Top Menu

Pada tanggal 1 Februari 2016 yang lalu, Forlap Dikti mengeluarkan panduan melakukan registrasi usulan dosen baru untuk semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar perguruan tinggi baik swasta maupun negeri berkesempatan melakukan usulan dosen-dosen barunya kepada Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti. Untuk apa diusulkan? supaya dosen baru yang diusulkan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh NIDN, NIDK maupun NUP. Untuk memperoleh NIDN, NIDK maupun NUP dari Dikti ada beberapa hal yang wajib dipunyai oleh dosen baru tersebut, yang pasti dosen tersebut merupakan usulan dari perguruan tinggi di tempat sang dosen mengajar/bekerja. Masuk ke dokumen yang harus dilengkapi, tiap-tiap NIDN, NIDK maupun NUP mempunyai prasyarat masing-masing walau secara keseluruhan hampir sama. Apa saja syarat dokumennya:

NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional, Syarat dokumennya:

1. KTP
2. Foto
3. SK dosen tetap (SK PNS bagi pegawai negeri)
4. Ijazah lengkap (minimal pendidikan S2)
(SK Penyetaraan Ijasah bagi lulusan LN)
5. Surat Keterangan Sehat Rohani
6. Surat Keterangan Sehat Jasmani
7. Surat Keterangan Bebas Narkotika
8. Surat Pernyataan dari Pimpinan PT
9. Surat Keterangan Aktif Melaksanakan Tridharma PT
10. Surat Perjanjian Kerja

NIDK : Nomor Induk Dosen Khusus, Syarat dokumennya:
1. KTP
2. Foto
3. SK Dosen/Instruktur/Tutor
4. SK CPNS/SK PNS (bagi pegawai negeri)
5. Ijazah lengkap (minimal pendidikan S2)
(SK Penyetaraan Ijasah bagi lulusan LN)
6. Kontrak Kerja / Surat Perjanjian Kerja
7. Surat Keterangan Sehat Rohani
8. Surat Keterangan Sehat Jasmani
9. Surat Keterangan Bebas Narkotika
10. Surat Pernyataan dari Pimpinan PT
11. Surat Ijin dari Instansi Induk
12. Surat Keterangan Jadwal Mengajar
Dosen Asing:
1. Kitas Bagi Dosen Asing
2. Jurnal Internasional Bereputasi utk Dosen Asing
3. Associate Professor

NUP : Nomor Urut Pengajar, Syarat dokumennya:
1. KTP
2. Foto
3. SK Dosen/Instruktur/Tutor
4. Surat Perjanjian Kerja
5. Ijazah (SK Penyetaraan Ijasah bagi lulusan LN)
6. Surat Keterangan Sehat Rohani
7. Surat Keterangan Sehat Jasmani
8. Surat Keterangan Bebas Narkotika
9. Surat Pernyataan dari Pimpinan PT
10. Surat Keterangan Jadwal Mengajar
11. Kitas Bagi Dosen Asing

Sebenarnya Saya ingin menggunakan screen capture proses registrasi Saya sendiri, tapi karena ada beberapa berkas yang belum siap sehingga proses registrasi Saya belum selesai. Jadi pada postingan ini Saya menggunakan screen capture yang Saya ambil dari panduan registrasi dari Forlap langsung. Dan berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke halaman forlap.dikti.go.id. Pada menu Login Sistem di sebelah kanan layar, login dengan cara memasukan username dan password Anda. Sebagai catatan, yang mempunyai akses ke forlap dikti di perguruan tinggi masing-masing cuma beberapa orang saja karena sifatnya rahasia.

Registrasi dosen 1

2. Setelah masuk halaman Dashboard Admin, pilih menu Ditendik kemudian klik submenu Registrasi Dosen Baru.

Registrasi dosen 2

3. Di halaman Manajemen Usulan Dosen Baru, pilih usulan yang akan diajukan pada kotak sebelah kanan layar. Pilih usulan registrasi yang akan dilakukan, NIDN, NIDK atau NUP. Setelah menentukan, klik tombol Buat Usulan Baru.

Registrasi dosen 3

4. Masuk ke form Pengisian Profil, lengkapi semua form yang ada. Form dengan tanda (*) wajib di isi, setelah di isi
lengkap klik tombol Simpan.

Registrasi dosen 4

5. Di halaman dokumen Pendukung Profil, Anda akan diminta untuk mengunggah semua dokumen pendukung, khusus untuk Dosen Asing wajib dilampirkan (Kitas, Jurnal, Associate proressor) ukuran file maksimum berukuran 500 KB dengan tipe gambar/pdf berikutnya klik tombol Simpan. Kemudian klik Lanjut.

