Top Menu

Seiring majunya teknologi dewasa ini, inovasipun muncul menyertai bahkan telah masuk disegala bidang. Dunia finansial atau keuangan juga terkena dampaknya (Dampak Positif). Bidang finansial yang merupakan pendukung perekonomian suatu negara adalah salah satu bidang yang cukup krusial karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Namun dengan hadir inovasi di bidang ini, bidang finansial akan mengalami perkembangan yang lebih praktis dan modern.

Istilah FinTech muncul untuk inovasi di bidang finansial, menurut National Digital Research Centre (NDRC). Kategori yang termasuk ke dalam FinTech sendiri diantaranya proses pembayaran, transfer, jual beli saham, proses peminjaman uang secara peer to peer dan masih banyak lagi. Untuk mendukung perkembangan usaha Fintech di Indonesia, para pelaku usaha ini membentuk asosiasi yang bernama Asosiasi FinTech Indonesia yang memiliki visi “Bersama mewujudkan masa depan pelayanan keuangan yang berorientasi teknologi, untuk masyarakat Indonesia, oleh perusahaan Indonesia”.

inovasi-fintech

Untuk mengenal lebih jauh tentang asosiasi Fintech Indonesia, dapat di akses di alamat website berikut: www.FinTech.id. Saat ini ada sekitar 8 member asosiasi Fintech yang aktif di Indonesia. Karena asosiasi ini berhubungan dengan pengelolaan keuangan atau finansial, OJK sebagai otoritas tertinggi yang mengawasi dan mengatur dunia keuangan di Indonesia turut serta mengawasi.

Di luar 8 member dari asosiasi FinTech Indonesia, masih banyak sekali startup yang bergerak di bidang keuangan dan finansial, salah satunya adalah Pinjam.co.id.

pinjamdotid

Pinjam adalah startup yang menawarkan proses pinjaman uang dengan gadai barang secara online. Mirip dengan Pegadaian, di Pinjam, Kita akan melakukan proses gadai barang untuk kemudian mendapatkan pinjaman uang dalam jumlah tertentu sesuai taksiran dari tim Pinjam. Bedanya, kalau di Pegadaian proses gadai masih sangat dilakukan secara tradisional, di Pinjam, Kita melakukan proses gadai secara praktis dan modern. Dengan mengakses alamat website Pinjam, kemudian melakukan transaksi lewat website tersebut, Kita akan dimudahkan dalam melakukan proses. Ada 3 proses utama yang akan Kita lakukan di web Pinjam, Pertama memilih kategori barang jaminan Lita, nilai taksiran akan dihadirkan seketika sesuai data yang ada di sistem. Kedua Serah terima barang Kita dengan antar jemput, jasa ekspedisi, atau datang ke toko/mitra pinjam. Ketiga Konfirmasi penawaran dan dapatkan pinjaman melalui transfer bank.

pinjam-1

Pinjam sendiri bekerja sama dengan mitra lain, seperti toko elektronik ataupun toko emas sebagai tempat penyimpanan maupun transaksi barang gadai. Secara keseluruhan sistem yang ada di Pinjam sudah berjalan baik, walaupun mungkin sasaran pasarnya masih belum sesuai target. Untuk hal teknis seperti biaya admin, bunga dan lainnya masih bisa bersaing dengan Pegadaian.

Selain Pinjam, masih banyak lagi startup yang termasuk startup FinTech, seperti Uang Teman, Taralite, Bizloan, Dr Rupiah dan Modalku. Kelima startup FinTech tersebut menawarkan proses pinjaman secara mudah dan modern dengan besar pinjaman dan bunga yang bersaing dengan bank konvensional.

Dengan makin banyak muncul startup terutama startup Fintech di Indonesia, diharapkan dapat memberikan alternatif bagi Kita untuk melakukan proses pinjaman yang tentunya lebih mudah dan praktis dibanding meminjam lewat bank konvensional. Di sisi lain, FinTech juga hadir sebagai penolong masyarakat dari jeratan lintah darat yang menerapkan bungan tinggi bagi peminjam. Sedangkan di Fintech, sistem peminjaman uang bisa dilaksanakan dengan cara yang lebih transparan dan menjadi hak umum bagi semua masyarakat dengan bunga yang lebih terjangkau tentunya. Bagi pihak startup, kehadiran FinTech akan meningkatkan nilai inovasi yang terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Jadi masih ragu untuk mencoba startup FinTech?

Mari terus berinovasi untuk hidup dan Indonesia yang lebih berarti.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close