Top Menu

    Dota 2 masih menjadi topik yang akan Saya angkat dalam postingan kali ini. Setelah sebelumnya Saya memposting bagaimana cara mengedit profil Dota 2 biar makin keren, sekarang Saya akan membahas tentang bagaimana cara ngasih report dan bahkan command setelah main game Dota 2. Istilah report dan command memang familiar di Dota 2. Karena game ini memang online (Ya walo ada versi offlinenya juga), jadi pihak developer game benar-benar mengawasi jalannya permainan, ya salah satunya lewat partisipasi gamer secara langsung. Walao sampe saat ini Dota 2 gak ada cheat (Gak kaya game online berbasis server Indonesia), tapi game harus tetap diawasi tentunya biar gamemya makin seru dan asyik. Nah fasilitas report dan command inilah salah satu aplikasi bagi gamer untuk membantu developer menjaga Dota 2 agar tetap menarik. Apa itu report dan commend? Trus bagaimana cara memberikan report dan commend?

     Bagi newbie (Noob) Dota 2 seperti Saya, report dan commend memang gak terlalu penting. Toh juga Saya kurang begitu mengerti artinya. Tapi seiring berjalannya waktu, Saya sedikit banyak paham juga. Report itu istilah bagi Kita apabila ingin melaporkan gamer lain, baik pas jadi teman team maupun musuh. Kenapa harus dilaporkan? ada banyak sebab. Antara lain, bahasa/ucapannya pas ngobrol kasar, trus sengaja mengalah dengan musuh (Apapun alasannya), bisa juga karena kabur (Abandon) pas game masih aktif dan alasan lainnya yang tentunya bisa memberikan efek buruk pada team ataupun gamer lain saat game berlangsung. Nah kalau command itu kebalikannya report. Kalo report itu yang dilaporkan gamer bermasalah, kalo command itu mirip memilih MVP (Most Valuable Player) setelah game selesai (Pas game masih berlangsung juga bisa si). Biasanya gamer yang mainnya jago yang bakal Kita pilih sebagai command.

Gimana cara report ato ngasih command, ini dia caranya:

1. Masuk ke permainan Dota 2.

dota 2 agusdar 02

2. Pas di dalam permainan, arahkan mouse/kursor ke sebelah kiri atas layar. Klik ikon yang sudah ditandai seperti gambar bawah ini. Muncul tampilan hero/player yang sedang ada di dalam permainan. Pilih salah satu hero yang akan direport.

dota 2 agusdar 03

3. Apabila Kita pilih “View Dota Profil” maka yang akan tampil seperti gambar di bawah ini.

dota 2 agusdar 04

4. Nah baru kalo Kita pilih Report Player, tampilannya akan seperti berikut.

dota 2 agusdar 05

5. Ada 3 opsi/alasan mengapa Kita akan melaporkan hero yang Kita pilih tadi. Saya gak begitu paham masing-masing pilihannya, tapi secara garis besar yaitu: karena bahasa yang kasar, sengaja mengalah pada musuh dan sengaja kabur sewaktu game masih berlangsung (Mohon dikoreksi klo salah). Setelah pilih salah satu alasan, Kita juga bisa menambahkan tambahan kata-kata (Dalam bahasa Inggris tentunya) di kolom “More Information”. Setelah selesai, klik “Submit”.

dota 2 agusdar 06

6. Gambar di bawah ini apabila Kita memilih “Inspect Hero”.

dota 2 agusdar 07

7. Kalo tadi Kita baru menyelesaikan Report, nah kali ini Kita akan mencoba command player. Caranya pilih salah satu hero dan klik, lalu pilih “Command Player”.

dota 2 agusdar 08

8. Kali ini akan ada 4 kategori tentang Command player. Diantaranya teaching dan leader (2 lainnya lupa). Pilih salah satu kategori saja, dan bila diperlukan tambahan kata-kata (Dalam bahasa Inggris tentunya) di kolom “More Information”. Setelah selesai, klik “Submit”.

dota 2 agusdar 09

Sampai disitu ada yang masih bingung? Untuk report, hukuman yang diberikan bermacam-macam apabila Kita terbukti melakukan salah satu dari ketiga alasan di atas. Saya sendiri sudah pernah mengalami, karena dengan sengaja abandon saat game masih berlangsung, Saya tidak bisa ikut mode “All Pick”. Yang bisa Saya ikuti cuma game mode “Single Draft”, dan Saya harus menang minimal sekali supaya diijinkan ikut game mode “All Pick”. Ya paling tidak jadi tahu gimana kalau kena hukuman. Nah untuk command, dari 99 game yang sudah Saya mainkan sampai saat ini, Saya baru dapat 2 command. Ya lumayan lah untuk pemula. Hehehe

Jadi walau cuma sekedar main game, bermain yang jujur ya guys. Have Fun, Jangan lupa nickname Dota 2 Saya Agusdar.com, kali saja ada yang mau invite party.

Semoga Bermanfaat

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close