Top Menu

Email merupakan Surat elektonik sebagai sarana menerima dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet. Layanan e-mail dapat dikelompokkan dalam 2 basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Untuk para pengguna email berbasis client, aktifitas email dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, contohnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet). Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) email dari mailbox.

Sedangkan untuk email berbasis web, client wajib masuk ke halaman penyedia email dengan bantuan internet (online). Contoh penyedia jasa email berbasis web adalah, yahoo dan gmail. Di dalam email berbasis web, terdapat menu email forwarding. Pengertian Email forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail maupun yang mempunyai banyak email karena berbagai alasan tertentu. Nah dalam postingan kali ini, Saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana caranya untuk melakukan email forwarding.

Sebelumnya persiapkan dua email, email pertama berperan sebagai email yang akan diteruskan (Forwarding), dan email kedua adalah email tujuan forward. Saya sendiri memakai dua akun email dari Gmail.com

1. Masuk ke alamat email yang ingin yang akan diteruskan (Forwarding). Pilih menu Forwarding and POP/IMAP. Muncul texboxt seperti gambar  di bawah ini. Ketikan alamat email tujuan Forwading ke dalam text box yang tersedia, kemudian klik Next.

2. Masuk ke inbox email kedua, yaitu email yang Kita masukan alamatnya di langkah pertama. Pada inbox, Kita akan menerima email konfirmasi forwarding dari email pertama. Copy kan Confirmation code seperti pada gambar di bawah ini.

3. Kembali lagi ke email pertama, masukan Confirmation code yang tadi di copy ke dalam textbox seperti gambar di bawah ini. Kalau sudah, klik Verify dan jangan lupa klik Save Change di menu bagian bawah.

4. Hasilnya seperti gambar di bawah ini apabila langkah di atas sukses dilakukan.

5. Untuk menguji apakah benar apabila ada email yang masuk di email pertama langsung akan diteruskan ke email kedua (email forward), Kita buktikan. Caranya masuk menggunakan email ketiga, lalu buat pesan yang ditujukan ke alamat email pertama. Contohnya seperti gambar berikut.

6. Cek kembali inbox email pertama dan email kedua, apabila berhasil maka di kedua email akan tampil kiriman email dari email ketiga seperti gambar di bawah ini.

 

7. Email kiriman dari email ketiga masuk di kedua email.

Tentu saja hal ini sangat bermanfaat terutama bagi orang yang mempunyai beberapa akun email sekaligus tapi enggan untuk membuka semua email secara bersamaan dalam satu gadget, misal email pribadi, email domain kantor, email tempat kuliah atau bahkan email untuk promosi (jualan). Dengan cara ini, email yang masuk di email yang lain, otomatis akan terforward ke dalam email utama Kita.

 

Semoga Bermanfaat

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close