Top Menu

     Google merupakan suatu mesin pencari yang begitu akurat dengan segala kelebihannya. Suatu impian setiap blogger maupun owner sebuah toko online apabila blognya selalu menjadi nomor satu di halaman pencarian google. Teknik SEO yang berkembang saat ini pun banyak macamnya. Namun sebaik apapun SEO yang Kita gunakan untuk menjadikan blog Kita menjadi nomor satu, rasanya tetap akan kurang apabila belum diverifikasi di google itu sendiri. Google webmaster tools, adalah sebuah tools yang diciptakan google untuk melihat kinerja blog yang Kita punya di google. Dengan tools ini, blog yang Kita miliki akan semakin optimal dan mendapat peringkat yang baik di halaman pencarian google. Lalu bagaimana cara Kita memverifikasi blog di google webmaster?

Berikut langkah-langkahnya:

1. Cari “google webmaster tools” di google kemudian buka linknya.

01

2. Masuk ke dalam akun gmail yang Kita punya.

02

3. Gambar di bawah ini akan muncul di halaman pertama (Dashboard) google webmaster Kita. Di halaman ini, ketikan alamat situs web yang akan Kita verifikasi seperti gambar di bawah ini. Kemudia klik “Tambahkan Properti”.

03

4. Halaman selanjutnya adalah halaman “Search Console”. Di halaman ini Kita akan diberikan 2 alternatif cara untuk memverifikasi di webmaster tools. Pertama adalah “Metode yang disarankan” dan kedua adalah “Metode alternatif”. Di “Metode yang disarankan” merupakan cara paling manual Kita untuk memverifikasi, mulai dari mengunduh file HTML, mengunggahnya di blog Kita, kemudian konfirmasi file yang sudah diunggah dan langkah terakhir adalah memverifikasinya di halaman ini. Gambarnya seperti di bawah ini.

04.1

5. Metode yang kedua adalah “Metode alternatif”. Nah di metode ini Kita dapat memverifikasinya secara otomatis, artinya Kita tidak perlu mengunduh dan mengunggah file HTML yang disediakan. Sebenarnya juga ada 4 pilihan di metode ini, tapi untuk lebih mudahnya pilih cara yang pertama. “Tag HTML”, akan muncul meta tag yang disediakan, copy meta tag tersebut dan masuk ke dalam halaman dashboard blog Kita.

04.2

6. Perlu dicatat, sebelumnya Kita sudah harus menginstal plugin Yoast SEO di blog yang akan Kita verifikasi. Masuk ke dalam halaman “Perangkat Web Master” Yoast SEO, pastekan di kolom yang tersedia. Kemudian “Simpan Perubahan.

05

7. Kembali lagi ke halaman webmaster tool, klik “Verifikasi” di bagian bawah halaman apabila langkah-langkah di atas sudah terlewati. Dan hasilnya verifikasi telah dilakukan oleh Kita sendiri sebagai pemilik blog.

06

8. Nah halaman di bawah ini akan muncul apabila proses verifikasi sudah Kita lakukan dengan benar. Untuk meningkatkan tingkat penelusuran blog yang sudah Kita verifikasi, google webmaster juga akan memberikan kiat-kiat lain yang bisa Kita lakukan seperti gambar di bawah ini.

07

Mudah bukan? SEO memang sangat diperlukan untuk menaikan rating blog Kita di halaman pencarian google. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah konten atau isi dan originalitas blog yang Kita miliki. Untuk website ataupun toko onlinepun sama, yang penting tetap selalu rajin mengupdate konten yang ada di situs yang Kita kelola.

Semoga bermanfaat.

Untuk yang sedang bingung nyari souvenir, silahkan kunjungi toko online Saya di alamat: www.OemahBeling.com

Terima Kasih

About The Author

2 Comments

  1. Agak Ribet Dikit Sih , Tapi Bener yang Mas Katakan , Sebagus apapun Blog Kita Kalau tidak di Verivikasi Google Percuma saja. Nice Info Kang , Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close