya mengelola disini adalah membuat/memasang baner iklan ke blog/website, memilih iklan yang akan ditampilkan dan tentunya memilih cara bayar Kita (Cara Kita menerima komisi dari Lazada). Bagaimana caranya?

Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk memulai bisnis afiliasi dengan Lazada:

1. Buka link website afiliasi Lazada di alamat www.lazada.hasoffers.com

Afiliasi Lazada 1

2. Setelah login dengan email dan password seperti pada proses pendaftaran, maka halaman pertama yang akan muncul adalah halaman dashboard. Di halaman dashboard, selain ada menu dashboard tentunya, juga ada menu My Account, Offers, Resport, Tools, search dan menu lainnya yang akan tampak pada sebelah kiri layar tampilan.

Afiliasi Lazada 2

3. Apabila informasi tentang akun kita dirasa kurang lengkap, kita dapat melengkapinya di My Account => Account Details.

Afiliasi Lazada 3

4. Nah ini dia bagian terpenting setiap membangun bisnis internet marketing afiliasi. Memilih cara bayar Kita, bisa diakses di menu My Account => Billing. Akan ada beberapa pilihan cara pembayaran seperti paypal dan wire. Karena Saya pribadi memilih wire, maka harus melengkapi data akun rekening Bank Saya. Data yang harus diisi antara lain: Nama pemilik rekening, Nama Bank, Nomor Swift Bank (Silahkan teman-teman lihat di alamat www.theswiftcodes.com/indonesia untuk mengetahui nomor swift masing-masing bank di Indonesia karena tiap bank berbeda nomor swiftnya) dan tentunya nomor rekening bank Kita. Setelah semua terisi dengan benar, klik Apply.

Afiliasi Lazada 4

5. Langkah selanjutnya adalah memilih iklan yang akan Kita pasang. Pilih menu Offers => Browse/Search untuk memilih iklan, misal Saya memilih iklan HP seperti gambar di bawah ini. Klik judul/nama iklan tersebut. Sebagai catatan, di tampilan ini Kita akan dihadapkan dengan berbagai macam iklan/penawaran yang ada di Lazada. Jumlahnya mencapai ribuan iklan, jadi silahkan memilih menurut selera dan jumlah Payout yang akan diterima.

Afiliasi Lazada 5.1

Di saat yang sama, masuk ke dalam menu dashboard blog Kita, pilih menu Widget lalu klik.

Afiliasi Lazada 5.2

6. Kembali ke halaman akun Lazada, setelah kita memilih iklan tadi maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Pada halaman ini akan menampilkan keterangan dari iklan yang barusan Saya pilih seperti foto produk, harga produk dan batas akhir penawaran produk.

Afiliasi Lazada 6.1

Pada bagian bawah halaman, akan muncul pilihan ukuran banner iklan yang akan Kita pasang. Jumlah ukurannya bervariasi dari yang berbentuk header, horizontal, vertikal maupun banner ukuran kotak. Misal di sini Saya memilih ukuran dengan dimensi 300×250 yang cenderung kotak.

Afiliasi Lazada 6.2

7. Setelah diklik linknya, akan muncul preview dari banner iklan yang akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini.

Afiliasi Lazada 7.1

Setelah yakin dengan ukuran banner yang akan dipilih, klik Get Code maka akan muncul skrip kode iklan yang tadi dipilih. Blok semua skrip kodenya (Saran saya CTRL+A).

Afiliasi Lazada 7.2

8. Pastekan pada Widget Text seperti pada gambar di bawah ini. Setelah terpasang skrip iklan tadi, jangan lupa klik save.

Afiliasi Lazada 8

9. Hasilnya bisa Kita lihat pada homepage blog kita seperti punya Saya di bawah ini:

Afiliasi Lazada 9

Sampai di sini ada yang masih bingung? untuk sederhananya langkah memasang iklan memang cukup seperti di atas. Tapi di Halaman admin Afiliasi Lazada sebenarnya masih banyak hal yang bisa Kita lakukan, Hal apa saja? mungkin akan Saya bahas di postingan-postingan selanjutnya. Nah, sekarang kita tinggal duduk manis sambil berharap ada yang mengklik iklan Lazada yang sudah dipasang tadi, dan bertransaksi (Membeli produknya) sehingga komisi otomatis mengalir ke rekening Kita.

Tapi ingat, tetap rajin mengisi blog/website dengan konten yang orginal dan bermanfaat sehingga pengunjung blog akan semakin banyak dan kemungkinan terjadi transaksi lewat banner Lazada yang Kita pasang akan semakin besar.

Salam sukses dan semoga bermanfaat.

About The Author

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close