Top Menu

     Pada tahun ini, 2016 Indonesia memasuki usia kemerdekaannya yang ke-71. Banyak hal sudah dilalui bangsa ini, dari suka maupun duka. Mulai dari pemberontakan diawal kemerdekaan, runtuhnya rezim-rezim yang memerintah, pergantian presiden, bencana alam yang mengerikan, krisis ekonomi, terorisme dan gerakan separatisme serta hal-hal lainnya. Menurut berbagai kalangan bahkan dunia, Indonesia masih termasuk negara berkembang. Dengan pendapatan perkapita masyarakatnya pertahun relatif rendah dibanding negara maju, Indonesia bahkan masih tertinggal dari negara-negara tetangga Aseannya seperti Thailand, Malaysia, Singapura dan Brunei. Pemerintah sebagai regulator mengupayakan berbagai cara agar manusia Indonesia mendapatkan penghidupan yang lebih baik. Melalui lembaga dan kementeriannya sebagai kepanjangan tangan, pemerintah mewacanakan program-program yang manfaatnya untuk kesejahteraan bersama. Apa saja program pemerintah yang belakangan ini makin poluler yang dijalankan kementerian dan instansinya, ini dia ulasannya:

Kesehatan: BPJS Kesehatan

bpjs kesehatan

Adanya pengeluaran yang tidak terduga apabila seseorang terkena penyakit, apalagi tergolong penyakit berat yang menuntut stabilisasi yang rutin seperti hemodialisa atau biaya operasi yang sangat tinggi. Hal ini berpengaruh pada penggunaan pendapatan seseorang dari pemenuhan kebutuhan hidup pada umumnya menjadi biaya perawatan dirumah sakit, obat-obatan, operasi, dan lain lain. Hal ini tentu menyebabkan kesukaran ekonomi bagi diri sendiri maupun keluarga. Sehingga munculah istilah “SADIKIN”, sakit sedikit jadi miskin. Dapat disimpulkan, bahwa kesehatan tidak bisa digantikan dengan uang, dan tidak ada orang kaya dalam menghadapi penyakit karena dalam sekejap kekayaan yang dimiliki seseorang dapat hilang untuk mengobati penyakit yang dideritanya.

Begitu pula dengan resiko kecelakaan dan kematian. Suatu peristiwa yang tidak kita harapkan namun mungkin saja terjadi kapan saja dimana kecelakaan dapat menyebabkan merosotnya kesehatan, kecacatan, ataupun kematian karenanya kita kehilangan pendapatan, baik sementara maupun permanen.

Belum lagi menyiapkan diri pada saat jumlah penduduk lanjut usia dimasa datang semakin bertambah. Pada tahun Pada 2030, diperkirakan jumlah penduduk Indonesia adalah 270 juta orang. 70 juta diantaranya diduga berumur lebih dari 60 tahun. Dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2030 terdapat 25%  penduduk Indonesia adalah lansia. Lansia ini sendiri rentan mengalami berbagai penyakit degenerative yang akhirnya dapat menurunkan produktivitas dan berbagai dampak lainnya. Apabila tidak ada yang menjamin hal ini maka suatu saat hal ini mungkin dapat menjadi masalah yang besar.

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

website: BPJS-Kesehatan.go.id

 

UMKM

depkop

Website: Depkop.go.id

 

 

Pajak: Tax Amnesty

amnesty pajak

Amnesti pajak adalah program pengampunan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Wajib Pajak meliputi penghapusan pajak terutang, penghapusan sanksi administrasi perpajakan, serta penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang belum dilaporkan dalam SPT, dengan cara melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tebusan.

Yang dapat memanfaatkan kebijakan amnesti pajak adalah:

  1. Wajib Pajak Orang Pribadi
  2. Wajib Pajak Badan
  3. Wajib Pajak yang bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM)
  4. Orang Pribadi atau Badan yang belum menjadi Wajib Pajak

Website: Pajak.go.id/amnesty

 

Energi dan Sumber Daya Mineral: Energi Terbarukan

esdm ri

Energi terbarukan energi yang berasal dari “proses alam yang berkelanjutan”, seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi, dan panas bumi. PT Pertamina (Persero) mendukung penuh upaya pemerintah untuk menggenjot pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan yang ditargetkan dapat mencapai sekitar 23% dari total bauran energi pada 2025.

Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi dipimpin oleh Direktur Jenderal.

Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi terdiri atas:

  1. Sekretariat Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konsewasi Energi;
  2. Direktorat Panas Bumi;
  3. Direktorat Bioenergi;
  4. Direktorat Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan; dan
  5. Direktorat Konsewasi Energi

Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang energi baru, terbarukan, dan konservasi energi.

Website: Esdm.go.id

 

Pariwisata: Pesona Indonesia

pesona indonesia

Salah satu hal yang juga harus ditingkatkan dalam dunia pariwisata Indonesia yaitu promosi. Untuk meningkatkan pariwisata Indonesia agar potensinya terus bersinar mungkin harus mengambil banyak langkah. Salah satunya ialah meningkatkan infrastruktur. Hanya saja untuk membuat dan memperbaiki infrastruktur itu bisa lama, mungkin sampai 3 tahun. Makanya pemerintah akan  mengalihkan ke promosi, satu cara yang cepat untuk meningkatkan dan memperlihatkan potensi pariwisata di mata dunia.

Kebutuhan lain untuk promosi ialah penciptaan brand. Satu brand besar bisa menjadi identitas dunia pariwisata. Peluncuran brand ‘‘Wonderful Indonesia’ dan ‘Pesona Indonesia’ sebagai country branding yang mempresentasikan daya tarik keindahan alam, keanekaragaman budaya dan keramahtamahan masyarakat Indonesia maupun fasilitas pariwisata menarik lainnya yang dikembangkan oleh orang kreatif Indonesia.

Peluncuran brand ini nantinya diharapkan menjadi identitas bangsa. Jadi apa pun produk pariwisata Indonesia akan dibubuhi brand tersebut.

Website: PesonaIndonesia.travel

Kelima program pemerintah di atas hanya sedikit dari program pemerintah Indonesia yang berjalan saat ini. Indonesia Kerja Nyata menjadi motto pemerintah Indonesia di bawah presiden Jokowi. Bukan sekedar motto tentunya, program nawacita yang digaungkan pemerintah harus didukung segenap elemen masyarakat Indonesia sehingga di umur kemerdekaan Indonesia ke-71 ini, Indonesia akan terbebas dari kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan sosial.

Allah SWT Berfirman: “Jika  sekiranya negeri-negeri beriman dan bertaqwa, Pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatan mereka”. (QS. Al-A’rof[7]:96)

MERDEKA!!!

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close