Top Menu

Google memiliki banyak sekali tools yang bisa Kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada Gmail untuk tools mengirim dan menerima email, Drive yang digunakan sebagai tempat penyimpanan berbasis cloud, Google Search yaitu website untuk mencari tahu segala informasi yang ada bahkan tools yang digunakan untuk mengembangkan website yang Kita miliki. Tools Google yang biasanya digunakan untuk mengembangkan website antara lain Google Analytic, Google AdWords, Google AdSense dan Google Search Console. Google Search Console sendiri adalah tools google yang digunakan sebagai optimasi SEO website. Nah bagaimana cara untuk mendaftar google search console? Berikut adalah tutorial mudahnya:

Dalam tutorial kali ini website yang dibangun menggunakan platform WordPress dan sudah terinstal plugin Yoast SEO sebagai plugin SEO tambahan. Yoast SEO memungkinkan Kita menghubungkan situs web Kita ke Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster Tools) sehingga Kita dapat melacak bagaimana Google mengindeks situs web Kita.

  • Masuk ke halaman Google Search Console (Dulunya Google Webmaster Tools), masuk ke akun Google Kita dan klik tombol berwarna merah untuk menambahkan website.kb-add-website-to-gsc-1
  • Setelah mengeklik tombol untuk menambahkan situs Kita, cukup ketik URL situs web Kita di dalam kotak. Klik tombol biru untuk melanjutkan. Pastikan Kita memasukkan url dengan lengkap. Misalnya, jika situs Kita adalah http://yourdomain.com itu harus berupa url yang tepat. Jika situs Anda menggunakan WWW atau menggunakan HTTPS, itu perlu disertakan. Jika tidak yakin dengan situs Kita, bicarakan dengan penyedia hosting website Kita.kb-add-website-to-gsc-2
  • Dapatkan kode itu. Kita akan ingin menggunakan tag HTML di bawah Metode Alternatif. Cukup salin kode yang ada di tanda kurung setelah konten, sesuai gambar di bawah ini.
  • Masuk ke situs WordPress Kita. Saat masuk, Anda akan berada di ‘Dasbor’. Di sisi kiri, Kita akan melihat sebuah menu. Di menu itu, klik ‘SEO’.
  • Di menu itu, klik ‘SEO’.
    Pengaturan ‘SEO’ akan diperluas untuk memberi Kita pilihan tambahan. Klik ‘Dasbor.
    Yoast SEO > Dashboard
  • Klik tab ‘Webmaster Tools’ dan tambahkan kode di bawah ‘Google Search Console’. Klik ‘Save Changes’.
  • Beralih kembali ke Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster Tools) dan klik ‘Verify’. (Lihat gambar di Langkah 3)

Selamat! Anda telah menghubungkan situs web Anda dengan Google Search Console (mantan Alat Webmaster Google)! Sekarang setelah Anda memverifikasi dan menghubungkan situs web Anda, Anda dapat Submit Your Sitemap!

Sangat simple dan yang pasti powerfull, karena Google sendiri sebagai mesin pencari nomor satu di dunia pastinya sangat berperan besar untuk optimasisasi website agar dengan mudah terindeks oleh mesin pencari baik dari Google sendiri, maupun dari mesin pencari di luar Google.

Selamat mencoba, bila ada kesulitan jangan sungkan untuk komen di bawah ini.

About The Author

3 Comments

  1. […] Caranya cukup sederhana, Kita tinggal menambahkan code meta dari search engine pada kolom yang tersedia. Untuk langkahnya silakan ikuti tutorial cara verifikasi website di Google. […]

  2. makasih admin infonya sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close