Top Menu

     Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ketenagakerjaan atau lebih sering disingkat BPJSK merupakan Badan Usaha Milik Negara yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial melalui program Jamsostek. Singkat cerita, BUMN yang dulu namanya Askes ini, merupakan BUMN yang langsung bersentuhan dengan tenaga kerja, baik yang berstatus pegawai negeri maupun swasta atau bahkan usaha sendiri (Wiraswasta) karena sifatnya sebagai program publik. Sebagai program publik, Jamsostek memberikan hak dan membebani kewajiban secara pasti (compulsory) bagi pengusaha dan tenaga kerja berdasarkan Undang-undang No.3 tahun 1992 mengatur Jenis Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK),sedangkan kewajiban peserta adalah tertib administrasi dan membayar iuran.

    Dalam meningkatkan pelayanan jamsostek tak hentinya melakukan terobosan melalui sistem online guna menyederhanakan sistem layanan dan kecepatan pembayaran klaim hari tua (JHT). Apabila terjadi risiko sosial terhadap pekerja baik itu kecelakaan kerja, kematian, hari tua, maupun pensiun maka BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan manfaat kepada peserta dalam bentuk pelayanan maupun uang tunai. Bahkan untuk pekerja yang sudah memenuhi syarat tertentu, apabila dikemudian hari diberhentikan ataupun mengundurkan diri, pekerja sebagai peserta Jamsostek tersebut dapat mengklaim dana pensiun setelah tentunya dinyatakan tidak aktif sebagai peseta Jamsostek. E-Klaim yang merpakan terobosan sistem informasi dari BPJSK akan memudahkan peserta untuk melakukan klaim dana pensiun.

Nah berikut adalah langkah-langkah mengklaim dana pensiun di situs BPJSK yang dapat diakses di alamat
sso.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk terlebih dahulu mendaftar sebagai pengguna sistem kemudian setelah terdaftar, Kita dapat mengakases situs eklaim.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk mulai proses klaim. Berikut cara lengkapnya:

1. Login ke website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Masukan alamat email dan password yang sesuai pendaftaran sebelumnya.

2. Di menu Dashboard, terdapat 5 layanan yang tersedia yaitu Profil, Cek Saldo JHT, JHT Tahunan, Simulasi JHT dan e-Klaim JHT. Untuk melanjutkan proses Klaim, klik menu e-Klaim.

3. Setelah diklik, akan tampil pilihan di bawah ini. Pilih jenis klaim yang sesuai dengan keadaan Kita saat ini. Misalnya pilih menu “Mengundurkan Diri” apabila Kita sebelumnya mengundurkan diri dari perusahaan sebelum melakukan klaim.

4. Klik tombol “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses berikutnya, setelah sebelumnya sudah memilih jenis klaim.

5. Masuk menu selanjutnya, di halaman ini adalah halaman untuk mengupload berkas yang sudah disiapkan.

6. Syarat berkas yang perlu dipersiapkan setiap jenis klaim berbeda-beda. Misalnya di sini Kita memilih jenis klaim mengundurkan diri, maka Kita perlu menyiapkan Fotocopy buku rekening, Fotocopy identitas diri (KTP/Paspor), Fotocopy kartu keluarga, Kartu peserta BJPS Ketenagakerjaan dan Syarat keterangan pengundurun diri dari perusahaan kepada Disnaker.  Di bawah menu upload, perlu diperhatikan juga tulisan merah, yang biasanya tulisan tersebut menginfokan ketentuan file yang dapat diupload di website.

7. Setelah semua berkas sudah diupload, klik tombol “Simpan” di bagian bawah.

8. Proses e-Klaim lewat website sudah selesai. Di email yang Kita daftarkan akan masuk email pemberitahuan bahwa proses e-Klaim sudah berhasil dilakukan. Selanjutnya Kita tinggal menunggu apakah proses klaim secara online sudah bisa diterima atau masih belum. Biasanya butuh waktu paling lama 2 x 24 jam setelah Kita melakukan proses klaim online.

9. Setelah beberapa waktu dan proses klaim berhasil diterima, Kita akan dikirimi email pemberitahuan dari pihak BPJSK seperti di bawah ini. Proses selanjutnya, Kita tinggal pergi ke kantor cabang Kita akan melakukan proses verifikasi dan pencairan paling lambat 7 hari sejak diterimanya email pemberitahuan ini. Syaratnya tentunya dengan membawa semua dokumen ASLI yang sebelumnya sudah Kita upload juga di e-Klaim.

Sangat mudah dan praktis, dibanding harus mengantri dari pagi untuk sekedar mendapatkan nomor antrian. Karena apabila Kita melakukan proses klaim dengan e-Klaim, Kita akan menjadi prioritas di kantor BPJS nanti. Tapi tentunya perlu diperhatikan juga berkas yang WAJIB disipakan terlebih dajulu (Scan file berkas ASLI). Sehingga diwaktu melakukan proses e-Klaim tidak akan terkendala. Yang lebih penting tentunya, gunakan dana pencairan BPJSK dengan bijak agar lebih bermanfaat.

Semoga Bermanfaat

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close