Top Menu

     Agustus adalah bulan yang spesial bagi Saya..eh maksudnya Indonesia. Di bulan ini Indonesia akan memperingati kemerdekaan yang ke-71 tepatnya di tanggal 17 Agustus 2016 besok. Berbagai acara digelar untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, mulai dari lomba tingkat RT/RW ataupun desa, upacara bendera di lingkungan sekolah, instansi ataupun Kabupaten Provinsi bahkan Nasional. Banyak juga acara-acara menarik lain yang digelar pihak pemerintah daerah maupun swasta yang tentunya sayang kalau dilewatkan di berbagai penjuru wilayah Indonesia. Selain acara-acara tersebut, Indonesia dengan “Wonderful Indonesia 2016” yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata juga memiliki beberapa agenda festival budaya kelas Internasional di bulan Agustus ini. Walau sebagian dimotori oleh pihak lain (Diluar Kementerian), namun festival budaya ini bakal ikut memajukan potensi wisata Indonesia itu sendiri. Nah apa saja festival budaya selama bulan Agustus 2016 nanti, ini dia rangkumannya:

Dieng Culture Festival, Wonosobo dan Banjarnegara

Dieng Culture Festival

Festival ini diselenggarakan di dataran tinggi Dieng, menampilkan berbagai pertunjukkan seni dan budaya dari penduduk lokal. Ada upacara yang paling ditunggu-tunggu wisatawan, yakni ruwat rambut gimbal. Di Dieng, beberapa anak memiliki rambut gimbal asli yang dilatar belakangi oleh keyakinan dan mitos warga setempat. Pada puncak acara DFC, rambut anak-anak yang gimbal secara alami tersebut akan dipotong kemudian diupacarakan untuk dilarung ke sungai.

Wisatawan dapat menyaksikan konser “Jazz atas awan”, festival lampion dan kembang api, juga festival film. Jangan lupa untuk mencicipi minuman khas Dieng yakni Purwaceng, menikmati kuliner khas seperti mie ongklok, tempe kemul dan manisan carica. Dieng Culture Festival akan dihelat pada tanggal 5,6 dan 7 Agustus.

Yang mau tau lebih banyak tentang acara ini, cek saja di sini: Dieng Culture Festival 2016

IndiHome Prambanan Jazz 2016

festival jazz prambanan 2016

Hajatan musik jazz bertaraf internasional bertajuk “IndiHome Prambanan Jazz 2016” siap menyuguhkan hiburan yang sarat dengan unsur budaya. Selain menampilkan eksotisme candi peninggalan dari abad ke-9, festival ini diharapkan bisa menjadi jembatan diplomasi budaya yang kelak dapat memperkuat branding Indonesia di level internasional. Festival ini merupakan tahun kedua yang digelar secara beruntun. Indihome Prambanan Jazz 2016 kali ini bakal digelar dua hari, yakni pada 20 dan 21 Agustus 2016.

Indihome Prambanan Jazz 2016 akan menampilan musisi peraih piala 4 Grammy Award dan peraih 9 American Music Award (AMA) yakni Boyz II Men. Hits maker puluhan lagu ini akan konser di panggung special show pada tanggal 20 Agustus. Selain Boyz II Men, hadir juga Rick Price, musisi dunia pelantun lagu hits heaven knows dan If You’re My Baby. Dari dalam negeri, sederet penyanyi serta musisi siap memeriahkan acara ini, di antara Kahitna, Krakatau Reunion, Tulus, Mocca, Shaggy Dog, Trio Lestari (Glenn Fredly, Tompi, dan Sandhy Sondoro) dan musisi-musisi lokal terbaik lainnya.

Note: Untuk gambar bukan bermaksud untuk ngiklan lho ya….

Festival Internasional Erau 2016

Festival Internasional Erau 2016

Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.

Pesta Budaya Erau ini merupakan kolaborasi yang harmonis antara tradisi yang masih terjaga dengan baik dan atmosfer kekinian yang dinamis. Perpaduan budaya Nusantara serta budaya mancanegara, bisa ditangkap dari sini. Karenanya, festival ini memiliki daya tarik kuat bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dari Nusantara, ada kebudayaan Kutai Kartanegara, Sleman, Gunung Kidul, dan Kabupaten Bandung yang siap disuguhkan. Sementara dari mancanegara, ada Amerika Serikat, Lithuania, Estonia, Bulgaria, Kanada, Polandia, Rumania, Rusia, dan Taiwan, yang siap mempertontonkan kekayaan budaya di negaranya masing-masing.

Dari mulai Kirab Budaya Internasional lengkap dengan kostum tradisional masing-masing negara, bakal siap dipertontonkan. Ada juga sajian ritual seru dan unik yang digelar selama festival Erau. Kemudian ada acara Beseprah, yakni jamuan makan bersama untuk rakyat yang hadir. Acara ini ditutup dengan perayaan Belimbur, yakni ritual di mana seluruh warga, termasuk para pengunjung saling siram menggunakan air sungai Mahakam.

Yang mau tau lebih banyak tentang acara ini, cek saja di sini: Festival Internasional Erau 2016

Catat tanggalnya ya biar gak kelewatan..

Nah buat referensi juga, silahkan kunjungi website Pesona Indonesia di alamat berikut: id.indonesia.travel

“WONDERFUL INDONESIA” => MERDEKA!!!

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close