Top Menu

     Universitas merupakan sarana pendidikan yang menyediakan segala proses kegiatan belajar mengajar, penelitian, publikasi ilmiah dan proses pendidikan lainnya. Sudah hal yang wajar apabila pihak universitas juga memberi perhatian lebih kepada mahasiswanya kelak jika sudah lulus akan berkarir dimana. Universitas Negeri yang notabene kampus favorit bagi calon mahasiswa sebagian saat ini sudah mempunyai lembaga pengembangan karir bagi mahasiswa maupun masyarakat umum yang berkeinginan memasuki dunia kerja. Di lembaga pengembangan karir, mahasiswa akan diberikan informasi, ketrampilan, pendidikan maupun wawasan tambahan yang bahkan mungkin tidak didapatkan di mata kuliah selama perkuliahan. Dari sekian banyak universitas negeri, AgusDar.com merangkum empat pusat pengembangan karir yang ada di universitas negeri Indonesia. Berikut ulasannya:

Universitas Gadjah Mada

     ECC UGM merupakan pusat informasi dan pengembangan karir terpercaya berbasis layanan online (ecc.ft.ugm.ac.id), yang berada langsung di bawah Fakultas UGM. Kantor Graha Karir ECC UGM: Jln. Krasak (Barat) No. 20 Yogyakarta. 55224

     Hari Kerja ECC UGM dimulai pada Senin – Kamis pukul 08.00 – 16.00 WIB dan Jumat pukul 08.00 – 15.00 WIB. ECC UGM terbuka untuk semua perusahaan (employer) dari berbagai bidang dan semua rekan-rekan calon karyawan (jobseeker) dari semua disiplin ilmu dan universitas, tidak hanya dari Fakultas Teknik dan tidak hanya dari UGM. Banyak lowongan dibuka untuk semua jurusan. ECC UGM hanya menjadi perantara antara perusahaan (employer) dengan calon karyawan (jobseeker). Shortlist kandidat sepenuhnya wewenang perusahaan yang dilamar. Namun jika perusahaan meminta HR ECC UGM untuk membantu dalam proses rekrutmen, wewenang ECC UGM hanya berada sampai psikotes.

Alamat Website: www.ecc.ft.ugm.ac.id

Universitas Indonesia

     Universitas Indonesia sejak tahun 2005 telah membentuk Career Development Centre (CDC-UI) sebagai wadah pengembangan kualitas SDM untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai. CDC-UI bertujuan menjadi mediator yang baik antara para pencari kerja dengan perusahaan/instansi/industri yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Berdiri di bawah Direktorat Hubungan Alumni UI, saat ini CDC-UI dikepalai oleh Sandra Fikawati, drg, MPH. CDC-UI mempunyai dua klien utama yaitu lulusan/mahasiswa tingkat akhir (UI maupun non UI) dan perusahaan/instansi/industri. Saat ini anggota lulusan/ mahasiswa berjumlah sekitar 5000 orang dan anggota perusahaan berjumlah sekitar 300 perusahaan.

Alamat Website: www.cdc.ui.ac.id

Universitas Diponogoro

     Undip Career Center, merupakan lembaga persiapan dan pengembangan karir, yang berkerja secara profesional dan modern, didukung oleh para tenaga ahli, para profesional, praktisi di berbagai bidang dan kalangan akademisi yang bertujuan mewujudkan suatu sistem dan pengelolaan karir yang efisien dan efektif.

     UCC dipimpin oleh seorang Head, yang secara langsung membawahi Head of Program dan Head of IT and Marcomm. Head bertugas memimpin dan mengembangkan lembaga, Head of Program bertugas mengatur dan memimpin jalannya program, layanan serta kegiatan. Sedangkan Head of IT and MarComm bertugas mengelola seluruh layanan dan infrastruktur IT serta kegiatan marketing dan komunikasi.

Alamat Website: www.career.undip.ac.id

Institut Teknologi Bandung

     ITB Career Center memberi layanan karir bagi mahasiswa/alumni ITB dan perguruan tinggi lainnya, melalui info lowongan kerja, magang, tips, konseling karir, serta menyelenggarakan Integrated Career Days dua kali setiap tahunnya. ITB Career Center juga menjembatani para experienced jobseeker dan pihak perusahaan dalam memenuhi kebutuhan tenaga profesional.

     Di sisi lain, ITB Career Center memberikan layanan publikasi iklan lowongan kerja dan rekrutmen SDM bagi perusahaan, melalui fasilitas rekrutmen daring (online), penyelenggaraan rekrutmen kampus, presentasi profil perusahaan, company branding, serta career days khusus bagi perusahaan.

Alamat Website: www.karir.itb.ac.id

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close