Top Menu

     Diera teknologi yang serba maju sekarang ini, banyak hal yang bisa Kita lakukan menjadi lebih mudah. Hal-hal tersebut dapat berarti hal yang positif dan bahkan hal negatif. Hal negatif tersebut contohnya maraknya pemalsuan data diri untuk tujuan tertentu. Data diri yang biasanya dipalsukan antara lain KTP, KK, SIM, NPWP ataupun data lainnya. Biasanya pemalsuan data bertujuan untuk mengajukan proses kredit rumah (KPR), kendaraan baru, dana tunai atau hanya sekedar untuk menghindari wajib pajak dan hal lainnya. Bagi orang awam, untuk membedakan KTP asli dengan palsu ataupun KTP asli tapi palsu memang cukup sulit.

     Walaupun KTP palsu maupun KTP asli tapi palsu jika dilihat seksama fisik dan NIK nya bisa Kita ketahui asli atau tidaknya. Karena NIK pada KTP merupakan kode unik untuk membedah apakah KTP tersebut memang asli atau palsu. Namun kini seiring kemajuan teknologi informasi dari instansi yang mengeluarkan data/kartu tersebut, Kita dapat dengan mudah mengetahui apakah data tersebut asli atau palsu. Dan berikut adalah tips dan trik cara mengecek validitas dari KTP, NPWP dan Rekening Listrik secara online:

1. KTPhttps://data.kpu.go.id/dps.php

a. Masuk ke alamat https://data.kpu.go.id/dps.php. Kemudian pilih menu Pileg 2014 => DPS

cek ktp online 1

b. Pilih Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan yang ada di KTP

cek ktp online 2

c. Masukan NIK dan Nama pada kolom yang tersedia, kemudian klik “Cari

cek ktp online 3

d. Apabila data yang diinput muncul, berarti KTP yang Kita cek validitasnya 99% asli.

cek ktp online 4

Kenapa? Karena data tersebut sudah masuk ke dalam database KPU sebagai daftar pemilih, dan harus data KTP asli yang diinput oleh KPU. Tapi juga ada beberapa faktor yang memungkinkan data yang Kita input tidak tampil.

2. NPWP: https://ssereg.pajak.go.id/

a. Buka alamat https://ssereg.pajak.go.id/

cek npwp online

b. Isikan nomor NPWP dan Nama yang akan Kita cek, isikan juga email milik Kita yang valid untuk konfirmasi validitas NPWP yang Kita cek.

cek npwp online agusdar

c. Klik “Register”

Oh y sebagai catatan tambahan, apabila nomor NPWP yang Kita input adalah nomor yang benar maka Nama di form ssreg akan OTOMATIS muncul. Jadi Kita tidak perlu mengetikan nama pemilik nomor NPWP. Nah dari situ bisa Kita simpulkan kalau NPWP tersebut memang ASLI.

3. Rekening Listrik: http://www.pln.co.id/info-rekening/

a. Buka alamat http://www.pln.co.id/info-rekening/

cek rekening listrik online 1

b. Pilih menu Pelanggan, kemudian sub menu Riwayat Pre Paid Pelanggan

cek rekening listrik online 2

c. Akan masuk tampilan seperti di bawah ini. Di form Identitas Pelanggan, pilih Nomor Meter ataupun Id Pelanggan dari rekening listrik yang Kita akan cek validitasnya.

cek rekening listrik online 3

Klik tombol “Cari”, apabila muncul data maka rekening yang Kita cek adalah ASLI.

 

Mudah dan Murah pastinya. Jadi gunakan kemajuan teknologi dengan bijak untuk memudahkan kehidupan Kita tentunya.

Semoga Bermanfaat

About The Author

9 Comments

  1. cek NPWP di ssereg kok sekarang tidak muncul otomatis ya pak namanya.

  2. لولو نيلل مو نا - Reply

    Saya cek no ktp lewat situs kpu kok kolom pengisian nik tidak muncul y pak . Saya ingin mengecek keaslian ktp seseorang karena saya tertipu belanja online .
    Mohon penjelasanya ya pak .
    Terima kasih 🙂

  3. Bapak Agus Darmawan mungkin bisa coba aplikasi ini jika ingin validasi KTP, satu2nya yang masih berfungsi dengan baik.
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bhoechie.validasiktp
    Monggo dicoba.

  4. Yang buat cek npwp ga bisa mas error mulu saya udah coba berkali2 & kolom nama juga ga bisa diisi
    ada cara lain ga yah?

    • alternatif terakhir dan paling efektif paling langsung telefon ke kantor pajak tempat npwp itu dicetak mba. Kalau sekedar mengecek kevalidan atau tidaknya Inshaa Allah petugas mau menjawab. Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close