Top Menu

     Indonesia adalah negara khatulistiwa kepulauan terbesar di dunia. Mempunyai panjang garis pantai beribu kilometer dan dikaruniai beragam suku, budaya, sumber daya alam bahkan demografi yang luar biasa. Indonesia merdeka di tahun 1945, yang artinya mulai saat itu Indonesia berdiri sendiri sebagai sebuah bangsa. Di masa itu adalah masa di mana era teknologi industri sedang berkembang, mulai dari mesin akuntansi elektronik sampai industri otomotif yang memakai mesin diesel sebagai penggerak utamanya. Tahun demi tahun berlalu dan kini Indonesia memasuki tahun 2017. Tahun dimana era dgital teknologi dan informasi sedang berjaya. Sayangnya, menurut Bank Dunia dan IMF, Indonesia sampai saat ini masih masuk ke dalam kategori negara berkembang padahal dengan segala sumber daya dan demografi yang ada harusnya Indonesia bisa lebih baik dari sekedar berkembang.

     Era digital saat inilah waktunya Indonesia untuk lebih maju dalam segala aspek yang tentunya akan berdampak kepada semua warga negaranya. Keterbukaan dan pertukaran informasi dapat menjadi kuncinya. Seperti halnya Cina dan India yang sekarang dapat menyaingi Amerika dalam hal pemasukan negara dari industri digital. Industri digital yang ada saat ini adalah industri yang mampu masuk dan menumbuhkembangkan industri ataupun sektor lain di luar industri digital sendiri. Misalnya di dunia pendidikan, industri digital masuk sebagai sarana/media belajar online ataupun munculnya sistem informasi akademik. Dunia kesehatan adanya sistem informasi rumah sakit dan BPJS Kesehatan. Dunia perbankan, dibangunnya sistem perbankan dari internet sampai mobile banking, bahkan di pemerintahan dengan adanya sistem e-goverment. Berikut ulasannya:

Pendidikan

Dunia Pendidikan Indonesia masih dipandang sebelah mata oleh dunia, bahkan negara tetangga Kita sendiri, seperti Malaysia dan Singapura dianggap punya kualitas pendidikan yang lebih baik. Digital informasi di dunia pendidikan akan merubah semua paradiga tersebut. Lembaga pendidikan di Indonesia saat ini sudah sadar akan pentingnya sarana digital. Dibangunnya website dan sistem informasi manajemen sekolah merupakan buktinya. Saat ini, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sudah banyak yang memiliki website profil sekolah atau bahkan sampai punya sistem informasi manajemen sekolah sendiri.


Website SMK Negeri 2 Purwokerto

Apalagi ditingkat perguruan tinggi, sudah hampir semua PT di Indonesia memiliki website dan sistem infromasi akademik. Di pihak pemerintah sebagai regulator, saat ini juga menyediakan portal sistem informasi yang mengelola data-data sekolah maupun PT yang ada di ndonesia. Sebut saja forlap.dikti.go.id, dimana di portal tersebut menympan berbagai data PT, dosen, mahasiswa, agenda dan sebagainya dari seluruh PT yang tersebar di Indonesia.


Forlap.Dikti.go.id

Kesehatan

Dunia Kesehatan Indonesia juga 11-12 dengan dunia pendidikan. Dimana banyak orang, terutama yang mampu lebih memilih berobat ke negara tetangga dibanding negara sendiri. Selain semakin memutakhirkan alat-alat kesehatan baik untuk berobat maupun  operasi, saat ini rumah sakit, klinik dan bahkan puskesmas di Indonesia sudah mulai membuat terobosan digital. Dibangunnya web service yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan adalah salah satu contohnya. Web service yang lebih dikenal sebagai sistem informasi manajemen klinik atau rumah sakit adalah sistem berbasis website yang digunakan sebagai sistem kelola rumah sakit/klinik, pasien, rawat inap, pembayaran, keuangan, apotik dan obat serta sistem pendaftaran online.

Website RS Margono

Sistem yang dibangun biasanya dapat diakses menggunakan media smartphone maupu laptop/PC. Di sisi pemerintah, BPJS Kesehatan sebagai badan BUMN yang ditugaskan membantu kinerja rumah sakit dalam penyediaan layanan kesehatan juga mendirikan sistem nya sendiri. Website yang dapat diakses oleh masyarakat untuk keperluan BPJS, aplikasi android yang dapat digunakan setiap saat dan sistem internal BPJS  yang sudah dibangunpun akan semakin memudahkan layanan kesehatan bagi masyarakat luas.

 
Website BPJS Kesehatan

Perbankan

Sektor perbankan adalah salah satu sektor pendukung ekonomi suatu negara dan merupakan sektor yang sangat riskan dalam segi keamanan. Karena hampir sebagian besar aktifitas keuangan masyarakat ada di sektor ini. Teknologi informasi menjadi salah satu jawaban dari permasalahan tersebut. Dengan adanya teknologi informasi, peluang terjadi eror ataupun masalah baik teknis maupun non teknis dapat diminimalisir. Sebut saja mobile banking dan internet banking, yang merupakan inovasi dunia perbankan di era digital. Dengan adanya dua sistem digital tersebut, masyarakat dimudahkan dalam berbagai transaksi. Walau masih ada kelemahan, misalnya saja adanya hacker yang dapat setiap saat menyerang akun pemilik rekening, tidak menjadi kekhawatiran utama karena sistem yang ada masih akan terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Klik BCA

Pemerintahan

Pemerintah sebagai regulator di segala bidang yang ada di Indonesia saat ini juga sadar akan pentingnya teknologi digital informasi. Terlihat di setiap kementerian dan BUMN saat ini mempunyai website tanpa terkecuali, sebagai wadah untuk menginformasikan terhadap masyarakat luas. Sebut saja kementerian komunikasi dan informatika mempunyai website www.kominfo.go.id.

www.Kominfo.go.id

Contoh lain, Dirjen Pajak sebagai direktorat di bawah kementerian keuangan bahkan mempunyai sistem informasi sendiri yang dapat digunakan masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai wajib pajak. Bukan hanya mendaftar, di sistem tersebut masyarakat juga dapat melakukan berbagai aktifitas seputar pajak, seperti membayar pajak, tanya jawab seputar pajak, tax amnesty, dan keperluan lainnya. Belum ditambah sistem informasi yang sifatnya internal yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan pegawai di sektor pemeritahan.

DJP Online

Dengan  segala perkembangan Indonesia di dunia digital seperti di atas, Kita semua patut optimis akan masa depan Indonesia yang begitu cerah. Namun bukan hanya sistem digital informasinya saja yang harus maju, tetapi Kita sendiri juga harus mampu mengembangkan diri agar dapat membawa Indonesia lebih baik di masa depan. Saat ini di Indonesia telah hadir penyedia hosting murah yang telah terjamin kredibilitasnya yaitu di “Web Hosting Indonesia” dan “Hosting Murah Indonesia”. Jadi buat Saya dan teman-teman di luar sana yang membutuhkan jasa domain dan hosting murah namun dengan kualitas terbaik, silahkan kunjungi Web Hosting Indonesia.

Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close