Top Menu

Setelah sekian lama AgusDar.com tidak memposting postingan tentang Dota 2, akhirnya Hari Ini, Jam Ini, Menit Ini dan Detik Ini (Lebay) memposting juga. Nah judul yang diangkat kali ini adalah “Cara BackUp File Dota 2“. Topik ini dipilih karena banyaknya request dari banyak fans Dota yang juga kebetulan pembaca setia Blog AgusDar.com, saking banyaknya WA, Email, ataupun Message Box AgusDar.com penuh sesak sesesak Jakarta (Bohong Banged). Dota 2 sebagai game MOBA yang paling aktif dan digemari di dunia ini memiliki data instalan yang cukup besar. Hal ini akan sangat dirasakan oleh player yang menggunakan PC sendiri di rumah terlebih di negara yang akses internetnya masih pas-pasan seperti Indonesia. Bagaimana tidak? Apabila mendowload file sebesar 10-20 GB dengan kecepatan 5 mbps (Misalkan), berapa lama sampai proses download benar-benar selesai. Apalagi 5 mbps nya cuma bahasa iklan yang biasanya kecepatan download bahkan tidak sampai setengahnya.

Steam sendiri mempunyai sistem backup dan restore yang sangat baik sehingga memudahkan user steam umumnya, ataupun player Dota 2 pada khususnya tidak perlu repot-repot dan menunggu lama untuk mendownload game favoritnya (Puja Lord Gaben). Ini juga berlaku untuk player “mood-mood-an”. Maksudnya player yang seminggu main seminggu uninstall dan berulang-ulang sampai ajal memisahkan. Kalau harus download dari awal, kemudian instal dan belum ditambah proses update patch yang kadang juga cukup besar, butuh waktu sehari semalam baru Kita bisa main game nya. Terus bagaimana caranya Kita bisa menginstal Dota 2 di Steam tanpa mendowload file bergiga-giga? Ini dia caranya:

Sebelumnya yang perlu diperhatikan adalah di sini game Dota 2 sudah terinstal di Steam Kita. Sekali lagi, Dota 2 sudah terinstal di Steam. Kalau belum? Minta ke warnet atau ke teman backup-an datanya. Langsung saja berikut cara backup dan restore game Dota 2 lewat Steam:

1. Buka aplikasi Steam Kita, pilih menu Steam lalu dropdown dan klik submenu Backup and Restore Games

2. Lanjut, setelahnya Kita akan dihadapkan pada dua pilihan, mau Backup atau Restore. Nah karena langkah pertama Kita Backup, jadi pilih menu Backup currently installes programs.

3. Nah kalau game yang terinstal di Steam ada banyak, pasti yang muncul di langkah ini juga banyak. Tapi karena cuma Dota 2 yang ada di Steam q, jadi ya mau gak mau pilih Dota 2 (Kan memang judulnya backup Dota 2 si). Kapasitas harddisk yang ibutuhkan untuk menyimpan file backup Dota juga akan terlihat di langkah ini. Kalau di tempat q sampai 18541 MB alias 18,5 GB.

4. Setelah milih game yang akan dibackup, Kita harus menentukan lokasi penyimpanan file. Perlu diperhatikan juga karena file yang dibackup lumayan gede, jadi simpanlah di penyimpanan yang ruang kosongnya masih banyak.

5. Langkah 5, tinggal nunggu prosesnya selesai deh. Lama proses tergantung besar file yang dibackup tentunya. Dan tenang saja, Kita tidak perlu ditakutkan akan kehabisan kuota atau internet lemot selama proses berlangsung, karena proses backup TIDAK PERLU akses internet sama sekali. Walau Kita tetap membutuhkan akses internet untuk mengakses program Steam.

6. Setelah ribuan detik Kita menunggu, selesai sudah transfer backupnya. Tinggal Open Backup Folder untuk melihat file hasil backup.

7.  Taadaaaa…ini dia Dota 2 Fresh From The Open.

8. Folder terbagi menjadi 3 Disk seperti gambar di bawah ini.

9. Nah kalau ini isi file masing-masing tiap disk/folder.

10. Untuk proses backup berarti sudah selesai alias The End. File backup tadi bisa Kita gunakan untuk menginstal Dota 2 ke komputer/laptop yang lain. Syaratnya tentu saja pertama harus terinstal Steam di komputer yang akan di Restore lho y. juga jangan lupa yang kedua adalah akses internet, karena walau proses backup tidak membutuhkan akses internet, tapi untuk mengakses Steam harus ada akses internet.

Mudah dan pastinya sangatlah murah, tidak menghabiskan kuota maupun nunggu sampai berhari-hari untuk sekedar download game Dota 2. Masih belum percaya juga? silahkan coba sendiri. Pengalaman pribadi kalau Q sendiri download menggunakan akses 4G Halo Telkomsel, paling gak sampe sejam juga sudah bisa download dan update Dota 2, cuma tentunya akan sangat menghabiskan kuota. Nah satu lagi, kalau sudah terinstal dan memang internet lagi lemot, coba saja main Practice Mode. Karena mode ini tidak membutuhkan akses internet sama sekali, walau perlu dicatat, Kita tetap mebutuhkan akses internet untuk mengakses Steam maupun Login Dota 2 nya.

Kura-kura seperti itu..

Semoga bermangfaat..Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat (Yang Positif) bagi orang lain.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close