Top Menu

     G-Suite, yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Google for Work adalah layanan yang disediakan Google sebagai satu platform khusus yang dapat menampung dan mengatur beberapa kerja sekaligus, seperti cloud computing, productivity dan collaboration tools serta layanan produk/aplikasi dari google sendiri. G Suite terdiri dari Gmail, Hangouts, Calendar, and Google+ untuk komunikasi; Drive untuk penyimpanan; Docs, Sheets, Slides, Forms, and Sites untuk kolaborasi; dan, dalam perencanaannya, Admin panel dan Vault fmengelola pengguna dan layanan.

     Meskipun layanan ini bebas digunakan untuk konsumen, G Suite menambahkan fitur perusahaan seperti alamat email khusus di domain (@ perusahaananda.com), opsi untuk cloud tak terbatas (tergantung pada rencana dan jumlah anggota), alat administratif tambahan dan lanjutan Pengaturan, serta 24/7 telepon dan dukungan email.

     Berada di pusat data Google, data dan informasi disimpan seketika dan kemudian disinkronisasi ke pusat data lain untuk keperluan backup. Tidak seperti layanan konsumen lain, pengguna G Suite tidak melihat iklan saat menggunakan layanan, dan informasi dan data di akun G Suite tidak digunakan untuk tujuan iklan. Selanjutnya, administrator G Suite dapat menyempurnakan pengaturan keamanan dan privasi.

1. Masuk ke dalam alamat gsuite.google.co.id. Di situ Kita akan diarahkan ke dalam halaman utama dari Google Suite. Untuk memulai pendaftaran, silahkan klik “Get Started” pada ikon di sebelah pojok kanan atas. Setelah di klik, Kita akan menuju langkah pertama seperti gambar di bawah ini. Klik “Berikutnya” untuk melanjutkan proses.

2. Di sini Kita akan diminta memasukan nama perusahaan yang nantinya akan menjadi domain dari G Suite. Kita juga akan diberikan pilihan berapa banyak jumlah karyawan yang ada di perusahaan.

3. Selanjutnya proses pemilihan bahasa yang digunakan untuk seterusnya dalam memakai G Suite.

4. Di dalam proses ini, Kita diminta untuk memasukan alamat email aktif yang nantinya akan disinkronisasikan dengan akun G Suite. Email ini juga merupakan email konfirmasi segala aktifitas Kita tentang pemakaian G Suite. Jadi Kita harus memastikan email yang dimasukan adalah alamat email aktif.

5. Langkah berikutnya Kita akan diberikan 2 pilihan, pertama “Saya Memiliki Domain yang Dapat Digunakan” dan kedua “Saya Memerlukan Domain“. Untuk pilihan pertama dimaksudkan kepada Kita yang sudah memiliki alamat domain email yang selanjutnya dapat Kita upgrade ke G Suite. Biasanya Kita yang sudah memiliki website, Kita sudah memiliki domain email atas nama sendiri/perusahaan. Nah bagi yang belum, Silahkan pilih opsi kedua dimana Kita akan membuat alamat domain email atas nama sendiri.

6. Selanjutnya tinggal memasukan alamat domain email yang Kita inginkan.

7. Nah di sini tinggal memilih domain yang ingin digunakan, untuk standarnya biasanya memakai .com, atau bisa dengan domain lain seperti .net atau .co.id.

8. Konfirmasi domain dan nama domain ada di proses ini beserta info biaya yang diperlukan.

9. Langkah selanjutnya tinggal mengisi informasi bisnis, seperti alamat, domisili kota dan nomor telefon perusahaan.

10. Di langkah ini G Suite akan mengkonfirmasi admin utama, silahkan isi nama lengkap dan klik “Berikutnya” untuk melanjutkan.

11. Selanjutnya tinggal membuat akun masuk, yaitu nama pengguna dan sandi agar dapat memiliki hak akses masuk.

12. Konfirmasi layanan berlangganan email dari G Suite ada di proses ini. Klik “Oke” untuk menerima, atau “Tidak, Terima Kasih” untuk menolak.

13. Proses selanjutnya adalah konfirmasi tambahan berupa verifikasi gambar. Proses ini dimaksudkan agar G Suite benar-benar mengindentifikasi pendaftar adalah manusia, bukannya boot.

14. Langkah terakhir konfirmasi pembuatan G Suite. Untuk melanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu proses pembayaran silahkan klik “Buka Penyiapan“.

Nah di atas adalah langkah-langkah mendaftar G Suite. Memang belum selesai karena Kita masih harus melakukan penyiapan berupa pembayaran biaya domain yang tadi didaftarkan dan sinkronisasi G Suite dengan email Kita sebelumnya. Namun paling tidak Kita sudah berhasil mendaftarkan akun G Suite yang Kita inginkan. Proses selanjutnya akan Saya bahas di postingan minggu depan.

Semoga Bermanfaat.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close