Top Menu

Tahun ajaran baru segera dimulai. Banyak masyarakat yang berbondong-bondong mendaftarkan dirinya masuk perguruan tinggi setelah lulus sekolah maupun yang berkeinginan melanjutkan studi baik pasca sarjana maupun doktoral. Perguruan tinggi negeripun jadi favorit, salah satunya Universitas Gadjah Mada. Di UGM sendiri untuk seleksi masuk, baik dari pendaftaran sampai pengumuman sudah mempunyai sistem informasi khusus. Ujian Masuk UGM atau sering disingkat UM UGM adalah sistem tersebut. UM UGM dapat dibuka melalui alamat um.ugm.ac.id. Nah berikut adalah ringkasan cara pendaftaran di um.ugm:

1. Masuk ke dalam website um.ugm.ac.id

2. Klik form pendaftaran akun baru, kemudian isikan data Anda dengan benar. Data meliputi alamat email aktif, data diri lengkap dan PIN. PIN di sini adalah kode konfirmasi tambahan untuk login selain email dan captha.

3. Apabila akun sudah terdaftar, akan muncul notifkasi sebagai berikut:

4. Paling lama dalam satu hari kerja berikutnya Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari pihak UM UGM. Silahkan klik link aktivasi akun seperti gambar berikut:

5. Setelah proses pendaftaran berhasil, langkah selanjutnya tentu saja melengkapi berkas pendaftaran. Sebelumnya login dengan akun yang sudah didaftarkan tadi.

6. Masuk dalam akun pendaftaran, yang Anda harus lakukan selanjutnya adalah memilih program studi yang akan ditempuh. Setelah memilih, jangan lupa klik tombol simpan.

7. Ada 9 langkah utama dalam pendaftaran di UM UGM yaitu, Pendaftaran, Pemilihan Program Studi, Pengisian Data, Upload Dokumen, Rekomendasi, Penguncian Data, Pembayaran Pendaftaran, Cetak Bukti Peserta dan Pengumuman (Ini berlaku untuk jenjang pasca sarjana, untuk jenjang lain mungkin bisa beda dengan jenjang ini). Semua langkah tersebut harus dilewati satu per satu. Apabila poin tersebut sudah selesai, icon lingkaran kecil berwarna merah akan berubah menjadi hijau.

8. Perhatikan setiap petunjuk di poin tersebut, karena harus teliti supaya tidak terjadi kesalahan nantinya dalam proses pendaftaran. Baca juga petunjuk pendaftaran dan persyaratan lainnya yang ada di menu utama UM UGM sesuai jenjang yang dipilih.

Paling tidak itulah gambaran singkat cara pendaftaran di UM UGM. Untuk setiap detail, prosedur, syarat berkas, jadwal pendaftaram, ujian masuk dan hasil ujian dapat langsung Anda update melalu website tersebut.

Semoga Bermanfaat

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close