Top Menu

Banyak cara menghasilkan uang dari internet. Cara yang paling “tradisional” tentunya menjual produk lewat internet, baik dengan media sosial ataupun dengan toko online. Tapi banyak juga cara yang lebih “mutakhir”, diantaranya dengan bermain di forex/trading, mendaftar bisnis afiliasi seperti Amazon, menawarkan space iklan di blog yang kita miliki atau bahkan dengan ikut iklan PPC. Untuk cara yang terakhir, postingan ini akan menjelaskan apa itu iklan PPC, bagaimana cara daftarnya, lalu bagaimana cara memasang iklan tersebut dan bagaimana hasil akhirnya.

Perlu diketahui sebelumnya, iklan PPC atau Pay Per Click adalah sebuah metode kerjasama periklanan online yang akan membayar kita jika ada pengunjung yang mengklik iklan pada situs web atau blog milik Kita (zonanesia.net). PPC yang paling terkenal tentu saja Google AdSense (Baca cara mendaftarnya di sini: Cara Daftar PPC Google AdSense). PPC milik Google ini memang menjadi primadona bagi para bloger untuk mendapatkan dollar. Ditambah lagi Google AdSense punya banyak variasi iklan yang bakal tampil sehingga menarik bagi pengunjung blog untuk mengklik iklannya. Namun untuk memperoleh hak untuk memasang iklan PPC yang satu ini memang tidak mudah. Karena pihak Google menyeleksi dengan ketat blog yang mendaftar ke Google Adsense. Yang pasti blog tersebut harus punya pengunjung tetap yang cukup banyak dan harus blog dengan postingan yang seoriginal mungkin.

Tapi tidak usah khawatir bagi teman-teman yang baru akan memulai mencoba mendapatkan uang dari iklan PPC, karena selain Google Adsense masih banyak iklan PPC yang bagus juga. Iklan PPC lokal bisa juga menjadi alternatif bagi Kita. Apa saja iklan PPC lokal itu dan bagaimana cara daftarnya, Ini dia contoh 3 iklan PPC lokal dan cara mendaftarnya:

1. Adsensecamp.com

adsensecamp

AdsenseCamp adalah website Adsense Indonesia yang merupakan salah satu divisi usaha dari perusahaan CV JogjaCamp yang berada di Yogyakarta. AdsenseCamp merupakan website yang memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan menyediakan ruang pada website pengguna sebagai tempat pemasangan iklan bagi advertiser, yang akan dikenal dengan istilah web owners (Publisher).  AdsenseCamp juga memberikan kesempatan kepada para Advertiser yang berkeinginan mempromosikan iklannya yang bakal disebarkan kepada pemilik website yang memiliki jaringan di AdsenseCamp.

foto kantor adsensecamp

Cara daftar menjadi pengguna AdsenseCamp cukup mudah. Pilih menu “Get Started” pada tampilan awal web AdsenseCamp. Kemudian isi form “Registrasi” dengan lengkap yang meliputi username, password dan data diri lainnya. Setelah semua form diisi, tinggal konfirmasi lewat email yang tadi didaftarkan. Otomatis maka kita akan mempunyai akun yang bisa digunakan sebagai advertiser maupun web owners.

daftar adsensecamp

AdsenseCamp juga mempunyai beberapa ketentuan terutama apabila Kita menjadi web owners. Diantaranya untuk setiap klik valid yang dihasilkan pada iklan teks, web owners akan mendapatkan Rp 300,- (tiga ratus rupiah). Sedangkan untuk setiap klik valid yang dihasilkan pada iklan gambar, web owners akan mendapatkan Rp 400,- (empat ratus rupiah). Ketentuan lengkapnya bisa dibaca di sini: Term Of Services

 

2. Kliksaya.com

kliksaya

KlikSaya.Com adalah pasar periklanan online Indonesia. Dengan mempergunakan KlikSaya, pengguna dapat memasang iklan  ke berbagai situs terkemuka, dengan biaya yang terjangkau, serta fitur dan laporan iklan yang lengkap dan transparan.

Sistem biaya pemasangan iklan yang KlikSaya gunakan adalah Pay-Per-Click (PPC) atau Bayar per Klik. Mengapa PPC? Karena sistem ini adalah yang paling fair baik bagi pemasang iklan maupun penerbit iklan. Sistem ini fair karena pemasang iklan hanya membayarkan penerbit sesuai dengan kinerja dari situs penerbit. Bila penerbit bisa menghasilkan banyak pengunjung dan berkualitas bagus, maka komisi untuk penerbit otomatis akan menjadi lebih besar. Sebaliknya bila situs penerbit kebetulan sedang sepi seperti di hari libur atau sedang terkena gangguan teknis/down, maka biaya yang perlu dibayar oleh pemasang iklan menjadi lebih kecil.

