Top Menu

Affiliate Marketing atau program afiliasi adalah sebuah program dimana Kita membantu menjual produk orang lain, dan Kita akan mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut. Program afiliasi dewasa ini menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang Kita buat. Bagaimana caranya? sebelum membahas caranya, tentu saja ada prasyarat agar Kita dapat membuat program afiliasi tersebut ke dalam blog kita. Syaratnya adalah Kita harus punya blog dan terdaftar sebagai member di program afiliasi yang akan Kita bangun.

Macam produk afiliasi yang ada saat ini:

  1. Produk jadi/barang jadi, seperti peralatan elektronik dan gadget, pakaian, makanan, kendaraan dan lainnya.
  2. Produk software/perangkat lunak, baik berupa program aplikasi siap pakai, e-book, tutorial yang membahas berbagai macam bidang keilmuan.

Bahkan menurut Saya pribadi, hampir semua produk yang ada di dunia saat ini bisa Kita jadikan produk afiliasi yang tentunya tergantung pada situs afiliasi yang menawarkan. Situs program afiliasi yang familiar saat ini seperti Amazon.com merupakan  situs program afiliasi terbesar di dunia. Indonesia juga mempunyai situs program afiliasi segala macam produk seperti halnya amazon, yaitu lazada.co.id. Lazada, merupakan sebuah on-line shoping yang menawarkan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari. Selain sebagai on-line shop, lazada juga menawarkan program afiliasi yang dapat diakses di alamat lazada.hasoffers.com.

Selain produk kebutuhan sehari-hari, software/perangkat lunak juga umum ditawarkan untuk program afiliasi. Situs yang paling dikenal di Indonesia saat ini sebagai situs program afiliasi perangkat lunak adalah Ratakan.com. Komisi yang ditawarkan oleh Ratakan.com juga terbilang cukup tinggi. Bahkan ada sampai 50% dari harga jual produknya. Misalkan harga produk 1.000.000 rupiah, kalau ada pengunjung blog Kita membeli produk dari Ratakan.com setelah mengklik iklan yang ada di blog kita, maka Kita akan mendaptakan 50% x 1.000.000 = 500.000 rupiah yang akan otomatis masuk ke rekening yang sudah kita daftarkan ketika Kita mendaftar akun di Ratakan.com.

Tertarik?? Bagaimana caranya?? silahkan simak caranya di bawah ini

1. Masuk ke alamat situs Ratakan.com

ratakan.com 1

2. Login dengan cara memasukan email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

ratakan.com 2

3. Pada halaman beranda, pilih menu “Affiliate”, kemudian pilih “Alat Promosi Affiliate” lalu klik.

ratakan.com 3

4. Akan tampil halaman yang sudah Kita pilih. Halaman berisi Banner Promosi dan Link Affiliate dari semua produk yang ada di Ratakan.com. Banner Promosi dan Link Affiliate yang tersedia berisi kode HTML yang nantinya Kita copy ke blog Kita. Caranya, pilih salah satu link lalu klik.

ratakan.com 4

5. Muncul seperti gambar di bawah ini. Kita akan diberikan beberapa pilihan banner promosi dari produk yang sudah kita pilih. Yang membedakan hanyalah ukuran bannernya saja, pilihlah sesuai ruang banner yang ada di blog Kita. Setelah pilih salah satu, kemudian Kita klik Kode HTML (Tulisan berwarna biru) dan muncul kode HTML banner tersebut. Blok semua dan kemudian copy.

ratakan.com 5

6. Pada menu beranda blog Kita, pilih menu “Tampilan” kemudian “Widget” lalu klik.

ratakan.com 6

7. Setelah muncul halaman widget, pilih widget “Teks”. Di teks, pastekan kode HTML dari banner yang sudah Kita copy tadi. Kita juga dapat memberi judul dari banner yang akan Kita tampilkan.

ratakan.com 7

8. Hasilnya silahkan lihat tampilan homepage blog Kita, seperti di bawah ini

ratakan.com 8

Semakin banyak pengunjung blog Kita, maka kemungkinan terjadinya transaksi juga semakin besar. Jadi siap-siap saja mendapatkan banyak komisi tak terduga dari blog Kita. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat

About The Author

2 Comments

  1. affiliasi ratakan terdengar sangat menjanjikan karena diulas di banyak blog.. jadi tertarik bergabung dengan ratakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close