Top Menu

Menggunakan email dengan domain sendiri akan terlihat sangat profesional apalagi email tersebut Kita akan gunakan sebagai email untuk branding usaha/perusahaan. Setiap kali Kita membuat website, otomatis akan mendapatkan fitur webmail yang dapat Kita gunakan untuk membuat email berdomain sendiri. WebMail sendiri adalah salah satu fasilitas default pada web hosting Kita yang kegunaannya  untuk mengoperasikan e-mail account (membaca / menerima, mengirimkan, menghapus, membuat address book, dll). Prinsipnya nanti akan sama dengan email konvensional seperti gmail maupun yahoo, cuma yang membedakan adalah nama domain dan langkah aksesnya. Nah bagaimana cara mengkonfigurasi email di webmail untuk pertama kalinya, simak tutorialnya berikut ini:

1. Pertama masuk ke halaman dashboard dari CPanel

2. Pilih menu Email Account, kemudian klik

3. Masuk di halaman Add Email Account, Isi email, password, kuota yang diinginkan kemudian klik Create Account. Perlu dicatat disini jumlah kuota email yang diisi akan mengurangi jumlah kuota hosting dari website Kita. Setelah berhasil dibuat langkah selanjutnya adalah konfigurasi di webmailnya langsung.

4. Caranya masuk email webmail Kita di alamat webmail.namadomain.com. Isikan nama email dan password sesuai pendaftaran

5. Akan muncul halaman pertama kali Kita masuk webmail, di sini ada 3 alternatif aplikasi webmail yang dapat digunakan. Bagi teman-teman yang familiar menggunakan tampilan email mirip gmail, Saya sarankan untuk memilih Roundcube. Setiap aplikasi webmail di sini juga memiliki keunggulan masing-masing, seperti fitur, navigasi, template dan lainnya. JIka sudah ditentukan, klik aplikasi webmail yang akan digunakan, gunakan sebagai default.

6. Setelahnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Ini menandakan email webmail Kita sudah aktif dan siap digunakan

7. Email pertama telah masuk

Sangat mudah pastinya, berbeda dengan konfigurasi email domain menggunakan domain google/gmail yang harus seting mx record dan lainnya.

Semoga Bermanfaat

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close