Top Menu

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Tentunya Google AdSense menjadi primadona di kalangan blogger sebagai mesin pencetak dollar yang efektif dan familiar. Namun untuk memasang adsense dari Google ini tidaklah mudah walaupun sebenarnya tidak susah juga. Tim Google akan memverifikasi blog yang mendaftar, dan dengan memperhatikan beberapa kriteria tertentu, tim akan memutuskan blog tersebut sudah layak atau belum untuk dipasang iklan dari Google. masih bingung caranya bagaimana?

Berikut langkah-langkah terbaru mendaftar Google AdSense:

1. Masuk ke google.com/AdSense

2. Jika Kita sudah login ke akun Google/Gmail, maka akan langsung diarahkan ke dalam Dashboard Google Adsense

3. Ada tiga langkah utama dari proses pendaftaran Google AdSense, yaitu:

  1. Memverifikasi Nomer telefon: Langkah ini otomatis akan terlalui apabila Kita memnag sudah memverifikasi akun Google/Gmail sebelumnya dengan nomor telefon pribadi
  2. Menginputkan alamat tempat tinggal: Langkah ini dimaksudkan nantinya apabila Blog Kita disetujui oleh Google AdSense, untuk proses pembayaran komisi melalui Western Union dapat diambil di kantor pos terdekat alamat tempat tinggal
  3. Mengkoneksikan Blog Kita dengan akun Google AdSense: Langkah ketiga ini juga merupakan langkah verifikasi dari tim Google apakah nantinya Blog Kita disetujui untuk di pasang AdSense atau tidak.

4. Untuk langkah pertama dan kedua seharusnya tidak ada kendala, selanjutnya langkah ketiga bagaimana cara mengkoneksikan Blog Kita dengan akun AdSense.

Copykan semua kode HTML yang tersedia di dalam box ke dalam Blog Kita

5. Kebetulan Blog yang Saya pakai menggunakan WordPress, Masuk ke menu Dashboard, pilih menu Appearance, lalu pilih sub menu Editor.

Pilih file header.php kemudian pastekan kode HTML antara kode <Head> dan </Head> seperti gambar di atas. Jangan lupa save perubahan yang terjadi.

6. Kembali lagi ke menu Dashboard Google AdSense, apabila ketiga proses sudah diselesaikan, pilih menu Next.

Kalau ketiga proses sudah diselesaikan dengan benar, maka akan tampil seperti gambar di atas

7. Selanjutnya Kita tinggal menunggu beberapa hari atau malah dalam hitungan jam apakah Blog Kita disetujui untuk memasang Google AdSense atau belum

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Tulisan ini merupakan update dari tulisan sebelumnya dengan judul yang sama yaitu: Cara Mendaftar Google AdSense

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close