Top Menu

Konsep Revolusi Industri 4.0 yang disampaikan Professor Klaus Schwab dalam bukunya yang berjudul “The Fourth Industrial Revolution” telah mengubah hidup dan kerja manusia secara fundamental. Berbeda dengan revolusi industri sebelumnya, revolusi industri generasi ke-4 ini memiliki skala, ruang lingkup dan kompleksitas yang lebih luas. Kemajuan teknologi baru yang mengintegrasikan dunia fisik, digital dan biologis telah mempengaruhi semua disiplin ilmu, ekonomi, industri dan pemerintah. Bidang-bidang yang mengalami terobosoan berkat kemajuan teknologi baru diantaranya (1) robot kecerdasan buatan (artificial intelligence robotic), (2) teknologi nano, (3) bioteknologi, dan (4) teknologi komputer kuantum, (5) blockchain (seperti bitcoin), (6) teknologi berbasis internet, dan (7) printer 3D.

Berjalan dengan itu pula di dunia bisnis digital, muncul banyak startup yaitu perusahaan rintisan baru berbasis digital sangatlah pesat. Dari segi konsep, rencana, marketing dan bahkan budaya semuanya memanfaatkan teknologi dalam pemakaiannya. Dengan waktu yang relatif singkat, perusahaan-perusahaan digital ini mendapatkan nilai bisnis yang begitu besar bahkan melampaui perusahaan “konvensional” yang sudah berjalan puluhan tahun. Sebut saja Go-Jek, Traveloka, Bukalapak dan Tokopedia menjadi salah beberapa contoh perusahaan startup yang sekarang mempunyai nilai triliyunan rupiah kurang dari 1 dasawarsa.

Sejalan dengan perkembangan startup yang kian berkembang, dengan munculnya ratusan startup baru setiap hari, pemerintah menginisiasi gerakan 1000 startup digital yang tahun 2018 ini menjadi tahun ketiga dan dilaksanakan di 10 kota besar Indonesia. Dengan menggunakan tagline “Ubah Potensi Jadi Aksi”, event ini menjaring anak muda yang ingin membuat startup dimana startup tersebut dapat menjadi solusi pemecahan suatu masalah yang ada di sekitar Kita.

Website resminya dapat diakses di alamat berikut => www.1000startupdigital.id

Pada hari sabtu 5 Mei 2018, Yogyakarta menjadi tuan rumah acara Ignition Gerakan 1000 startup ini. Bertempat di Auditorium Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, acara ini diramaikan lebih dari 600 orang yang telah mendaftar sebelumnya. Hadir pula belasan keynote speaker yang mengisi acara yang terdiri dari perwakilan pemerintah dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, rektor, guru besar dan perwakilan Universitas Gadjah Mada, peneliti, pengusaha dan praktisi yaitu:

Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika)
Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng (Rektor UGM)

Dr. Dedy Permadi sebagai Moderator
Dr. Paripurna, S.H, M.Hum (Wakil Rektor Bidang Kerja Sama)
Dr. dr. Andreas Meliala, M.Kes (Dir.Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan UGM)
Dr. Hargo Utomo, M.B.A, M.Com (Dir. Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM)
dr. Yodi Mahendradhata, Msc, Phd (Wakil Dekan FKK UGM)
Gidion Suranta Barus (GM IT Services LintasArta)
Maria Harfanti (Miss Indonesia 2015 & Founder BangunSekolah.com)
M. Sigit Cahyono, S.T, M.Eng (Tenaga Ahli DPR RI Bidang Eenergi)
Nur Agis Aulia, S.Sos (Founder Jawara Farm)
Syafri Yuzal (Direktur Aino)
Udhi Sudiyanto (Ketua ASITA Jogja)

Acara ini merupakan tahap pertama dari serangkain acara 1000 digital yang akan dilangsungkan di Yogyakarta dan 9 kota besar lainnya. Adapun 6 sektor yang menjadi fokus pemerintah yaitu agrikultur, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, dan energi dan menjadi latar belakang ide untuk pengambilan topik dari startup yang akan dibuat. Setelah Ignitation, minggu depan akan masuk ke tahap kedua yang juga akan berlangsung di kampus UGM Yogyakarta.

Diharapakan dengan gerakan 1000 startup digital, Indonesia akan semakin banyak memiliki pengusaha-pengusaha yang memiliki visi untuk memajukan Indonesia secara ekonomi, mandiri dan berdaya saing untuk masa depan yang lebih baik di masa depan.

Jayalah Terus Indonesia, Hidup Pengusaha..

Semoga bermanfaat.

About The Author

2 Comments

  1. waah bagus nih. HIDUP PENGUSAHA haha 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close