Top Menu

Era revolusi industri 4.0 saat ini memunculkan banyak kemungkinan dan kesempatan baru di berbagai bidang. Termasuk untuk lebih berkarya sebagai wirausaha. Dengan menggabungkan perkembangan teknologi terkini, manajemen yang baik, serta pemasaran yang tertarget, peluang untuk menjadi pengusaha berbasis teknologi informasi sangatlah memungkinkan. Sebut saja Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Traveloka dan banyak perusahaan berbasis teknologi lainnya yang sekarang sukses di Indonesia. Layanan yang diberikanpun beraneka ragam, dari jasa kebutuhan sehari-hari, jasa transportasi, jual beli online, pemesanan tiket online ataupun yang lainnya. Bukan hanya di tingkat nasional, di setiap daerah kini juga memunculkan banyak nama-nama pengusaha muda baru yang sukses. Seperti di Banyumas dan sekitarnya, ada beberapa nama yang saat ini cukup sukses sebagai pengusaha muda berbasis teknologi informasi baik dari produk maupun layanannya. Dan berikut Kami merangkum 5 nama pengusaha muda sukses berbasis teknologi informasi asli ngapak (Banyumas, Cilacap dan sekitarnya):

1. Mohammad Irham Akbar (www.JenderalCorp.com)

Mohammad Irham Akbar merupakan pemuda asli Sokaraja, Banyumas yang saat ini merupakan CEO dan Founder dari  Jenderal CorpJenderal Corp merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang software and web development serta IT consulting yang bertempat di Purwokerto Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Jenderal Corp mengkhususkan pada pengembangan aplikasi web, aplikasi mobile, dan aplikasi lainnya berbasis web. Selain itu Jenderal Corp juga memberikan layanan konsultasi (Training and Education Program), untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang sistem administrasi dan proses pembelajaran online.

Didirikan oleh sekelompok mahasiswa jurusan teknik informatika Universitas Jenderal Soedirman sejak 7 Januari 2015 dengan motto “The Ulimate Technology Experience”, Jenderal Corp menawarkan solusi dan layanan terbaik para kliennya.

Klien yang sudah memakai jasa Jenderal Corp antara lain Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Balai Besar Kehutanan Provinsi, SMA Negeri Banyumas, SMA Negeri 1 Purwokerto, SMA Negeri 2 Puwokerto serta masih banyak institusi lainnya yang tersebar di beberapa wilayah baik dalam Kabupaten Banyumas maupun di lua Kabupaten.

2. Rona Binham (www.RonaPresentasi.com)

 

Rona Presentasi adalah website yang secara khusus membahas tentang presentasi, desain slide dan public speaking. Sejak berdiri 2013 sampai sekarang Rona Presentasi terus tumbuh dan berkembang bahkan menjadi salah satu situs presentasi terbesar di Indonesia yang menjadi rujukan para presenter untuk meningkatkan skill presentasi ke level level yang lebih tinggi.

Adalah Rona Binham, Trainer spesialis presentasi, penulis buku dan juga merupakan founder dari ronapresentasi.com orang yang sukses membawa ilmu presentasi ke tingkat yang lebih tinggi. Pemuda asal Cilacap Jawa Tengah ini tidak mempunyai latar belakang bisnis atau corporate tapi berlatar belakang seorang pendidik atau pengajar. Selain sebagai founder Rona Presentasi, saat ini Rona juga merupakan dosen luar biasa sekaligus penulis yang menelurkan beberapa judul buku tentang presentasi.

3. Akbar Bahaulloh (www.Puskomedia.id)

 

Puskomedia merupakan perusahaan yang menyediakan layanan web desain dan hosting Indonesia. Dengan dua layanan utama tersebut saat ini Puskomedia sudah mempunyai banyak klien sejak mulai berdirinya tahun 2013 yang lalu. Klien yang sudah memanfaatkan jasa Puskomedia antara lain Dinas Pekerjaan Umum Banyumas, STAIS Majenang Cilacap, Beberapa Pemerintah Desa di Banyumas dan Sekitarnya serta institusi lainnya baik di Banyumas dan sekitarna

Akbar Bahaulloh merupakan nama dibalik berdirinya Puskomedia sampai saat ini. Pemuda kelahiran Cilacap, tahun 1991 itu, mencetuskan program website 1000 desa dengan nama produknya yaitu PandaSID.  Kedepan dengan program tersebut, Puskomedia diharapakn menjadi leader dalam pembangunan sistem informasi desa di seluruh Indonesia.

