Top Menu

Instagram sekarang ini sudah menjadi media sosial paling populer dengan pengguna aktif mencapai milyaran orang di seluruh dunia. Media sosial berbagi foto dan video ini sangat efektif untuk berbagi, ingin menjadi tenar atau bahkan untuk mendapatkan keuntungan (Endorse dan Marketing). Tidak heran banyak sosial media lain baik yang termasuk di dalam grup facebook (Karena Instagram masih satu perusahaan dengan Facebook) maupun bukan sering menjadikan Instagram sebagai sosial link mereka. Tidak hanya media sosial, blog dan website yang ada saat inipun juga demikian. Banyak pemilik website dengan berbagai macam kategori web, menaruh link Instagram mereka. Banyak keuntungan dari hal ini, antara lain untuk:

  1. Menambah jumlah follower instagram dari pengunjung website
  2. Membagikan foto terupdate dari aktifitas pemilik website di instagram
  3. Mempercantik tampilan website karena semakin keren dengan adanya instagram

Lalu bagaimana caranya memasang instagram ke dalam sebuah website yang tentunya di website tersebut belum ada menu instagramnya? Saya mengambil contoh tutorial memasang instagram di blog dengan framework WordPress. Begini caranya:

1. Masuk ke halaman Dashboard => klik menu Plugin dan kemudian pilih Add New. Ketikan Instagram Feed di kolom pencarian. Setelah ketemu, Instal plugin tersebut. Kebetulan yang Saya pilih adalah Instagram Feed dari Smash Balloon.

2. Setelah diinstal, masuk ke menu Instagram Feed dan lakukan Configure. Hal yang perlu dilakukan pertama adalah mendapatkan User ID dari instagram yang akan dipasang. Caranya klik This Tool seperti gambar di bawah ini untuk mendapatkan User ID.

3. Masuk ke halaman baru, di sini Kita cukup memasukan username instagram di dalam kolom yang tersedia dan kemudian Klik Get Instagram ID User. Otomatis User ID yang Kita cari akan muncul dan copy User ID tersebut.

4. Pastekan ke dalam kolom seperti gambar di bawah ini di menu Configure. Langkah kedua, klik tombol biru Login and Get My Access Token and User ID. Langkah ini diperlukan untuk mendapatkan Token dengan  cara login menggunakan username dan password instagram yang akan Kita pasang. Sebenarnya ini dimaksudkan untuk mengkonfigurasi akun instagram dengan akun website yang akan Kita pasang. Setelah mendapatkan Token dan sebelumnya User ID, jangan lupa Save pada bagian bawah langkah Configure.

5. Selanjutnya masuk ke menu Customize. Di sini Kita akan mengatur tampilan instagram feed seperti apa yang akan muncul di website. mulai dari panjang, lebar, jumlah foto atau kolom dan warna background dapat Kita atur sesuai selera. Jangan lupa klik Save untuk menyimpan pengaturan yang sudah diubah.

6. Langkah ketiga adalah mendapatkan kode HTML dari instagram feed. Masuk ke menu Display your Feed. Copy kan kode seperti di bawah ini. Paste kode ini bisa di mana saja, seperti postingan baru, halaman baru ataupun lama dan juga di widget baik di sidebar ataupun footer. Dan yang Saya pilih nantinya akan Saya pasang di Widget.

7. Karena Saya memilih untuk memasang di Widget, masuk ke menu Widget dan pastekan kode instagram feed tadi ke dalamnya. Jangan lupa beri judul agar lebih menarik dan Save pengaturan yang sudah dikerjakan.

8. Dan hasilnya dapat Kita lihat sendiri dengan mengunjungi tampilan antarmuka website Kita.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Postingan ini didukung oleh Cinta Elisia Skin Care, Klinik Kecantikan Perawatan Wajah dan Sliming Jogja yang Murah dan Berkualitas. Kunjungi juga website resminya di alamat www.CintaElisiaSkinCare.com

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close