Top Menu

Google menjadi perusahaan teknologi besar dunia berawal dari google.com yang merupakan mesin pencari di internet dengan algoritma yang canggih dan berubah setiap tahunnya. Google membantu website lain untuk muah ditemukan dalam pencarian. Selain dari “dalam” website sendiri, menggunakan berbagai macam teknik SEO dan lainnya, cara ampuh untuk mempermudah website cepat ditemukan halaman teratas Google adalah dengan memanfaatkan servis yang diberikan Google sendiri. Salah satu layanan Google yang digunakan untuk membantu menaikan rating website di halaman pencarian Google adalah dengan menggunakan Google Analytics Dashboard.

Fungsi Google Analytics Dashboard bukan hanya sekedar untuk membuat website semakin gampang ditemukan di Google, tetapi juga untuk memonitorung trafik, melihat kata kunci yang sering digunakan untuk mengakses website Kita, melihat pengunjung website Kita bahkan melihat device apa saja yang digunakan oleh user untuk mengakses website Kita. Nah bagaimana caranya menggunakan Google Analytics Dashboard, berikut tutorialnya:

Dalam tutorial kali ini Saya menggunakan website berbasis WordPress untuk memasang Google Analytics Dashboard for WP.

1. Pertama Kita mengakses alamat Google Analytic di https://www.google.com/analytics/. Lakukan pendaftaran apabila Kita belum mempunyai akun Gmail apabila sudah cukup login dengan akun gmail Kita

2. Masuk ke halaman pembuatan akun baru, isi semua kolom pendaftaran yang tersedia, mulai dari Nama Akun, Nama Situs, URL Website dan kolom lainnya.

3. Pada bagian bawah halaman yang sama, centang semua opsi berbagi data yang ada. Hal ini agar Google dapat menganalisa dan menarik semua data yang diperlukan untuk kemudian nantiya dapat divisualisasikan lewat Google Analytics Dashboard. Jika sudah, klik “Dapatkan ID Pelacakan”.

4. Centang dua box Persetujuan Persyaratan Pemrosesan Data seperti pada gambar di bawah ini

5. Jika sudah dan proses sukses, maka akan tampil halaman dashboard untuk pertama kalinya seperti gambar berikut. Di sini Kita akan menapatkan kode javascript untuk Kita pasang pada website yang Kita inginkan akan di lacak dan dianalisa oleh Google Analytics Dashboard. Namun karena ditutorial ini website yang akan dipasang Google Analytics Dashboard berbasis wordpress, Saya akan tunjukin cara yang lebih mudah untuk memasangnya. Tidak perlu memasang kode javascript tadi ke halaman web satu per satu.

6. Langkah selanjutnya, masuk ke halaman dashboard wordpress Kita. Pada menu add plugin, instsal dan aktifkan plugin Google Analytics Dashboard for WP (GADWP) seperti gambar di bawah ini.

7. Setelah terinstal dan aktif, masuk ke menu Google Analytics -> General Setting

8. Centang “Developer Mode” pada Plugin Authorization untuk mendapatkan request API

9. Selanjutnya seperti gambar dibawah ini, klik “Get Access Code” untuk kemudian Kita diarahkan ke login akun Gmail

10. Di sini GADWP akan meminta izin untuk mengakses akun Google Kita, klik izinkan untuk melanjutkan proses.

11. Salin kode yang tersedia

12. Pastekan ke dalam kolom Access Code kemudian “Save Access Code”.

13. Jika sukses, akan tampil halaman seperti gambar berikut. Pilih Select View untuk Semua Data Situs. Klik “Save Changes” untuk menimpan perubahan yang dilakukan.

14. Masuk kepengaturan GADWP di submenu “Tracking Code”, pilih Tracking Type “Analytics” dan Code Placement “HTML Head” kemudian Klik Save Changes untuk menimpan perubahan yang dilakukan.

15. Selesai, website Kita resmi tersambung ke Google Analytics Dashboard. Selain lewat halaman dashboard Google Analytics Dashboard langsung, Kita juga dapat memonitoring trafik dan lainnya langsung lewat halaman admin website Kita.

Dengan GADWP Kita tidak perlu mengkopi paste satu persatu kode javascript dari Google Analytics Dashboard yang diberikan untuk website Kita, cukup dengan mengkonfigurasi kode API seperti di atas.

 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close