4. Dwi Mega Septanuansa (www.OemahBeling.com)

 

Dwi Mega Septanuansa, bersama teman baik semasa duduk di bangku SMK dulu, Agus Darmawan, pada tahun 2015 lalu mendirikan Oemah Beling. Oemah Beling didirikan di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Dengan latar belakang tingginya permintaan terhadap souvenir untuk berbagai acara dan masih sedikitnya kompetitor di usaha sejenis, Oemah Beling hadir memberikan jawaban atas permasalahan tersebut. Kreativitas, inovasi dan fleksibiltas menjadi nilai lebih dalam menjalankan proses bisnis Oemah Beling. Memanfaatkan Website di alamat www.OemahBeling.com, toko online di Facebook dan Instagram, serta layanan internet marketing lainnya, Oemah Beling sukses hadir ditengah-tengah persaingan penjualan souvenir di wilayah Banyumas dan sekitarnya.

Produk yang Oemah Beling tawarkan juga terus berkembang dari hari kehari, yang semula hanya jasa souvenir sablon untuk gelas dan mug, sekarang Oemah Beling juga sudah mencakup jasa pembuatan undangan nikahan, undangan khitanan, souvenir pernikahan dengan berbagai macam pilihan serta jasa desain grafis untuk pembuatan logo, brosur dan leaflet. Selama beberapa tahun terakhir Oemah Beling sudah memiliki ratusan customer yang tersebar di beberapa wilayah mulai dari Purwokerto, Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Kebumen dan beberapa kota lain di luar Jawa Tengah.

5. Agus Darmawan (www.OemahWebsite.com)

  

Oemah Website merupakan perusahaan jasa layanan pembuatan website, aplikasi berbasis website, aplikasi berbasis desktop, serta aplikasi android yang berasal dari kota Purwokerto Jawa Tengah. Adalah Agus Darmawan, pemuda kelahiran 28 tahun yang lalu sukses mendirikan Oemah Website dengan dibantu beberapa teman masa kuliah dan sekolahnya. Saat ini Oemah Website sudah mempunyai puluhan klien aktif yang tersebar di berbagai wilayah di Banyumas, Jawa Tengah dan sekitarnya. Klien yang sudah pernah ditangani Oemah Website dalam pembuatan website atapun layanan teknologi informasi lainnya antara lain PT Expertindo Training Yogyakarta, Lembaga Pendidikan Islam Sambas Purbalingga, PC Ma’arif Banyumas, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Dealer Mobil Suzuki Purwokerto dan Cilacap serta Institusi/perusahaan lainnya yang bergerak di berbagai bidang.

Layanan yang ditawarkan saat ini pun sudah semakin bertambah. Selain tiga layanan utama, Oemah Website juga menyediakan jasa digital marketing untuk memasarkan produk atau brand lewat website dan SEO, sosial media, email marketing serta google marketing platform. Oemah Website juga menyediakan jasa Desain Grafis untuk berbagai bentuk dan keperluan, jasa penulisan Artikel & Posting Blog, Penulisan Kreatif maupun Terjemahan. Layanan Analisis Data & laporan untuk berbagai keperluan juga tersedia di Oemah Website.  Selain Oemah Website, pria satu ini juga sukses membuat beberapa unit usaha lain seperti Oemah Beling, Oemah Kaos dan Blog AgusDar.com.

Dunia telah jauh berkembang selama beberapa tahun terakhir, dan manusia yang dapat memanfaatkan perkembangan tersebut akan melampaui yang lainnya. Paling tidak itu yang sudah dilakukan oleh nama-nama di atas saat ini. Ke depan Indonesia terutama wilayah Banyumas dan sekitarnya masih menuggu wirausahawan baru yang siap ikut berperan serta menggerakan perekonomian Indonesia pada umumnya, dan Banyumas sekitarnya pada khususnya.

Salam Sukses

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Close