Top Menu

     Cyberhome, adalah kata yang dapat didefinisikan sebagai segala aktifitas berkaitan dengan teknologi komputer dan turunannya yang dapat dikerjakan di dalam rumah. Saat ini Kita memang sedang memasuki era baru, era digital informasi dimana semua hal atau aktifitas kehidupan dapat dibantu dengan teknologi. Mulai dari komputer personal yang lebih banyak digunakan untuk melakukan pekerjaan besar seperti mengelola sistem, membuat sebuah perencanaan atau desain atau bahkan sarana hiburan seperti bermain game. Lalu ada teknologi smartphone dan turunannya yang banyak digunakan untuk alat berkomunikasi antar personal, media berbagi data dan informasi atau bahkan untuk mengatur jalannya benda lain seperti pada teknologi Internet of Thing. Lebih khusus, kalau di masa lampau (Sekitar Paling Lama 30 tahun yang lalu), proses belajar, bekerja dan berdagang harus dilakukan secara konvensional, sekarang ketiga hal tersebut dapat dilakukan lebih modern.

     Di masa lampau, segala aktifitas kehidupan manusia harus langsung berhubungan fisik dengan orang lain apalagi yang menyangkut proses belajar, bekerja maupun berdagang. Seperti Kita setiap pagi ke sekolah untuk belajar di mana di sekolah Kita akan diajar oleh guru yang menerangkan pelajaran ke Kita dan teman sekelas. Di dunia kerja, entah di posisi manapun hampir pasti akan melakukan aktifitas luar ruangan atau aktifitas dengan orang lain di dalam satu perusahaan. Untuk aktifitas dagang, dari jaman pertama kali Kita melakukan proses transaksi sampai sekarang, hal yang harus ada pastinya pertemuan antara penjual dan pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Terutama pada pasar-pasar tradisional yang masih eksis hingga saat ini. Di tahun 2017 ini, dimana ada teknologi komputer, internet, smartphone dan android semuanya sedikit banyak mulai berubah. Yang tadinya Kita harus melalukan semua hal di luar rumah, dengan semua teknologi tersebut Kita dapat melakukannya di dalam rumah. Mulai dari Belajar, Bekerja, Bisnis/Berdagang atau bahkan rekreasi. Apa saja itu, berikut ulasan dari pengalaman pribadi Saya:

Belajar

Belajar hakekatnya adalah hal yang manusia lakukan dalam proses tumbuh kembangnya. Mulai dari belajar secara naluri maupun belajar sesuatu dari  yang diajarkan orang lain. Untuk poin nomor dua, manusia saat ini biasa mengikuti proses belajar di lingkungan sekolah ataupun kampus sebagai sarana pendidikan. Proses kegiatan belajar yang ada selama ini sangatlah konvensional. Datang ke sekolah pagi hari, duduk sambil mendengarkan guru, selesai sore hari dan dilakukan hampir setiap hari. Cyberhome disini berperan dengan munculnya E-Learning dan E-book sebagai media pembelajaran online. Elearning adalah elektronik learning yang dapat diartikan sebagai pembelajaran melalui media elektronik, seperti laptop, komputer, smartphone dan software bantu pendukung.

E-Learning juga tidak dapat berjalan baik tanpa adanya E-book, yaitu buku elektronik. Biasanya ebook tersedia sebagai buku yang sudah dikemas dalam bentuk file komputer, sehingga dapat dibuka dan dibaca melalui alat bantu komputer maupun smartphone. Memang prosentase pembelajaran online masih cukup kecil, biasanya paling banyak digunakan pada jenjang perguruan tinggi yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Cukup dipelajari dari rumah, elearning dan ebook merupakan inovasi dunia belajar saat ini. Saya sendiri menggunakan keduanya untuk proses belajar maupun mengajar sehingga proses pembelajaran lebih mudah. Selain elearning dan ebook, ada juga portal forum pendidikan berbasis website seperti edmodo maupun ruangguru.

Di dalam portal online tersebut, guru dan siswa cukup bertatap muka lewat layar kaca dengan bantuan internet tentunya sehingga proses belajar dapat dilakukan di rumah.

Bekerja

Bekerja yang biasanya dilakukan di dalam kantor pun sekarang dapat dilakukan di rumah. Misalnya dalam sebuah perusahaan, karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggal di rumah, Kita tidak bisa berangkat ke kantor. Tapi karena peran cyberhome, Kita sedikit banyak dapat menggunakan fasilitas bantu untuk bekerja dari rumah.

