Top Menu

Bekerja bukan sekadar menghitung laba, menyeimbangkan neraca keuangan, atau mengirim berkas ke meja orang lain. Bekerja adalah mengenai orang-orang yang bersatu, menciptakan mimpi, mendobrak, untuk kemudian menjadikannya kenyataan. Kita semestinya dapat terhubung dengan mudah agar dapat saling berbagi gagasan, mengembangkannya bersama-sama, dan menyelesaikan pekerjaan dari mana saja.Teknologi semestinya membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat, bukan lebih sulit. Teknologi semestinya mengusahakan agar ide kita dapat berkembang dan inspirasi dapat muncul kapan saja. Dengan alat yang dibuat untuk memudahkan kehidupan, kita dapat melakukan yang terbaik.

Paragraf di atas dikutip dari bahasa promosi nya google for work namun sudah ditranslete ke bahasa Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, Saya memang mencoba menggunakan fitur google for work, dan edisi cara mendaftar juga sudah Saya posting di blog ini dengan judul GOOGLE APPS FOR WORK (CARA MENDAFTAR)

Kali ini Saya akan mencoba membedah apa saja yang ada di dalam google for work.

1. Setelah Saya mendaftar google for work dengan sukses kemudian melakukan login, maka akan tampil seperti di bawah ini

konsol admin google for work 1

Konsol admin: Berisi menu-menu utama dari halaman google for work. Menu-menunya antara lain Pengguna, Profil Perusahaan, Penagihan, Laporan dan Apps (Aplikasi yang disediakan google for work). Kita dapat menambah atao mengedit menu-menu tersebut.

google for work 11

2. Menu Pengguna

pengguna google for work 2

Menu pengguna adalah sebuah menu yang digunakan untuk membuat, mengedit dan melihat pengguna yang ada di google for work. Kategor pengguna di sini terbagi menjadi beberapa antara lain pengguna aktif dan pengguna tidak aktif. Di sini juga Kita dapat melihat terakhir kali masuk dan penggunaan email (kuota yang sudah digunakan) dari masing-masong pengguna.

3. Menu Profil Perusahaan

profil perusahaan google for work 3

Menu profil adalah menu yang digunakan untuk membuat sebuah profil dari perusahaan yang akan kita buat, tentunya digunakan juga sebagai nama google for work yang sudah dibuat. Contohnya, Saya membuat perusahaan dengan Agusdar company dengan domain [email protected]. Selain nama perusahaan, kita juga dapat mengubah bahasa dan zona waktu yang digunakan di google for work

4. Menu Penagihan

penagihan google for work 4

5. Menu Laporan

laporan google for work 5

Menu laporan adalah menu yang digunakan untuk membuat dan mengelola laporan dari perusahaan yang kita buat. Laporan di sini bisa berarti laporan tentang apa saja, seperti laporan keuangan, laporan penjadwalan, laporan harian dl. Selain laporan, google for work juga menyediakan beberapa fitur tambaha yang ada di menu laporan, antara lain:

Laporan gabungan
keamanan
altivitas penggunaan aplikasi
aktivitas akun
audit: admin, proses masuk, kalender, token
kelola lansiran

6. Menu Setelan Aplikasi

aplikasi google for work 6.1

Menu setelan aplikasi adalan daftar aplikasi yang terintegrasi dengan google for work. Seperti halnya pada gmail biasa, di google for work juga diintegrasikan dengan aplikasi bawaan google. Di sini ada 3 kategori utama dari aplikasi tersebut, yaitu:

a. Aplikasi utama (Jumlah 8): gmail, kalender, drive dll

aplikasi google for work 6.2

Di aplikasi utama, setelah Kita melakukan proses pembayaran google for work, seluruh aplikasinya akan aktif otomatis. Namun apabila Kita menginginkan untuk menonaktifkan beberapa, Kita dengan mudah dapat mengaturnya

b. Aplikasi tambahan (Jumlah 14): mengolah blog, foto, video dan alat sosial lainnya
Di aplikasi tambahan, setiap aplikasi yang ada di sini diperoleh dengan membayar biaya sewa aplikasi yang akan Kita gunakan.

c. Aplikasi marketplace

7. Pengelolaan Perangkat

setting google for work 7

Di fitur pengelolaan perangkat, Kita dapat mengatur beberapa hal. Diantaranya: setting, network, mobile, chrome management

8. Keamanan

keamanan google for work 8

 

Fitur keamanan yang disediakan google for work di sini seperti pada account lain pada umumnya. Dimana semakin sulit tingkat kerumitan sandi, maka akan semakin baik. Di fitur ini sebagai admin utama, Kita juga dapat memantau aktifitas login pengguna lain dan juga memantau kekuatan sandi mereka

9. Dukungan

support google for work 9

Di fitur dukungan kita akan disediakan nomor telepon support dari google. Akan ada 3 nomor utama yang ditampilkan, yaitu phone support local (Kalau Kita berarti dari google Indonesia), phone support global 1 dari google inggris, dan phone support google 2 dari google amerika

10. Migrasi

migrasi google for work 10

Fitur migrasi menampilkan otorisasi dan status dari pengguna utama dan pengguna lain yang telah terdaftar pada account google for work Kita. Fitur ini juga memungkinkan account google gratis Kita untuk dimigrasikan ke dalam google for work yang Kita buat.

Google for work sebenarnya merupakan suatu wadah berbagai macam fitur dari google yang diintergrasikan menjadi satu tempat, yang pada akhirnya dapat dikelola dengan mudah dan mempunyai domain email dengan nama perusahaan Kita sendiri. Jadi untuk teman-teman di luar sana yang sudah mulai merintis atau bahkan sudah punya peruhaaan/merk dagang sendiri, tidak ada salahya untuk membuat domain sendiri di google for work. Karena pastinya akan sangat bermanfaat dan menaikan nilai dagang dari merk/perusahaan yang kita rintis.

 

Terima kasih semoga bermanfaat

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close