Top Menu

     Dota merupakan game berbasis PC dengan genre multiplayer online battle arena (MOBA). Dan disebut-sebut sebagai game terbaik dunia saat ini terutama di pasar game online. Bagaimana tidak? Pemain Dota sekarang yang aktif mencapai jutaan bahkan tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal yang berkaitan dengan game yang satu ini juga selalu laris manis. Lihat saja di youtube, banyak chanel menayangkan video battle dari Dota. Dan jumlah pengunjung yang subscribe maupun sebagai viewer jumlahnya cukup banyak terutama di chanel khusus tentang Dota. Masih kurang yakin, tengok saja The International 2016 bulan Agustus kemaren. Ajang turnamen Dota terbesar dunia yang berlangsung di USA itu berhadiah total sampai 20 juta dollar Amerika. Merupakan turnamen game dengan hadiah paling besar di dunia, mengalahkan turnamen game lainnya bahkan hampir mengalahkan total hadiah turnamen sekelas Liga Champions Eropa. Lalu kenapa si Dota bisa semenarik itu? Salah satu alasannya karena battle yang ada di Dota cukup bervariasi pilihannya. Apa saja macam battle di Dota yang ada saat ini, ini dia ulasannya:

1. Practice With Bots

macam-battle-dota-2

Latihan bersama “komputer”. Mode battle pertama yang ada di opsi ini adalah battle melawan komputer (Boot). Battle 5 vs 5 ini terdiri dari 2 pilihan, yaitu Solo dan Co-Op. Maksud Solo disini, Kita akan bertarung bersama 4 hero yang dikendalikan komputer dan melawan 5 hero komputer lainnya. Sedangkan untuk Co-op, Kita akan bertarung bersama player Dota lainnya melawan 5 hero komputer tentunya. Untuk pilihan level kesulitan, disediakan 5 level, yaitu Passive, Easy, Normal, Hard dan Unfair. Ada yang sudah pernah menang melawan Unfair?

2. Practice 1v1

macam-battle-dota-3

Mode kedua yang ada di Dota adalah practice 1 v 1. Berbeda dengan mode battle lainnya yang selalu menggunakan 5 hero melawan 5 hero, practice 1v1 hanya memperbolehkan 1 hero melawan 1 hero lainnya sebagai musuh. Hero di sini juga sepenuhnya dikendalikan oleh player, baik Kita maupun lawan Kita. Uniknya, karena hanya 1 melawan 1, map yang digunakanpun terbatas. Hanya Midlane yang digunakan sebagai arena bertanding. Game akan selesai apabila tower pertama yang ada di midlane musuh hancur.

3. Ranked Match

macam-battle-dota-4

Mode berikutnya adalah Ranked Match. Battle ini terdiri dari 3 pilihan mode battle, yaitu Ranked All Pick, Captains Mode dan Random Draft. Khusus mode battle ini, apabila Kita dan tim Kita menang, Kita akan memperoleh poin MMR. Sebaliknya, apabila Kita dan tim Kita kalah, Kita akan terkena hukuman yaitu pengurangan poin MMR. Lalu apa pentingnya MMR? Bisa dibilang semakin sering Kita menang, maka level Dota Kita juga akan semakin tinggi. Nah yang pasti, MMR juga menggambarkan seberapa Pro Kita bermain Dota. Karena yang disebut pro di Dota biasanya mempunyai nilai MMR yang tinggi.

4. Normal Match

macam-battle-dota-5

Mode battle yang terakhir adalah Normal Match. Battle ini paling banyak pilihan mode battlenya,  yaitu All Pick, Single Draft, Captains Mode, Random Draft, Ability Draft, Least Played, All Random, Captain Draft dan All Random Death Match. Setiap pilihan mode mempunyai keseruannya sendiri. Seperti Captains Mode, untuk proses memilih hero, hanya akan ditentukan oleh 1 player saja yang dipilih secara random. Jadi Kita bisa saja mendapatkan hero yang memang tidak biasa Kita mainkan. Aatu malah Kita bertugas sebagai Captain yang berhak memilih semua hero yang akan digunakan Kita termasuk player lain. Dan tenang saja, untuk mode Normal Match, walaupun setiap pertandingan Kita kalah, tetapi tidak akan mendapatkan hukuman pengurangan poin MMR.

macam-battle-dota-6

Itu dia alasan kenapa Dota begitu menarik dan seru untuk dimainkan. Selain mode Practice 1v1, Kita juga dapat bermain Party dengan teman Kita. Tetapi apabila Kita keluar pada saat battle sedang berlangsung, Kita akan terkena hukuman. Tiap mode mungkin berbeda hukumannya, seperti diharuskan bermain 1 mode selama beberapa mode berturut-turut atau tidak bisa Play Battle selama beberapa jam kedepan. Hukuman yang seperti ini berlaku untuk semua mode.

Selamat Bermain…

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close