Seperti, untuk mengirim dokumen ke kantor, Kita dapat menggunakan email, atau untuk mensharing file yang bermuatan besar, Kita dapat menggunakan Google Drive sebagai alat bantu. Bahkan ketika atasan ingin langsung bertatap muka, Kita dapat menggunakan video call dengan laptop atau smartphone dengan bantuan internet tentunya cukup dari rumah. Saya pribadi hampir pernah melakukan semua hal pekerjaan yang biasanya harus dikerjakan di kantor, Saya kerjakan di rumah. Dengan fasilitas email dan cloud, semua data yang Saya upload di internet dapat dibagikan atau dikirim ke kantor hanya dengan sentuhan jari bahkan tanpa perlu keluar rumah.

Bisnis

Cyberhome di dunia bisnis merupakan hal paling utama dibanding kegiatan lain. Bagaimana tidak, di era serba informasi sekarang ini, proses jual beli mulai sangat banyak dilakukan di internet. Muncul istilah E-commerce dan E-bussines adalah sebagai bukti bahwa hal tersebut terjadi. Dari rumah, Kita bisa menawarkan barang dagangan Kita tentunya lewat website yang dapat diakses dengan komputer, laptop bahkan smartphone. Munculnya toko online dan marketplace akhir-akhir ini merupakan indikasi akan potensi bisnis di dalam internet begitu besar. Bahkan menurut survey, akhir tahun 2020 transaksi bisnis di Indonesia lewat internet dapat mencapai 1.000 Triliyun. Kita sebagai pedagang juga tidak perlu membuka toko fisik, bahkan tidak perlu beranjak dari rumah. Cukup dengan sentuhan jari, Kita dapat berdagang dengan calon pembeli yang mengakses website atau toko online milik Kita. Saya saat ini mempunyai beberapa toko online yang Saya dan teman kelola yang biasanya dikelola saat senggang di rumah.

Selain toko online, sebenarnya masih banyak potensi bisnis yang dapat dilakukan dari rumah melalui internet. Seperti forex, investasi emas online bahkan dari kepemilikan blog. Khusus untuk blog, saat ini muncul sebagai sarana baru sebagai media berbagi informasi. Dari blog juga Kita dapat menghasilkan pendapatan. Dengan fungsi adsense seperti Google Adsense maupun affiliasi seperti Amazon, blog Kita dapat menghasilkan uang dan semuanya cukup dilakukan di dalam rumah. Bahkan seorang blogger profesional dapat berpenghasilan puluhan juta rupiah melalui blog milik mereka perbulannya. Bagaimana tidak, dengan adanya adsense, pengunjung blog yang mengklik artikel di blog Kita maka otomatis menyumbang uang untuk Kita. Semakin sering blog Kita dikunjungi, semakin besar pula pendapatan Kita. Hebatnya lagi, semua itu cukup dilakukan di rumah saja. Untuk blog, Saya juga sudah mempraktekan sendiri. Di dalam blog inipun Saya taruh adsense dan affiliasi di beberapa affiliate sehingga dapat menjadi keran pendapatan dari dalam rumah.

Dalam dunia bisnis di internet, menghasilkan uan memang wajar. Namun yang perlu diperhatikan juga yaitu media transaksinya. Transaksi mobile dan internet banking yang dibangun sistem perbankan saat ini merupakan jawabannya.

Mobile banking contohnya, Saya cukup menginstal aplikasi di smartphone dan nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Cek saldo, transfer uang, bayar tagihan listrik dan membeli pulsa elektronik tanpa harus ke luar rumah.

Rekreasi

Internet dewasa ini juga dijadikan sarana hiburan bagi masyarakat luas. Dengan internet, Kita dapat mengakses ke situs-situs berita, mendownload musik ataupun film yang ada di website, ataupun menonton video dan streaming online acara-acara hiburan lainnya. Dibanding 3 kategori sebelumnya, internet sebagai sarana rekreasi sangat membutuhkan akses yang lebih. Bagaimana tidak, apabila Kita ingin menonton tayangan streaming, Kita butuh akses internet kecepatan cepat agar tidak terjadi buffering.

Di dalam konsep Cyberhome, konsep hunian dengan segala aspek yang mendukung merupakan kunci untuk mencapai semua kategori yang ada. Di Indonesia sendiri, konsep smart living sudah mulai bermunculan. Salah satu yang terbaik adalah Cyberhome milik Tamansari Cyber. Hunian dengan konsep modern dan smart yang dapat mengupgrade kehidupan sang pemilik hunian sehingga dapat memaksimalkan konsep cyberhome sendiri.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close