Registrasi dosen 5

6. Halaman form pengisian Penugasan/Homebase, lengkapi semua form yang ada. Isian harus disesuaikan dengan SK yang Anda miliki. Form dengan tanda (*) wajib di isi, setelah di isi lengkap klik tombol Simpan.

Registrasi dosen 6

7. Di halaman form dokumen pendukung Penugasan/Homebase, Anda akan diminta untuk mengunggah SK Dosen dan surat keterangan jadwal mengajar yang disiapkan oleh pihak perguruan tinggi masing-masing. Semua dokumen pendukung diunggah, ukuran file maksimum berukuran 500 KB dengan tipe gambar/pdf berikutnya klik tombol Lanjut.

Registrasi dosen 7

8. Berikutnya di form pengisian Izin Instansi Asal, lengkapi form pengisian izin instansi asal yang diberitanda (*) wajib di isi, setelah di isi lengkap klik tombol Simpan.

Registrasi dosen 8

9. Halaman form dokumen pendukung Izin Instansi asal, kali ini Anda akan diminta untuk mengunggah surat ijin dari instansi induk. ukuran file maksimum berukuran 500 KB dengan tipe gambar/pdf berikutnya klik tombol Lanjut.

Registrasi dosen 9

10. Selanjutnya form pengisian Kontrak Kerja. Isian form kontrak kerja yaitu tentang:
– No. Surat Perjanjian
– Tgl. Surat Perjanjian
– TMT Surat Perjanjian
– Masa Kontrak Min 2 Tahun

Lengkapi semua data kontrak kerja, untuk yang diberitanda (*) wajib di isi, setelah di isi lengkap klik tombol Simpan.

Registrasi dosen 10

11. Halaman dokumen pendukung Kontrak Kerja, Anda akan diminta untuk mengunggah Surat Perjanjian Kerja Anda dengan perguruan tinggi tempat mengajar. Di menu ini ada 3 pilihan yaitu Unggah, Edit dan Hapus. Setelah data kontrak kerja dilengkapi, unggah dokumen surat perjanjian, file maksimum berukuran 500 KB dengan tipe gambar/pdf berikutnya klik tombol Unggah File.

Registrasi dosen 11

12. Halaman berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi Riwayat Pendidikan. Caranya, klik tombol Tambah Pendidikan di bagian kanan atas layar seperti pada gambar.

Registrasi dosen 12

13. Setelah itu, baru Anda harus melengkapi semua form pengisian Riwayat Pendidikan. Mulai dari Perguruan Tinggi, Program Studi dst. Lengkapi data riwayat pendidikan sampai pendidikan tertinggi, yang diberi tanda (*) wajib di isi, setiap pengisian selesai klik tombol Simpan. Untuk menambah riwayat pendidikan klik tombol Tambah Pendidikan.

Registrasi dosen 13

14. Berikutnya Anda akan dibawa ke tampilan halaman Riwayat Pendidikan. Di halaman ini Anda akan diwajibkan untuk melengkapi semua form yang ada. Setelah data riwayat pendidikan dilengkapi, unggah dokumen pendukung di menu AKSI. Ukuran file maksimum berukuran 500 KB dengan tipe gambar/pdf.

Registrasi dosen 14

15. Setelahnya Anda akan masuk ke halaman Tambah Dokumen Pendukung. Unggah dokumen ijazah dan SK penyetaraan bagi lulusn LN. File maksimum berukuran 500 KB dengan tipe gambar/pdf berikutnya klik tombol Unggah File.

Registrasi dosen 15

16. Dua halaman berikutnya bersifat opsional (Jika Ada). Halaman tersebut adalah halaman form Riwayat Kepangkatan dan form Jabatan Fungsional. Cara melengkapinya tidak jauh berbeda dengan form-form sebelumnya.

Registrasi dosen 16 Registrasi dosen 17

17. Apabila semua proses wajib sudah dilakukan, maka Anda akan dibawa ke tampilan seperti di bawah ini. Selanjutnya pilih menu AKSI, apabila data sudah yakin lengkap pilih menu AKSI ajukan usulan klik tombol Ajukan.

Registrasi dosen 18

Cukup mudah bukan? Dengan selesainya proses pengusulan registrasi dosen baru, maka tinggal menunggu waktu saja apakah usulan registrasi Kita akan disetujui atau masih harus ada yang dilengkapi.

Semoga bermanfaat, Mengutip kata-kata orang bijak “Kalau Kita Ingin Pintar, Maka Mengajarlah”. Semangat untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Sebagai tambahan, Saya lampirkan contoh dokumen Surat Perjanjian Kerja dan Surat Pernyataan Pimpinan PT dari forlap.dikti:
Surat Perjanjian Kerja
Surat Pernyataan Pimpinan PT

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close