Top Menu

Iklan televisi adalah sebuah serangkaian tayangan televisi yang dibuat dan dibayar oleh sebuah badan usaha untuk menyampaikan pesan, biasanya untuk memasarkan produk ataupun sekadar mengumumkan (Wikipedia). Iklan televisi merupakan media pemasaran paling efektif saat ini untuk untuk memasarkan produk. Bagaimana tidak, hampir setiap rumah sudah terdapat televisi dan televisi merupakan media hiburan paling banyak diminati paling tidak sampai saat ini. Jadi dengan memasarkan produk lewat iklan yang tayang di televisi, hampir pasti orang akan mengetahui produk tersebut. Namun ada juga batasan dari penggunaan iklan di televisi.

Pertama yang pasti budget yang digunakan pastilah sangat tinggi untuk menampilkan sebuah iklan apalagi dengan durasi panjang, atau pada acara televisi yang ratingnya tinggi, atau bahkan pada stasiun televisi tertentu. Untuk perusahaan besar berskala nasional bahkan internasional itu mungkin tidak jadi soal. Bukan hanya budget yang menjadi batasan dalam membuat atau menayangkan suatu iklan, tapi iklannya itu sendiri. Bagaimana konsep, kreatifitas, menarik atau bahkan lucu dan membuat penasaran bagi para calon konsumen yang dibidik.

Kali ini Saya (AgusDar.com) akan memberikan contoh iklan yang menurut Saya pribadi menarik, lucu dan kreatif yang tayang pada stasiun televisi Indonesia di penghujung akhir tahun 2015 ini. Berikut daftarnya:

1. 58 Tahun PERTAMINA – Kemandirian Energi Untuk Indonesia Mendunia

Dalam rangka menyambut hari jadinya ke-58, Pertamina meluncurkan iklan televisi terbaru dengan tema kemandirian energi untuk Indonesia mendunia. Perusahaan plat merah terbesar di Indonesia ini mengemas konsep iklannya dengan begitu baik. Mengangkat pagelaran animasi wayang kulit yang ditonton oleh anak-anak dan beberapa orang dewasa dengan lakon Semar dan Petruk, menceriterakan bagaimana kerja dari Pertamina dalam mengolah minyak bumi. Dari proses eksplorasi lepas pantai, proses distribusi lewat kapal dan akhirnya sampai di rumah penduduk dan menggerakan laju perekonomian Indonesia. Selain itu, munculnya lakon Batara Surya yang menjelaskan tentang sumber energi terbarukan di Indonesia yang terus digarap oleh Pertamina. Ditambah alunan musik gamelan khas Jawa menambah keren nya iklan Pertamina yang satu ini. Overall, iklan televisi yang satu ini masuk iklan favorit Saya tahun 2015. Silahkan lihat video iklannya di bawah ini:

Video

2. Permohonan Maaf CEO Bukalapak.com

Bagi pemirsa televisi yang “buta” internet atau bahkan tidak pernah bertransaksi online, mungkin melihat iklan komersil yang satu ini akan bingung, aneh, konyol dan gak jelas. Tapi bagi orang yang paham, pasti iklan ini bikin ngakak pemirsanya apalagi yang biasa bertransaksi online khususnya lewat situs Bukapalak.com. Iklan ini dibuat untuk mempromosikan HarBolNas atau Hari Belanja Online Nasional yang diselenggarakan tanggal 10-12 Desember 2015 yang lalu. Konsep iklannya sederhana namun bagi Saya menghibur dan tersampaikan dengan cara yang unik. Bagi yang penasaran silahkan lihat sendiri videonya di bawah ini:

Video

3. Hansaplast Koyo

Pertama kali Saya melihat iklan ini benar-benar bikin ngakak. Penasaran? lihat langsung video iklan milik Hanslast Koyo di bawah ini:

Video

4. Toyota Indonesia – Let’s Go Beyond

Toyota Indonesia membuat tagline baru dengan nama  Let’s Go Beyond. Untuk memprosikan taglinenya (Promosi Mobilnya juga terutama), Toyota membuat iklan yang begitu apik. Dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar iklannya, di dalam iklan ini juga menampilkan mobil-mobil andalan Toyota yang dijual di pasar Indonesia, mulai dari Innova, Yaris, Alphard, sampai Toyota 86. Di tahun 2015 yang dianggap loyo untuk penjualan otomotif, Toyota tetap konsisten memasarkan produknya dengan iklan yang berkelas. Apalagi ditambah background musik yang pas tentunya menambah kerennya iklan Toyota Indonesia – Let’s Go Beyond.

Video

Saya rasa masih banyak juga iklan yang juga cukup bagus dan menarik serta informatif yang tayang sepanjang 2015 ini. Semakin majunya teknologi juga turut membantu lahirnya iklan dengan konsep baru dan pastinya menjual.

Semoga bermanfaat

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close