Cara daftar menjadi pengguna KlikSaya juga sangat mudah. Pada halaman awal KlikSaya, pilih menu “Join KlikSaya”. Masuk menu registrasi, isi semua form yang ada di menu tersebut termasuk email dan nomer HP. Kemudian klik “Daftar”. Proses ini tidak memerlukan aktivasi lewat email, namun Kita akan menerima email bahwa telah sukses melakukan pendaftaran di KlikSaya.

daftar kliksaya

Seperti halnya AdsenCamp, KlikSaya juga menyediakan fitur Pengiklan dan Penerbit. Jadi selain Kita bisa mendapatkan rupiah dengan cara memasang iklan KlikSaya pada blog, Kita juga dapat memasangkan blog Kita sebagai iklan di website/blog orang lain. Website yang sudah terdaftar di KlikSaya juga sangat banyak (Bisa dilihat di Daftar Zona Iklan). Untuk penerbit, komisi yang akan didapatkan setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan KlikSaya di blog kita akan mendapat Rp 400,- (empat ratus rupiah). Jadi tinggal pilih saja, mau jadi Pengiklan atau cuma sekedar Penerbit atau malah mencoba keduanya.

 

3. Bloggerbersatu.com

bloggerbersatu

BloggerBersatu.com adalah Website Jaringan Periklanan Online berbasis PPC / Pay Per Klik atau Bayar Per Klik dengan harga termurah  yang menawarkan jasa periklanan kepada para Advertiser (Pemasang Iklan) yang berkeinginan mempromosikan website atau usaha onlinenya yang bakal disebarkan kepada ribuan web owners / blogger yang telah terdaftar di BloggerBersatu.com.

BloggerBersatu.com juga merupakan website yang memberikan kesempatan bagi anda para Publisher (Penerbit Iklan) untuk memperoleh pulsa gratis dengan menyediakan ruang / space pada website atau blog pengguna sebagai tempat pemasangan iklan bagi advertiser.

Cara daftar di BloggerBersatu juga sesimple daftar iklan PPC lainnya. Pada halaman awal web BloggerBersatu, ada dua pilihan menu yang pertama “Bagaimana Caranya Menjadi Advertiser/Pemasang Iklan”. Yang kedua adalah “Bagaimana Caranya Menjadi Publisher/Penerbit Iklan”. Berbeda dengan 2 iklan PPC sebelumnya, yang cukup satu kali mendaftar maka akan otomatis menjadi Pengiklan maupun Penerbit. Di BloggerBersatu harus mendaftar satu per satu. Apabila Kita memilih menjadi penerbit, maka klik menu “Publisher/Penerbit Iklan”. Lalu isi semua form registrasi kemudian klik “Daftar”. Kita juga harus melakukan konfirmasi pendaftaran lewat email yang didaftarkan. Cukup mudah kan, sekarang tinggal mengelola iklan PPC dari BloggerBersatu yang akan Kita tampilkan di blog Kita.

daftar bloggerbersatu

Untuk komisi yang akan didapat apabila Kita menjadi Publisher / Penerbit Iklan yaitu Rp 100,- (seratus rupiah). Memang dibanding 2 iklan PPC sebelumnya, komisi dari BloggerBersatu lebih kecil. Namun batas minimal nominal pencairannya cukup Rp 6.000,- (enam ribu rupiah) dan akan langsung ditransfer dalam bentuk pulsa ke nomor HP yang Kita input pada proses pendaftaran. Berbeda dengan 2 iklan PPC sebelumnya yang harus mencapai minimal Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) baru ditransfer ke rekening bank yang Kita daftarkan.

Dari ketiga iklan PPC lokal di atas, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada salahnya dicoba bukan, karena selain gratis memasang iklan PPC juga cukup menguntungkan. Yang penting kita rajin-rajin mengupdate isi blog Kita supaya pengunjung blog semakin meningkat. Di postingan yang akan datang Saya akan membahas bagaimana cara mengelola dari ketiga iklan PPC di atas.

Semoga Bermanfaat

Tambahan Istilah:

AdsenseCamp: Advertiser dan Web Owners
KlikSaya: Pengiklan dan Penerbit
BloggerBersatu: Advertiser/Pemasang Iklan dan Publisher/Penerbit Iklan
Ketiga iklan PPC di atas punya istilah berbeda untuk penamaan Pengiklan dan Penerbit, namun maksud dan artinya sama saja.

 

About The Author

2 Comments

  1. saya pelajari dulu ya. soalnya masih newbie di ppc. selama ini maen diptr aja.

  2. terima kasih atas info tentang cara mendaftar iklan ppc & salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close