Top Menu

     Di era ekonomi digital saat ini semua hal dapat mendatangkan keuntungan. Dari Adsense, Affiliate, Product Creator, Toko Online sampai Dropship menawarkan berbagai keunggulan dan kelebihannya sendiri. Yang “mutakhir” tentunya apabila Kita dapat memperoleh penghasilan lewat Adsense, Afiiliate ataupun iklan PPC yang lain menggunakan blog. Tapi yang “tradisional” pun bisa menjadi opsi Kita untuk mendapatkan rejeki. Yaitu dengan jualan produk baik itu produk buatan sendiri ataupun sekedar menjadi dropship/reseller. Ada beberapa fasilitas saat ini yang digunakan untuk menjual produk lewat online, diantaranya menggunakan toko online, forum jual beli, blog jualan, media sosial (facebook, twitter, instagram dll) dan yang terbaru tentunnya menggunakan website jual beli.

     Sejak beberapa waktu yang lalu banyak muncul website jual beli. Website tersebut yang dulu sekedar menjadi penjual barang dagangannya sendiri, tetapi sekarang website tersebut juga menjadi media bagi para calon penjual untuk membuka “lapak” nya sendiri. Sebut saja Bukalapak.com ataupun Tokopedia.com. Forum jual beli yang dikemas dalam tampilan website menarik ini lebih seperti pasar/mall online yang menyediakan ruang bagi para pedagang untuk menggelar barang dagangannya. Fitur-fitur yang ada di dalam website tersebut juga beraneka ragam, mulai dari display toko, cara pembelian/pembayaran, pilihan cara pengiriman, SEO dan fitur unik lainnya yang tentunya dapat menjaring calon pembeli lewat online. Lalu bagaimana cara membuka “lapak” Kita di website tersebut? Berikut langkah-langkah membuka “lapak” di Bukalapak.com.

1. Buka alamat website Bukalapak.com. Pilih tombol “Daftar”.

Bukalapak agusdar 01

2. Isi form pendaftaran seperti di bawah ini. Pastikan email yang didaftarkan valid, karena akan ada proses verifikasi email. Bila sudah diisi, klik tombol “Daftar”.

Bukalapak agusdar 02

3. Masuk ke email yang tadi didaftarkan, akan ada email masuk dari pihak Bukalapak. Klik link yang ada di email tersebut untuk proses verifikasi email.

Bukalapak agusdar 03

4. Setelah diverifikasi, Kita sudah dapat menggunakan akun Kita di Bukalapak. Sebelum Kita memulai berjualan, langkah pertama yang akan Kita lakukan adalah mengisi Informasi Akun. pilih menu “Ringkasan Akun” seperti gambar di bawah ini, kemudian klik.

Bukalapak agusdar 04

5. Di dalam halaman Informasi Akun, isi semua form dengan data yang benar. Hal ini dimaksudkan agar pembeli semakin yakin saat mengunjungi lapak kita dengan adanya data yang lengkap serta memudahkan pula bagi pihak Bukalapak dalam proses konfirmasi segala sesuatunya.

Bukalapak agusdar 05.1

Bukalapak agusdar 05.2

6. Masuk ke halaman Informasi Lapak, Di sini Kita akan memulai membangun lapak kita mulai dari mengupload foto header dan deskripsi dari lapak yang akan dibuat.

Bukalapak agusdar 06

7. Di Informasi Pengiriman, Kita dapat memilih jasa pengiriman mana saja yang akan Kita pakai. Ada 6 jasa pengiriman yang disediakan pihak Bukalapak. Setelah memilih, klik tombol “Simpan”.

Bukalapak agusdar 07

8. Selanjutnya Informasi Rekening Bank. Di sini Kita melengkapi nomor rekening yang menjadi tujuan pembayaran nantinya bagi para pembeli karena proses pembayaran di Bukalapak semuanya menggunakan transfer bank.

Bukalapak agusdar 08

9. Baru selanjutnya Kita mengupload foto, deskripsi dari barang-barang yang akan Kita jual. Pada menu “Jual Barang” akan ada 2 pilihan cara upload, yaitu Jual Satu Barang (Satu per satu) dan Jual Banyak Barang Sekaligus. Kalau Saya pribadi lebih suka menggunakan Jual Satu Barang karena tidak terlalu ribet. Isi menu tersebut selengkap dan sedetail mungkin sehingga dapat menarik pembeli lebih banyak terutama foto barang yang dijual. Bila sudah, klik tombol “Simpan” di bagian bawah.

Bukalapak agusdar 09.1

Bukalapak agusdar 09.2

10. Setelah proses upload barang sukses, maka akan tampil seperti foto di bawah ini:

Bukalapak agusdar 10

11. Nah setelah semua barang yang akan Kita jual sudah diupload, Kita dapat melihat Lapak Kita di alamat Bukalapak yang Kita daftarkan di awal proses pendaftaran. Contoh seperti di bawah ini:

Bukalapak agusdar 11

Sangat mudah dan menyenangkan tentunya, serta yang pasti GRATIS!!! Walaupun Bukalapak.com juga menyediakan fitur-fitur premium seperti promote to top yang bisa diperoleh dengan membeli dengan harga tertentu.

Bagi yang suka tampil gaya dengan jam tangan keren, silahkan kunjungi juga lapak Saya di link berikut: Agusdar-Watch. Tetap semangat demi Indonesia yang lebih baik.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close