Top Menu

Semakin berkembangnya era informasi dan teknologi, semakin canggih pula cara melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan. Di postingan kali ini Saya akan mencontohkan cara “Apply” atau mendaftar/melamar pekerjaan dengan media internet. Syarat-syarat nya tentunya harus terdaftar terlebih dahulu, dan proses daftarnya menggunakan e-mail. Mendaftar di sini hanya dapat dilakukan pada website-website yang sudah menyediakan fungsi websitenya sebagai website yang digunakan untuk mendaftar/melamar pekerjaan di perusahaan yang mempunyai website tersebut.

Contohnya Saya melamar di PT. PERTAMINA, yang mulai membuka pendaftaraan sebagai Bina Profesi Sarjana (BPS). Info lebih lanjut tentang pendaftarannya dapat Anda kunjungi di website resmi PT. Pertamina dengan alamat http://recruitment.pertamina.com

Berikut adalah langkah pendaftarannya:

1. Masuk ke website PT. Pertamina dengan alamat http://recruitment.pertamina.com/PHEUI/Pages/jobs/Default.aspx akan tampil seperti gambar berikut:

1

Klik Register Me pada bagian pojok kanan atas website

2. Setelah itu muncul tampilan gambar seperti di bawah ini:

2

Di halaman Register Me, isikan Email, password dan Nama lengkap Anda. (Email usahakan harus menggunakan email sendiri dan gunakan password yang gampang Anda ingat).  Setelah diisi, centang “I Agree” di bagian kiri bawah tampilan web, pada fungsi Privacy Policy. Dengan mencentang “I Agree” berarti Anda menyetujui semua hal yang tertulis tentang kebijakan PT.Pertamina khusunya sebagai calon pelamar. Kemudian Klik Register di bagian bawah website

3. Pada langkah ketiga, Anda harus membuka email tadi Anda isikan waktu mengisi Register Me. Tampilan contoh emailnya seperti pada gambar di bawah ini:

3

Buka kotak masuk dari PT.Pertamina (Persero) dengan judul Aktifasi Profile Pelamar. Setelah dibuka Anda diminta untuk meng-klik link yang diberikan lewat email tadi untuk melengkapi proses aktivasi lamaran

4. Setelah di Klik, maka otomatis Anda akan langsung menuju alamat web http://recruitment.pertamina.com/PHEUI/Pages/jobs/Default.aspx, lalu login dengan username (Diisi dengan email terdaftar) dan password yang sama waktu Anda mendaftar. Setelah login maka tampilan gambarnya seperti di bawah ini:

4

Pada halaman tersebut akan tampil Aktifitas Rekruitmen yang harus Anda lakukan guna mendaftar sebagai pelamar di PT.Pertamina. Sesuai dengan Aktifitas Rekruitmen, klik Resume.

5. Setelah Anda meng-klik Resume, maka akan tampil gambar seperti di bawah ini:

8

Di menu Resume, Anda harus melengkapi semua data pribadi Anda dari info Pribadi, Pendidikan Formal dll. Di sini Anda harus mengisinya dengan JUJUR tanpa dilebih-lebihkan dan dikurangi. Di menu ini Anda juga DIWAJIBKAN untuk mengupload File yang diperlukan untuk melengkapi pendaftaran, mulai dari KTP, IJAZAH dll. Semua file harus dalam bentuk .Pdf kecuali foto. Setelah Anda melengkapi semua biodata, klik menu Vacancy

6. Setelah di klik menu Vacancy, maka akan tampil gambar seperti berikut:

5

Pilih perusahaan dan kata kunci yang sesuai/Anda ingin lamar. Karena di sini Saya mencontohkan melamar sebagai BPS, maka perusahaan yang Saya pilih yaitu PT.Pertamina (Persero) dengan kata kunci Job Desc. Kemudian klik tombol Fresh Graduate di bagian Apply Position.

7. Setelah menunggu beberapa saat, muncul tampilan seperti di bawah ini:

6

Karena Saya melamar sebagai Lulusan S1, maka Saya memilih BPS dengan bidang keahlian sesuai dengan Jurusan Saya. Di sini Saya memilih BPS Teknik Informatika, kemudian klik Detail Vacancy untuk melihat syarat minimal pendaftar/pelamar sebagai BPS PT.Pertamina.

8. Berikut adalah tampilannya:

7

Setelah Anda melihat syarat minimal sebagai calon BPS, dan Anda merasa memenuhi kriteria tersebut, langkah terakhir yang Anda lakukan memilih Lokasi Test (Pilih Lokasi test yang terdekat dengan tempat tinggal Anda saat ini). Misal Saya memlih Yogyakarta, kemudian Klik tombol Apply

Kalau semua syarat di Resume sudah terisi denganbenar, maka Anda akan dinyatakan sukses sebagai Pendaftar/Pelamar sebagai BPS PT. Pertamina. Untuk mengakhiri proses, Buka email Anda lagi dan buka pesan dari PT.Pertamna yang terbaru.
Selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk yang ada di email tersebut.

 Demikian adalah contoh langkah-langkah “Apply” atau mendaftar/melamar melalui website sebuah perusahaan. Di website perusahaan lain mungkin akan berbeda, tapi intinya kalau perusahaan tersebut membuka pendaftaran lewat internet/website alias secara online, maka langkah-langkahnya tidak jauh berbeda seperti contoh yang di atas. Malah menurut Saya, mendaftar di website PT.Pertamina langkahnya lebih kompleks disbanding dengan mendaftar pekerjaan di website perusahaan lain.

Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua, Untuk Peringatan Hati-Hati dengan PENIPUAN lewat email yang mengatasnamakan perusahaan yang Anda sedang/akan lamar. Cek email tersebut baik-baik, karena biasanya email perusahaan besar seperti PT. Pertamina domain emailnya sudah bukan dari domain email gratis seperti dari gmail atau yahoo.
Contoh email ASLI PT. PERTAMINA recruitment@pertamina.com, sedangkan

Contoh email PALSU  yang mengatasnamakan PT.PERTAMINA yaitu : recruitment.pertamina@gmail.com

 Sebagai tambahan Info, lowongan untuk BPS ditutup tanggal 4 Agustus 2013. Masih ada waktu buat teman-teman klo ingin mendaftar..langsung Saya ke website Resminya.

Terima Kasih.

By Penulis

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close